Posts

Showing posts from October 17, 2010

GALLERY WALK MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM

Image
Motivasi belajar siswa yang cenderung rendah, cepat bosan dan kurang menyukai tantangan, adalah latar belakang pengembangan model-model pembelajaran Gallery walk kelas. Kebiasaan buruk siswa yang sering ditemukan adalah bermain-main saat belajar. Sebagian besar siswa tidak menyukai situasi belajar yang serius, dibatasi aturan ketat, dan tugas - tugas yang memberatkan. Siswa SMA adalah anak-anak yang bersemangat dan dinamis. Energi mereka yang berlebihan harus dikelola dengan baik agar lebih produktif. Ini adalah alternatif pembejaran yang dapat anda pilih. Gallery Walk diadaptasi dari kesukaan siswa berjalan-jalan di Mall dan melihat pernak-pernik barang yang mungkin tidak dapat mereka beli karena kocek yang terbatas. Kegiatan Gallery walk dalam kelas berlangsung melalui tahapan berikut: 1. guru membagi siswa dalam kelompok yang cukup besar yaitu 6-8 orang. 2. setiap kelompok mendapat tugas membuat media presentasi. 3. setiap kelompok diharuskan menyiapkan meja mirip stand baza

PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF INOVATIF DAN MENYENANGKAN

Image
Sebuah model pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan dilaksanakan di kelas X-5 dan X-9. Penerapan model pembelajaran mandiri dengan kooperatif jigsaw, plus tutor sebaya, diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar serta kemandirian belajar siswa. Pokok bahasan yang dipilih adalah Protista. Terdiri dari beberapa sub pokok bahasan: 1. ciri-ciri umum protista dan pengklsifikasian protista, 2. protista mirip hewan, 3. protista mirip tumbuhan 4. protista mirip jamur, dan 5. peranan protista dalam kehidupan. Pembelajaran dimulai dengan membentuk kelompok inti yang terdiri dari 5 orang. Guru membantu memimpin pembagian tugas dalam kelompok dengan berhitung 1 sampai 5. Langkah selanjutnya setiap anggota yang bernomor satu berkumpul, nomor dua, tiga dan seterusnya. Kelompok yang baru ini disebut kelompok ahli. kelompok ahli nomor 1 akan mendapat tugas menyusun bahan presentasi sub pokok bahasan 1, nomor 2 sub pokok bahasan 2 dan seterusnya. Setiap orang harus menyusun b