Monday, October 18, 2010

GALLERY WALK MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM


Motivasi belajar siswa yang cenderung rendah, cepat bosan dan kurang menyukai tantangan, adalah latar belakang pengembangan model-model pembelajaran Gallery walk kelas. Kebiasaan buruk siswa yang sering ditemukan adalah bermain-main saat belajar. Sebagian besar siswa tidak menyukai situasi belajar yang serius, dibatasi aturan ketat, dan tugas - tugas yang memberatkan.
Siswa SMA adalah anak-anak yang bersemangat dan dinamis. Energi mereka yang berlebihan harus dikelola dengan baik agar lebih produktif. Ini adalah alternatif pembejaran yang dapat anda pilih.
Gallery Walk diadaptasi dari kesukaan siswa berjalan-jalan di Mall dan melihat pernak-pernik barang yang mungkin tidak dapat mereka beli karena kocek yang terbatas.
Kegiatan Gallery walk dalam kelas berlangsung melalui tahapan berikut:
1. guru membagi siswa dalam kelompok yang cukup besar yaitu 6-8 orang.
2. setiap kelompok mendapat tugas membuat media presentasi.
3. setiap kelompok diharuskan menyiapkan meja mirip stand bazar, dihias dengan kreatif, mereka boleh membuat kostum lambang kelompoknya.
pembelajaran dimulai dengan gembira...
Setiap kelompok dibagi menjadi 2 kelompok kecil, yang terdiri dari 3/4 orang. pada putaran pertama 3 orang bertugas menjaga stand dan 3 orang berbelanja. Penjaga stan harus melayani pembeli dengan ramah menjelaskan semua materi yang dikuasainya. pembeli harus mendengarkan penjelasan dan menjawab semua pertanyaan kuis yang diberikan penjaga stand. jika dapat menjawab semua pertanyaan dengan benar maka penjaga stand memberi hadiah kecil berupa kue/permen. selanjutnya pembeli harus berkeling sampai pada stan terakhir.
pada putaran kedua posisi berganti, penjaga stan menjadi pembeli dan pembeli menjadi penjaga stand.
Selamat belajar dan bersenang-senang...

1 comment:

  1. ..yang kelihatan kog cuma kelompoknya cecile buk??
    ...kelompok saya mana??

    ReplyDelete