Tuesday, May 6, 2014

TANAMAN TRANSGENIK


Tanaman transgenik  mungkin dapat mengatasi  terbatasnya produksi pertanian akibat terbatasnya lahan pertanian.  Tanaman transgenik menguntungkan karena membutuhkan pupuk dan pestisida  dalam jumlah kecil.
Namun beberapa ahli menyatakan bahwa tanaman transgenik dapat menimbulkan ancaman bagi lingkungan, dan membahayakan kesehatan.    Berdasarkan penelitian diketahui bahwa serbuksari tanaman transgenik  yang terbawa angin dapat menyerbuki tanaman lain yang berkerabat dekat.   Meskipun belum terbukti, dikhawatirkan  pernyerbukan silang itu dapat menghasilkan gulma yang tidak dapat dibasmi  dengan pestisida. Atau tanaman transgenik dapat menghasilkan racun yang membahayakan organisme lain.  Tanaman transgenik  tahan hama menghasilkan Bt, yaitu pestisida yang mengakibatkan hama dan kupu-kupu mati jika memakannya.   Meskipun tanaman transgenik tidak menimbulkan kematian pada manusia namun protein yang diproduksinya dapat menimbulkan reaksi alergi pada orang tertentu.  Hal ini mengakibatkan penarikan besar-besaran  produk jagung transgenik  dari  pasaran, di Taco Bell AS.
Saat ini  tanaman transgenik harus mendapat ijin dari  departemen makanan dan obat-obatan sebelum dinyatakan layak dikonsumsi manusia.   Untuk menanam tanaman transgenik  juga harus memenuhi standar proteksi lingkungan.   Semua makanan yang diproduksi dengan menggunakan produk bioteknologi harus diberi label yang jelas, agar konsumen dapat memutuskan akan menggunakan atau tidak produk tersebut.  Bagaimanapun mengkonsumsi produk alami lebih baik dari pada produk hasil transgenik.
Diterjemahkan  dari :  Mader, Human Biology, Eight Edition, Mc Graw Hill, 2004.  Hal 395.
Diskusi
Para aktifis melakukan protes terhadap regulasi produk transgenik yang dilakukan oleh pemerintah Amerika.   Mereka mengganggap  pemerintah terlalu permisif terhadap produk yang membahayakan kesehatan manusia.
Putuskan pendapatmu!
  1. Menurut Anda apakah penelitian dan pengembangan tanamanan transgenik harus dihentikan?  Mengapa ya atau mengapa tidak?
  2. Ataukah anda malah mendukung peraturan penggunaan tanaman transgenik?  Mengapa ya atau mengapa tidak?
  3. Apakah masyarakat yang merasa bahwa tanamantransgenik  aman tetap mendukung pengesahan aturan itu? Mengapa ya dan mengapa tidak?.
Masalah tanaman transgenik perlu dikaji secara bijaksana. Agar dapat memutuskan dengan benar sebaiknya Anda mencari literatur  pendukung yang cukup. (sumber  :www.mhhe.com/maderhuman8). 

No comments:

Post a Comment