Sunday, April 3, 2011

PENDIDIKAN SEKS PERLUKAH?

ZONA DISKUSI
SEBAGAI SISWA SMA APAKAH ANDA MASIH PERLU MENDAPAT PENDIDIKAN SEKS? SIAPA YANG MENURUT ANDA PALING TEPAT UNTUK MENYAMPAIKAN HAL INI? GURU/ORANG TUA/PSIKOLOG/NARA SUMBER LAIN.
MODEL BIMBINGAN SEPERTI APA YANG PALING TEPAT? JELASKAN PENDAPAT ANDA.

99 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Menurut saya itu sangat diperlukan karena dengan diberikannya pendidikan seks kita dapat menentukan sikap dalam menghadapi berbagai macam rayuan yang dapat merusak masa depan kita dan pertahanan diri kita menjadi lebih kuat.
    Menurut saya media paling tepat untuk menyampaikan pendidikan seks adalah guru.


    Arinda/XI-IA.1/04

    ReplyDelete
  3. menurut saya masih perlu, karena justru murid SMA lah yang sering melihat situs situs porno, jadi pendidikan seks butuh juga di ajarkan pada murid SMA untuk membentengi diri, dan yang paling tepat untuk penyampaiannya adalah guru yang mempunyai dasar pengertiannya :)


    Zahra Safira Amrita/ XI IA 1/33

    ReplyDelete
  4. perlu, yang memberikan pengetahuan adalah guru karna guru lebih bnyak ilmunya. model bimbingan yang tepat dengan modul atau dari guru tersebut menjelaskan secara langsung tetapi tidak terlalu terbuka

    nurmadea sandra/xi ia 1/22

    ReplyDelete
  5. Menurut saya pendidikan seks sangat diperlukan khususnya bagi para remaja yang masih labil dalam bertindak dan berpikir panjang. dengan adanya pendidikan seks, para remaja tahu apa dampak yang mereka peroleh jika melakukan seks yang blm pada waktunya. baik dampak secara psikologis maupun dampak pada keadaan jasmaninya.
    menurut saya guru, orangtua, dan berbagai informasi dapat membantu memberikan kita pengetahuan tentang seks.

    INAS NADIA/XI IPA 1/14

    ReplyDelete
  6. menurut saya masih perlu karna di usia sma masih ada keinginan untuk mencoba-coba
    yang pantas untuk memberikan pendidikan seks adalh orang tua dan guru karna orang tua adalah orang yang dekat dengan kita dan yang telah mengenal kita sejak kecil sementara guru adalah orang yang mempunyai pengetahuan lebih.
    model bimbingan yang tepat dengan dari guru dan orang tua langsung menjelaskan bahaya seks bebas dan cara merawat organ reproduksi tetapi tidak terlalu terbuka

    yolanda citra r./xi ia 1/32

    ReplyDelete
  7. masih sangat perlu , karena pada masa SMA seperti ini adalah masa bertambahnya pergaulan pergaulan yang berasal dari luar yang perlu dipilah pilah mana yang baik dan yang buruk.
    pendidikan seks bisa didapatkan dari guru, orang tua ataupun orang" disekitar kita yang paham akan ilmu pembelajaran seks.

    ReplyDelete
  8. masih sangat perlu , karena pada masa SMA seperti ini adalah masa bertambahnya pergaulan pergaulan yang berasal dari luar yang perlu dipilah pilah mana yang baik dan yang buruk.
    pendidikan seks bisa didapatkan dari guru, orang tua ataupun orang" disekitar kita yang paham akan ilmu pembelajaran seks.

    KIKY ROSITA D / XI IPA 1

    ReplyDelete
  9. sangat perlu, untuk menjaga diri sendiri agar tidak terjerumus kedalam hal-hal tersebut. apalagi pergaulan sekarang sangat buruk.
    pendidikan seks pertama kali harus disampaikan oleh orangtua dan yang kedua guru mapel disekolah.
    mifta / XI IPA 1 / 16

    ReplyDelete
  10. menurut saya masih perlu karena anak usia remaja seperti saya memiliki rasa ingin tahu dan rasa ingin mencoba sesuatu hal seperti narkoba maupun seks.
    Seharusnya yang pantas memberikan penjelasan tentang hal itu adalah guru dan orang tua.Jika guru memberikan penjelasan tentang bahaya dari seks dan orang tua memberikan pengertian jika seks itu tidak baik.
    Model bimbingan yang tepat adalah menjelaskan secara langsung tanpa menyinggung perasaan dan memberikan perhatian yang lebih jika ia sudah terjerumus dalam seks.

    Eka Septi
    XI IPA 6/12

    ReplyDelete
  11. menurut saya, tak hanya orang tua yang harus memberikan pendidikan tentang seks, tetapi juga guru, psikolog, dan yang lain. karena sifat seseorang berbeda dengan yang lain, maka seharusnya kita mendapatkan informasi dari banyak sumber, karena belum tentu apa yang dikatakan oleh orang tua kita itu benar dan terbukti secara klinis, selain itu kadang guru juga tidak bisa blak-blakan menjelaskan kepada muridnya mengenai pendidikan seks. media yang tepat yaitu melalui obrolan, tanya jawab, serta dapat juga melalui permainan yang lebih menambah daya ingat siswa akan hal yang diajarkan.
    ATIK MUZAYANA/XI IPA 1/07

    ReplyDelete
  12. menurut saya sangat perlu
    karena kasus pelecehan seksual paling umum dilakukan oleh murid - murid SMA
    kalau masalah siapa yang memberikan sebaiknya adalah orang tua, guru, psikolog
    alangkah baiknya kalau model pengajaran dapat mengena ke kelompok bermain remaja
    karena walaupun pendidikannya bagus, tetapi lingkungannya rusak, maka remaja tersebut bakal ikut rusak juga
    namun saya tidak tahu bagaimana caranya

    Stefanus Andre Pratama
    XI IPA 1 / 26

    ReplyDelete
  13. ya masih perlu, karena usia SMA merupakan usia yang sangat rentan terhadap seks. Menurut saya yang paling tepat menyampaikan adalah orang tua dan guru, karena merekalah yang sering ditemui hampir setiap hari. Model penyampaiannya bisa dengan penjelasan, tanya jawab.

    Satrio Wahyu XI IA 6/27

    ReplyDelete
  14. Sangat perlu , karena pada saat usia SMA , anak-anak banyak terjerumus ke dalam pergaulan bebas
    hal ini dikarenakan perhatian orang tua yang sangat kurang, dan teman sehari-hari yang sering mengajari hal-hal yang negatif
    yang paling tepat memberi pengarahan adalah orang tua

    RIZKY NANDA / XI-IA 3 / 28

    ReplyDelete
  15. perlu sekali , sebab anak SMA sering kali mencoba-coba hal yang baru, seperti mencoba seks
    bila tidak diberi pengarahan yang tepat , maka pada akhirnya yang menyesal adalah anak itu sendiri
    yang pantas memberi pengarahan adalah psikolog

    Nuryanita Putri / XI-IA 5 / 20

    ReplyDelete
  16. menurut saya sangat perlu dan yang sangat pantas adalah orang tua dan guru di sekolah karena mereka sering bertemu dengan mereka.


    ALVIANITA AGISWI / XI IPA 6 / 04

    ReplyDelete
  17. Menurut saya sangat peru , karena justru di usia SMA mereka memiliki rasa keingin tahuan yang tinggi dan rasa ingin mencoba mencoba. Untuk itu sangat diperlukan pendidikan seks supaya kita tidak terjerumus untuk melakukannya . Sebaiknya yang pantas memberikan pengarahan adalah guru , orang tua , dan psikolog.

    Sella Swastik K
    XI IA 6 / 28

    ReplyDelete
  18. sangatlah perlu wat rmaja zman skarang ini. Karena hubungan intim sblum mnikah sdah trjadi dmana2. orang tua dan gurulah satu2nya penyampai tntang plajaran seks. model pembelajaran yg baik dngan memberikan presentasi tntang dmpak yang akan didaptkan dari seks bebas

    ReplyDelete
  19. Sex education atau pendidikan seks sangatlah penting untuk diajarkan oleh orang tua atau para guru pada muridnya. hal ini disebabkan karena banyaknya siswa - siswi yang mulai terjerumus dengan hal - hal negatif. semakin ditanamkannya nilai nilai dan norma - norma agama, kesopanan dan kesusilaan pada remaja semakin remaja mengerti kerugian dari hubungan seks. semakin remaja menjauhi dari perbuatan yang tidk bertanggung jawab

    asa aisa sabila. xi ipa 1 05

    ReplyDelete
  20. menurut saya, siswa sma masih perlu mendapatkan pendidikan seks.
    sebaiknya pendidikan seks yang pertama di sampaikan oleh orangtua, karena orangtua dan keluarga memiliki peran yang besar dalam hidup seseorang.
    dan selanjutnya di sampaikan oleh bapak/ibu guru di sekolah dengan metode pembelajaran yang menarik agar siswa memperhatikan.

    ghaida nisa/xi.ipa.1/13

    ReplyDelete
  21. Menurut saya hal ini sangat perlu. Karena pendidikan seks dapat mengarahkan kita ke hal yang lebih positif. Dan kita akan tahu apa dampak negatif dari berhubungan intim sebelum menikah.Yang pantas memberikan pengarahan adalah semua pihak yang peduli terhadap masa depan remaja-remaja di Indonesia tak terkecuali siapapun.

    Alif Setyo Budi XI-IPA6 /(03)

    ReplyDelete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  23. menurut saya, masih perlu karena banyaknya remaja yang melakukan seks saat di jenjang pendidikan SMA dan yang paling tepat menyampaikannya adalah orang tua dan guru sebagai orang yang dipercaya.

    ReplyDelete
  24. Menurut saya masih perlu mendapat pendidikan seks agar saya dapat mengetahui akibat seks bebas di masa mendatang dan saya tidak terjerumus dalam seks bebas. Menurut saya, hal ini paling tepat di sampaikan oleh orang tua kita sendiri karena orang tua yang paling dekat dengan kita dan dapat memberikan motivasi untuk tidak berbuat seks sebelum menikah. Model bimbingan yang tepat adalah orang tua memberikan ilmu tentang seks kepada anaknya secara pribadi dan menjelaskan bagaimana akibat dari seks bebas .

    Ersita Damayanti/XI.IA.6/13

    ReplyDelete
  25. afrizal maulana erzadApril 4, 2011 at 3:25 AM

    sebagai murid sma menurut saya sangat memerlukan pendidikan seks. pendekatan yang digunakan mungkin lebih condong dengan konsultasi antar guru dengan murid.

    afrizal maulana erzad xi.ipa.1.no.2

    ReplyDelete
  26. masih perlu karena masa SMA adalah masa dimana seseorang menjadi dewasa, maka dari itu mereka masih banyak pengetahuan yang harus dipelajarkan dan terutama pendidikan seks karena siswa SMA harus mengetahui hal-hal positif dan negatif tentang seks dan saat memberi arahan/ bimbingan tentang pendidikan seks yang paling tepat adalah guru dan psikolog, sementara itu bimbingan yang paling tepat untk pendidikan seks adalah serius tapi santai agar tidak merasa bosan.

    Nilam.D.K/XI IPA 5/17

    ReplyDelete
  27. saya sebagai murid tentunya memerlukan pendidikan seks. dan hal itu seharusnya dilakukan oleh guru, orangtua, dan nara sumber lainnya. karena guru dan orangtua merupakan sarana untuk membentuk kepribadian siswa. guru juga bisa membuka konsultasi dengan siswa karena pendidikan seks bukanlah hal yg tabu lagi bagi remaja. peran orangtua adalah sebagai sarana membentuk kekebalan iman agar remaja dapat terhindar dari pergaulan bebas. sedangkan nara sumber lain dapat berperan sbg pemberi informasi tambahan mengenai pendidikan seks spt mengadakan seminar ttg seks.

    Nabila Rizka H. (XI IPA 1-19)

    ReplyDelete
  28. menurut saya, di masa SMA masih diperlukan pendidikan seks. karena masa SMA adalah masa-masa labilpara remaja dimana banyak menghadapi hal-hal baru disekitar mereka, dan pendidikan seksitu perlu agar siswa tahu dampaknya jika mereka melakukan hal tersebut sebelum waktunya. Serta yang paling tepat memberikan pendidikan seks asalah guru biologi/psikolog/dokter karena beliau yang bisa menjelasakan masalah tentang seks secara terperinci dan bimbingan yang paling tepatadalah diskusi terbuka, yang sopan ,santai namun tetap mengena di hati para murid.

    Puspa Merah.R/XI IPA 5/22

    ReplyDelete
  29. sangatlah perlu pendidikan sex bagi remaja sma seperti kita karena anak-anak sma biasanya selalu ingin tahu dan dapat mengetahui dampak sex-sex bebas yang paling tepat memberikan pendidikan sex adalah orang tua,guru,dan psikolog2 sehingga remaja tersebut dapat tau secara menyeluruh dan dapat saling bediskusi.......

    satria jabbaruddin(XI IPA 1 /24)

    ReplyDelete
  30. Risnitama Septiarani XI IPA.6 (26)

    Menurut saya, pendidikan seks dikalangan siswa SMA tidak wajib untuk diberikan. Karena anak-anak SMA sudah mengetahui mana hal yang baik dan buruk. Dan mereka seharusnya bisa lebih memilah-milah apa yang terbaek buad mereka sendiri.
    Guru adalah orang yang paling tepat dalam memberikan materi pendidikan tentang seks. Karena mereka lebih tahu tentang dengan jelas tentang pendidikan seks./

    ReplyDelete
  31. Rizal Fahlevi
    XI Ipa 1 - 23

    Pendidikan sex di kalanga SMA cukup penting menurut saya. Karena yang namanya ilmu tidak pernah sia-sia.
    Walaupun sudah diberikan di jenjang SMP, tapi di SMA masih dapat diperdalami lagi.
    Karena tentu masih banyak yang belum diketahui oleh siswa.
    Pengetahuan akan sex juga akan memberikan dampak yang positif jika disampaikan dengan cara yang benar. Bukan malah memberi dampak negatif.
    Masalah siapa yang dapat memberi pendidikan akan sex tidak terlalu dipikirkan latar belakangnya menurut saya. Jika memang yang diberikan itu baik untuk siswa.
    Akan lebih baik lagi jika pendidikan akan sex diberikan oleh dari beberapa sudut. Terutama guru, lalu dokter, psikolog, pemuka agama, dan yang tidak kalah penting adalah nasihat dari orang tua mereka .

    Soal model bimbingan, semuanya boleh diberikan kepada siswa. Asalkan itu efektif bagi mereka dan memberi hal yang positif bagi mereka .
    Terima kasih :)

    ReplyDelete
  32. Menurut saya masih perlu bila siswa SMA diberikan pendidikan seks dimana rata-rata kebanyakan dari mereka masih menjadi pribadi yang labil sehingga mudah terpengaruh teman sebaya atau kesulitan mengendalikan diri mereka untuk berbuat sesuatu yang tak sewajarnya dilakukan di usia mereka,jika ditanya siapa yang paling tepat untuk menyampaikan hal ini maka saya akan menjawab orang tua,merekalah yang lebih banyak menghabiskan waktu dengan kita sehingga akan lebih mudah dan efisien untuk membicarakan hal tersebut,sedangkan model bimbingan yang tepat mungkin berupa keterbukaan dan transparasi dalam proses pendidikan seks itu sendiri.


    Andreansyah.H.S/XI.IA.5/4

    ReplyDelete
  33. masih perlu pendidikan sex di SMA
    karena untuk mengetahui baik dan buruk akibat dari sex diluar nikah
    dalam metode penyampaian materi tentang hal ini sebaiknya dilakukan melalui pendekatan kepada siswa dan tidak lepas juga dari pengawasan orang tua karena orang tua lebih dominan dalam pembentukan kepribadian anak


    senna virgiawan
    XI-IA-1
    25

    ReplyDelete
  34. Perlu karena pendidikan seks diperlukan untuk kelangsungan hidup kita di masa datang. Pendidikan seks adalah bukan hal yang tabuh untuk dipelajari, remaja yang sudah dewasa dan matang pikiran hendaknya mengetahui pendidikan tentang seks. Orang yang paling tepat untuk menjelaskan tentang pendidikan seks adalah orang yang ahli dalam bidang pendidikan seks ini.
    Vicky D.F (xi.ipa - 1)

    ReplyDelete
  35. menurut saya pendidikan seks itu sangat diperlukan sekali. karena masih banyak remaja-remaja SMA yang belum mengerti akibat-akibat dari melakukan seks tersebut. dan orang yang paling tepat untuk menjelaskannya adalah orang tua. karena hanya orang tua yang bisa mengerti anaknya.

    Calista Happy A. (XIIA6/10)

    ReplyDelete
  36. Menurut saya, pendidikan seks sangat perlu, karena pendidikan seks lewat jalur formal lebih benar, jelas dan mudah di mengerti sebab akibatnya. agar siswa dapat menambah wawasan tentang pendidikan seks agar mereka tiudak menyalahgunakan seks itu.

    Lebih baik jika penyampaian seks di sampaikan oleh guru, orang tua, psikolog atau tokoh agama, karena agar siswa tidak terjerumus oleh informasi-informasi yang tidak jelas damn menyesatkan dan mereka lebih banyak mendapat ilmu dari berbagai sudut pandang.

    Model bimbingan tepat dengan cara mendengarkan pendapat secara teoritis, diskusi-diskusi (seminar)tentang seks dan pendidikan agama tentang norma-norma kesusilaan.

    Nindia Noviastuti (XI IPA 6/20)

    ReplyDelete
  37. Astried N Mayasari
    XI IPA 1/06
    Menurut saya, pendidikan seks sangatlah penting disamping mengajarkan anak tentang seks dapat pula membuat anak tidak terjerumus pada seks bebas yang dapat merusak masa depan, yang paling tepat untuk menyampaikan hal ini adalah orang tua dan guru, karena mereka memiliki peran yang besar dan ajaran mereka paling bisa dipahami oleh anak muda, model bimbingan yang tepat menurut saya dengan mengadakan sosialisasi seks pada remaja

    ReplyDelete
  38. sangat perlu,,,,, karena menurut saya, anak-anak SMA belum mengetahui benar mengenai materi tersebut.... terutama akibat nya apabila melakukan seks di luar nikah (tidak seharusnya dilakukan).

    Penyampaiannya: menurut saya peranan orang tua, guru, dan tokoh agama sangat perlu. Karena mereka dapat memberitahukan mengenai materi tersebut dan dampaknya.

    ReplyDelete
  39. sangat perlu,,,,, karena menurut saya, anak-anak SMA belum mengetahui benar mengenai materi tersebut.... terutama akibat nya apabila melakukan seks di luar nikah (tidak seharusnya dilakukan).

    Penyampaiannya: menurut saya peranan orang tua, guru, dan tokoh agama sangat perlu. Karena mereka dapat memberitahukan mengenai materi tersebut dan dampaknya.



    maaf bu andriiii.... ini milik saya... lupa di kasi nama

    WELLA CINTYA P
    XI IA 1/ NO 31

    ReplyDelete
  40. sylvia rahma indraswari - XI IPA 1 - 29

    Menurut saya dimasa SMA adalah masa-masa puber maka dari itu perlu diberikan pendidikan seks.Agar remaja mengetahui apa itu seks,apa fungsi dan akibat dampak dari seks itu sendiri. Karena masih banyak yang belum diketahui oleh siswa.Akan pengetahuan tentang seks juga akan memberikan dampak yang positif jika disampaikan dengan cara yang benar. Bukan malah memberi dampak negatif.
    Dan yang paling tepat untuk menyampaikan hal ini adalah guru biologi,psikolog,dan narasumber yang memahami akan seks dan yang terakhir adalah orang tua remaja itu sendiri.Model bimbingan yang paling tepat dengan cara saling cerita dan dengan cara membaca buku

    ReplyDelete
  41. perlu agar kita bisa menambah pengetahuan tentang seks,
    semuanya agar kita bisa berfikir agar tidak mencoba sebelum waktunya!!
    dengan obrolan cukup

    ACHMAD FAHMI GELORAWAN
    XI IA-1/NO.01

    ReplyDelete
  42. Menurut saya perlu, mungkin tidak ada salahnya untuk memberi bimbingan lebih tentang “seks”, agar kita semakin mantab dan mengerti tentang apa itu “seks”. Untuk masalah siapa yang memberi bimbingannya tidak perlu harus memilih siapa ? Mungkin lebih condong guru dan psikolog yang memberikannya karena mereka lebih berpengalaman dalam hal seperti itu. Pendidikan seks dapat diberikan dengan cara menerangkan apa bahaya yang ditimbulkan dari hubungan seks di usia remaja, dengan memberikan contoh orang” yang telah melakukanya karena tidak mengerti apa bahaya yang ditimbulkan, atau lebih baik menghadirkan orang tersebut sebagai narasumber, dengan begitu siswa bias bertanya langsung kepada narasumber tersebut. Setidaknya kita harus saling mengingatkan akan tentang bahaya “seks” di usia kita.

    ReplyDelete
  43. Menurut saya perlu, mungkin tidak ada salahnya untuk memberi bimbingan lebih tentang “seks”, agar kita semakin mantab dan mengerti tentang apa itu “seks”. Untuk masalah siapa yang memberi bimbingannya tidak perlu harus memilih siapa ? Mungkin lebih condong guru dan psikolog yang memberikannya karena mereka lebih berpengalaman dalam hal seperti itu. Pendidikan seks dapat diberikan dengan cara menerangkan apa bahaya yang ditimbulkan dari hubungan seks di usia remaja, dengan memberikan contoh orang” yang telah melakukanya karena tidak mengerti apa bahaya yang ditimbulkan, atau lebih baik menghadirkan orang tersebut sebagai narasumber, dengan begitu siswa bias bertanya langsung kepada narasumber tersebut. Setidaknya kita harus saling mengingatkan akan tentang bahaya “seks” di usia kita.
    Niko Fitrianto XI IPA 1 - 20

    ReplyDelete
  44. Laras Rusti Damayanti
    XI IA 5/14

    Menurut saya perlu karena pada jenjang SMA inilah banyak terjadi kasus hubungan intim pranikah.

    Model bimbingan belajar yang paling tepat adalah model belajar yang melibatkan muridnya. Jadi siswa juga harus aktif bertanya.

    Muenurut saya Guru/Orang tua/psikolog semuanya adalah orang yang tepat untuk melakukan bimbingan.

    ReplyDelete
  45. Ardhan Ibadi XI-IA5/6

    menurut saya pendidikan seks bagi siswa sma masih perlu, karena untuk memperdalam pengetahuan tentang seks agar tidak terjerumus ke dalam hal-hal yang tidak baik.

    orang yang tepat untuk menyampaikan pendidikan seks adalah orang tua, karena ikatan persaudaraannya lebih kuat di banding yang lain sehingga memudahkan untuk proses penerimaan.

    model bimbingan yang paking tepat adalah model pendekatan dengan anak tersebut. karena dengan model pendekatan menguatkan ikatan tali silaturohim sehingga mudah untuk menerima apa yang di sampaikan. namun semua itu kembali kepada diri kita masing-masing, bagaimana kita menanggapi semua itu.

    ReplyDelete
  46. Menurut saya, pendidikan seks dikalangan remaja masih sangat perlu, khususnya kami siswa SMA. Sebab, banyak remaja SMA yang sudah terjerumus dalam pergaulan bebas. Mereka belum tau banyak akibat dari seks bebas, tapi yang dipikirkan hanyalah kesenangan sesaat. Pendidikan seks yang tepat yaitu diberikan oleh orang tua murid, guru disekolah & psikolog, karena mereka dapat menjelaskan lebih lanjut apa itu seks dan orang tualah yang terdekat memberikan penjelasan lebih dalam apa saja hal yang menyangkut dengan seks. Model pendidikan seks dapat dilakukan dengan memberi bimbingan konseling, pembelajaran modul disekolah, membaca buku seks, dll.

    Nita Pramana Sari / XI IA 5 / 18

    ReplyDelete
  47. perlu karena masa SMA adalah masa dimana anak yang ingin mencoba hal baru dan banyak terjadi hamil diluar nikah .
    Yang lebih tepat menyampaikan yaitu orang tua dan guru karena mereka lebih mengerti.

    AREZA FAISHAL NAUFALDI
    XI-IA1/03

    ReplyDelete
  48. menurut saya,pendidikan seks di jenjang SMa msh sangat perlu karena siswa SMA sudah banyak yang pergaulannya berhubungn dengan seks dan hal porno serta mereka selalu ingin mengetahui hal2 baru,maka dari itu perlu untuk dibimbing.
    pendidikan seks yang tepat diberikan oleh guru biololgi karena beliau dpat menjelaskan seks secara logika dan dapat diterima oleh siswa dengan baik.selain ihtu peran psikolog jg dibutuhkan karena beliau dapat memberikan pendekatan secara emosional dan moral agar siswa mengerti tentang sisi baik dan buruknya seks bebas.

    Ismi Nurul Insani
    XI IPA 5/13

    ReplyDelete
  49. perlu karena remaja yg beranjak dewasa juga perlu tau pengetahuan tentang seks,pengetahuan tentang struktur alat kelamin,

    semuanya karena mereka yang lebih berpengalaman akan pengetahuan seks dan mereka juga bs berbijaksana dalam mengajarkan pengetahuan ini.

    dengan mengadakan seminar tentang seks agar penggetahua ini dapat tersampaikan dengan cara yang baik

    Norfan Adi
    XI IA-1/21

    ReplyDelete
  50. erlu. lbh tepat dr narasumber,psikolog, guru yg lebih paham secara detail tentang seks. sedangkan ortu lbh mengajarkan kita bagaimana membentuk pribadi yg sesuai dgn perkembangan jaman tnp hrs menyimpang dr norma terutama nilai agama. model bimbingan seperti memberi pengarahan dan ditunjukkan bukti-bukti negatif maupun positif tentang dampak seks

    Munthariani Dessy E / XI IA 1 / 18

    ReplyDelete
  51. Menurut saya perlu,karena dari kita memperoleh ilmu entang sex,kita jadi lebih tau mengenal dunia seks.Dan mungkin orang yang sbelumnya tak tau sama sekali tentang seks,mereka akan jadi tau dan akan menjadi ilmu yang bermanfaat.
    ada banyak segi positif yang dapat diambil dari pembelajaran seks ini.
    Dan seharusnya guru tetap memberi bimbingannya kepada siswa dan tak bosan2 nya untuk selalu menasaehati agar tak terjadi hal2 yang diinginkan.

    M.Reza/17/XI IPA 1

    ReplyDelete
  52. Nita Annastasia XI IA 6/21April 4, 2011 at 8:02 AM

    sangat perlu , karena anak sma sangat mudah terpengaruh dengan orang lain . apalagi dalam perilaku menyimpang seperti seks bebas .
    Pemberian bisa deberikan oleh siapa saja . orang tua , guru , atau teman sangat mempengaruhi perkembangan anak .

    ReplyDelete
  53. @ Menurut Saya masih sangat perlu, karena usia Remaja khusunya Anak SMA masih haus akan pengetahuan, baik pengetahuan positif maupun pengetahuan negatif, masa Ini juga sangat rentan dengan pergaulan-pergaulan bebas, karena di masa ini pula Remaja SMA masih ingin menunjukkan jati diri mereka.@ Yang paling tepat untuk menyampaikan hal, tentang sex education ini adalah orang-orang di lingkungan keluarga khususnya kedua orang tua, dari cara penyampaian ini, seorang anak akan berusaha membangun karakter / sifat yang baik dan positif, karena mereka merasa diperhatikan oleh orang tuanya, yang kedua di lingkungan sekolah, khususnya pada mapel BIOLOGI, seorang Guru harus memberikan pengetahuan tentang Sex Education, Hal ini akan berguna untuk membuka wawasan seorang Remaja SMA agar dapat berfikir ke Hal-hal yang positif.@ Model Bimbingan yang paling tepat ialah, pendekatan terhadap anak, dan memberi pengarahan secara baik-baik.

    Dicky C / XI IA 6 / 11

    ReplyDelete
  54. Menurut Saya masih sangat perlu, karena usia Remaja.Pendidikan sex ini adalah orang-orang di lingkungan anak akan perlunya pendidkan sex, yang kedua di lingkungan sekolah.

    Agung Nugroho P/XI-IA5/02

    ReplyDelete
  55. => Menurut saya pendidikan sex sangat perlu diajarkan sejak dini ,hal ini di tujukan agar seseorang mengetahui secara pasti pengaruh negatif dari sex menyimpang. Dengan bekal sex education yang cukup, resiko seseorang terjerumus kearah sex menyimpang jauh lebih kecil. Oleh karena itu peran orang tua sangat penting untuk mendidik anak-anak agar jauh dari penyimpangan seksual .

    M. Andhika. S /XI-IA5/ 15

    ReplyDelete
  56. ..saya setuju dengan adanya pendidikan sex sejak dini. untuk meminimalisir dampak buruk pergaulan bebas pada sewaktu dewasa. serta peran orang tua sangat berpengaruh bagi mental,perilaku & moral anak tersebut sehingga dapat mengetahui dampak / kemungkinan terburuk dari perilaku menyimpang pada sex bebas.

    rendi nugroho xi-ia5/23

    ReplyDelete
  57. ya, sebagai remaja kita sangat perlu mendapatkan pendidikan tentang seks dan menurut saya tempat yang paling tepat untuk menyampaikan hal ini adalah orang tua. Modal bimbingan yang paling tepat adalah di PIKKRR (Pusat Informasi Konseling Kesehatan Reproduksi Remaja) yang di cetuskan oleh BKKBN.

    Franky Lucky Y.P.
    XI IPA 1/12

    ReplyDelete
  58. menurut saya perlu, karena kita para remaja sering kali berbuat tanpa pikir panjang terlebih dahulu. adanya pendidikan seks bisa membuat kita berfikir mana yang benar dan mana yang kurang baik. dan model bimbingan yg paling tepat dimana saja entah dikeluarga, sekolah dll.

    WAHYU BAGIOL XI IA 6 29

    ReplyDelete
  59. Pengetahuan tentang seks harus tetap dilakukan pada jenjang apapun, karena bila diadakan pengetahuan seperti itu maka kita akan berfikir ulang tentang seks itu sendiri. Apalagi pada jenjang – jenjang seperti SMA, sangatlah rawan bagi pelajar SMA sekarang ini, mereka selalu ingin mencoba dan mengetahui bagaimana rasanya itu seks. Maka perlu konsultasi yang diberikan mulai dari orang yang paling sering dirumah yakni orang tua, kemudian guru pembimbing, dan terakhir psikolog. Faktor dari diri sendiri juga sangat berpengaruh. Dengan cara pendekatan guru, teman sebaya, dan orang tua sendiri.

    Arifna Dwi P/XI IPA 6/7

    ReplyDelete
  60. menurut saya masih sangat perlu, khususnya untuk kalangan remaja yang sering kali menyalah gunakan pergaulan bebas. Untuk itu sex education berguna untuk memberi pengetahuan bagi mereka, agar tidak terjerumus dalam hal-hal yang tidak baik.

    yang paling tepat untuk menyampaikan hal ini adalah guru dan orang tua.

    model bimbingan yang tepat adalah melalui pendekatan dan sharing.

    anindya kurnia puteri XI.IA.05 / 05

    ReplyDelete
  61. Perlu karena remaja sekarang sangat mengkhawatirkan,mengapa mengkhawatirkan ? bukti – bukti yang ada telah menunjukkan bahwa remaja sekarang banyak yang hamil di luar nikah. Khususnya pelajara SMA yang ABG, dapat dikatakan pada masa - masa seperti ini ingin – inginnya seseorang dalam mencoba. Maka dari itu pendidikan seks pada saat SMA juga sangat diperlukan. Pembimbing yang tepat mulai dari orang tua, kemudian gru, dan terakhir nara sumber yang ada. Pendekatan - pendekatan yang dilakukan dengan penuh rasa perhatian membuat para anak atau remaja merasa lebih nyaman dan dapat dikendalikan emosi yang sangat labil pada masa – masa SMA seperti ini.

    Afifatul Hidayah XI IPA 6/2

    ReplyDelete
  62. Menurut saya pendidikan seks perlu untuk kita, khususnya remaja SMA supaya kita bisa tahu mana sisi yang baik dan mana sisi yang buruk dan juga kita bisa terhindar dari pengaruh-pengaruh seks bebas, peran serta orang tua sangat diperlukan karena orang tua setiap hari memantau kegiatan kita, selain itu juga bimbingan dari guru di sekolah serta media.


    Sany Husnainy XI IA5/25

    ReplyDelete
  63. menurut saya pendidikan seks sangat penting . apalagi untuk siswa sma. masa yang sangat rawan dan rasa igin tau nya sangat kuat . jadi semua pihak perlu memberi sosialisasi tentang pelajaran seks .peran orang tua pada saat dirumah , guru pada saat di sekolah dan orang disekitar yang berada dilingkungan .
    Ratna Detya P. P - XI IPA 6 - 26

    ReplyDelete
  64. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  65. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  66. menurut saya tentu saja perlu adanya pendidikan seks pada anak SMA..menurut saya semua pihak dapat menyampaikan hal yang berhubungan dengan pendidikan seks..entah itu secara formal dalam suatu pertemuan ataupun non formal dalam obrolan biasa..
    model bimbingan apapun untuk pendidikan seks saya pikir pasti akan menarik..karena dilihat anak SMA kini apabila mendapat pengarahan dalam pendidikan seks justru senang dan tertarik..

    GITA N.S/XI IPA 5/11

    ReplyDelete
  67. PRADIPTA ARI /XI IA 5/21April 5, 2011 at 7:27 AM

    menurut saya,pendidikan seks untuk anak SMA masih diperlukan agar anak SMA lebih tahu tentang SEKS.
    dan sebaiknya pendidikan seks harus disampaikan oleh guru,karena dengan guru siswa lebih dapat enjoy dengan apa yang disampaikan.
    dan akan lebih menarik jika disampaikan dengan gambar.

    ReplyDelete
  68. TAUFIK SETYAWAN /26 /XI IA 5April 5, 2011 at 7:32 AM

    Mungkin pendidikan seks pada masa sma masih diperlukan karena siswa remaja masih butuh bimbingan agar seks tidak disalah gunakan.
    Dan untuk pembimbing lebih baik guru yang paling tepat karena mungkin guru lebih mengerti karakter siswa sebenarnya.

    ReplyDelete
  69. IRSYAD SAFRUDIN/XI IPA 6/ 15

    Menurut saya pendidikan seks wajib dijelaswkan kepada siswa SMA,supaya mereka banyak yang tidak terjerumus,.
    dan yang paling tepat mengajarkannya adalah guru,karena siswa akan dapat menceritakan hal yang dialaminya dengan rileks jika mereka bercerita dengan orang tua keduanya yaitu guru...

    ReplyDelete
  70. Kita sebagai siswa SMA sangatlah perlu mendapat pendidikan seks , karena hal itu dapat menambah wawasan kita terhadap hal-hal yang berhubungan dengan seks tersebut serta agar kita tahu bagaimana menyikapinya.

    menurut saya, yang paling tepat menyampaikan hal ini adalah psikolog
    karena psikologlah yang lebih tahu tentang pola pikiran kita dalam menyikapi hal-hal tentang seks.
    modul pembelajaran yang paling tepat yaitu : kuatkan iman kita dengan memperbanyak ibadah kepada Allah swt serta menghindari free sex

    ARIF FAISHAL / XI IPA 6 / 06

    ReplyDelete
  71. pedidikan seks perlu diberikan untuk memberikan pengertian tentang akibat-akibat yang akan muncul jika melalukan hubungan seks tersebut
    menurut saya pihak yang paling tepat dalam memberikan pendidikan seks adalah orang tua pada saat dirumah dan guru pada saat di lingkungan sekolah.
    saya pikir pendidikan seks tersebut disampaikan dengan cara memberikan nasehat-nasehat dan lewat seminar

    NURUL RISTIANA
    XI IPA 6 / 22

    ReplyDelete
  72. Menurut saya pendidikan seks perlu di berikan untuk memberikan pengertian tentang akibat-akibat yang muncul karena melakukan hubungan seks.

    Dan yang menyampaikan pendidikan seks sebaiknya orang tua pada saat di rumah dan guru pada saat di lingkungan sekolah.

    Pendidikan seks tersebut di sampaikan melalui nasehat-nasehat dan seminar.

    NURUL RISTIANA
    XI IPA 6 / 22

    ReplyDelete
  73. menurut saya pendidikan seks masih perluu karena untuk mengurangi kian maraknya hubungan seks di usia pelajar karena di usia masa-masa SMA ini adalah masa-masa yang indahh bersama teman-teman ada orang yang kehilangan masa SMA ini dan bahkan menyesaal atas perbuatanya karena telah melakukan hubungan seks di usia dini bahkan ia harus dikeluarakan dari sekolah

    pendidikan seks ini alangkah baik nya dibimbing oleh psikologi karena beliau yang lebih tau mengenai dampak seks dan lain-lain

    hal tersebut dapat di berikan dalam bentuk kegiatan seminar-seminar yang ada di sekolahan agar siswa tau mengenai apa hubungan seks itu dan apa pula dampaknya

    ARDIRA ESTI / XI-IPA.5 / 07

    ReplyDelete
  74. Dyna Fajar Octaviani (XI.IPA.1/11)April 6, 2011 at 4:51 AM

    menurut saya , justru saat kita di SMA pendidikan seks sangat dibutuhkan , banyaknya remaja SMA yang masih labil adalah faktor utamanya. di SMA adalah waktu yang tepat untuk diberikan pengajaran tentang pendidikan seks . menurut saya, Semua pihak dapat membantu para remaja dalam menerima pendidikan seks yang benar. dengan pendidikan seks yang benar diharapkan para remaja merasa tidak salah dalam mengartikan seks. terimakasih. :)

    ReplyDelete
  75. Menurut saya sangat perlu, karena pada masa SMA kita masih perlu pendidika seks, agar tidak terjerumus dalam pergaulan sexs bebas.
    Orang tua dan guru adalah orang yang paling tepat untuk memberikan pendidikan seks.
    Bimbingan yang paling tepat ya dengan cara menjelaskan saja kepada siswa, karena mungkin siswa sudah tertarik dengan tema yang diberikan.

    Yunik Meigati t XI IA 5/27

    ReplyDelete
  76. Arief Wicaksono (XI IA 5/08)April 6, 2011 at 6:02 AM

    Menurut saya sangat penting diberikan di masa SMA, karena SMA adalah masa labil para remaja. Dan biasanya remaja itu mudah terpengaruh, oleh karena itu pendidikan seks penting diberikan pada saat pelajaran biologi agar kita bisa lebih mengerti baik buruknya.
    Semua pihak tsb dapat membantu memberi pendidikan seks dengan benar dan tepat.
    Bimbinganya menurut saya dilakukan dengan penjelasan.

    ReplyDelete
  77. HEMAS ARINDA WAHYUNINGRUM
    XI IPA 5/12

    sebagai siswa SMA tentu saja masih perlu mendapat pendidikan seks, bahkan pada masa SMA inilah yang sangat diperlukan untuk mendapatkan pendidikan seks. karena pada masa SMA, siswa/siswi SMA sangat riskan melakukan tindakan seks bebas.

    menurut saya baik guru, orang tua, psikolog maupun narasumber lain dapat menyampaikan pendidikan seks, tegantung pada tempatnya dan kemampuan mereka tentang seks. karena belajar bisa dari mana saja.

    model bimbingan yang paling tepat dilakukan adalah dengan menjelaskan pendidikan seks sesuai dengan kemampuan, memberikan dampak yang akan terjadi nantinya, model tanya jawab juga diperlukan, agar siswa lebih paham.

    ReplyDelete
  78. menurut saya yang paling tepat ada;ah orang tua dan psikolog. saya memilih orang tua karena orang tua pasti lebih tau pendidikan seks yg bagaimana untuk si anak, sedangkan psikolog agar ia dapat memberikan sugesti yang positif kepada si anak agar tidak melakukan hal hal seks sebelum cukup umur dan hanya digunakan sebagai bahan ajar

    BRILLIAN NISA
    XI IPA 5 / 09

    ReplyDelete
  79. Maria Tri Candra S. XI-IPA-3/22April 7, 2011 at 5:07 AM

    Menurut saya masih sangat perlu karena ini semua untuk membekali kita pengetahuan tentang baik dan buruknya seks. Sehingga kita bisa tahu apa yang harus kita lakukan saat hal-hal yang berbau tentang seks. Dan yang berperan penting dalam pendidikan ini yaitu semua pihak yang tahu dan mengerti tentang pendidikan seks. Bimbingannya bisa melalui poendekatan dengan sharing-sharing tentang pendidikan seks.

    ReplyDelete
  80. stephanus pradipta A.W XI IPA-1/27April 7, 2011 at 5:22 AM

    stephanus berkata manusia belajar setiap saat dimanapun kapanpun dan tentang apapun. pendidikan seks bagi saya perlu juga diajarkan kepada semua orang, terutama bagi anak remaja yang menginjak dewasa. karena pada saat ini mereka mengalami masa transisi dimana banyak hal yang mereka ingin ketahui dan coba, terutama tentang seks. jadi, jika mereka mengetahui baik dan buruknya seks maka mereka bisa bertindak yang seharusnya dilakukan saat mengetahui hal itu dan yang berperan dalam pendidikan ini adalah semua pihak tanpa terkecuali yang mengetahui benar tentang seks.

    ReplyDelete
  81. ADI DARMAWAN S /XI IA 5 /01

    Menurut saya pendidikan sex untk kalangan SMA itu sangat perlu.Pendidikan sex juga perlu diajarkan oleh smua kalangan karena jika seorang anak SMA yang ingin melakukan sex dapat mengerti akibat dari sex bebas tersebut serta juga dapat mempengaruhi rasa takut mereka untuk melakukaannya krena akibat dan parahny penyakit akibat hubungan sex diusia dini.
    Pelajaran tentang sex itu lebuh baik jikja ndiajarkan oleh guru di sekolahan.
    Metode pengajaran yang baik untk mnerangkan adalah pda saat mapel berlngsung terutama mapel Biology dan diajarkan oleh semua siswa baik laki-laki maupun perempuan.

    ReplyDelete
  82. Putra Yuli Ariadi/ XI IA 6 /23

    Menurut pendapat putra pendidikan tentang sex dikalangan SMA ataupun remaja sangatlah penting,karena pergaulan dimasa sekarang sangat menakjubkan, banyak anak SMA yang telah melakukan hubngan sexsual akhirnya mempunyai anak dan tidak ada yang mau bertanggung jawab anak tersebut dibuang. dan masih ada lagi bahaya dari penyakit sex ,cotohnya penurunan daya pemikiran anak tersebut, Aids, dan lain-lain.
    Pelajaran sex sebaiknya diterangkan oleh guru yang tau tentang sex, supaya para pelajar mengerti bahaya sex dan akibat dari perbuatan sex.

    ReplyDelete
  83. tentu saja iya karena menurut saya justru di usia remaja (SMA) kita harus lebih mengetahui tentang seks, menurut saya yg paling tepat pertama kali ya orang tua karena mereka lebih tau kita sejak kecil, mereka yg selalu mengarahkan kita jadi orang yg lebih baik
    kedua baru guru, mereka yg membimbing kita dan mengajarkan kita mereka justru ortu kita disekolah. baru psikolog dan narasumber sebagai tambahan wawasan
    modelnya dg cara dinasehati , diberi pengarahan, diberi pengetahuan ttg bahaya seks bebas, rajin mengingat Allah

    ReplyDelete
  84. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  85. tentu saja iya karena menurut saya justru di usia remaja (SMA) kita harus lebih mengetahui tentang seks, menurut saya yg paling tepat pertama kali ya orang tua karena mereka lebih tau kita sejak kecil, mereka yg selalu mengarahkan kita jadi orang yg lebih baik
    kedua baru guru, mereka yg membimbing kita dan mengajarkan kita mereka justru ortu kita disekolah. baru psikolog dan narasumber sebagai tambahan wawasan
    modelnya dg cara dinasehati , diberi pengarahan, diberi pengetahuan ttg bahaya seks bebas, rajin mengingat Allah

    ZAHRA JANEF HANINDA
    XI IPA 5 / 28

    ReplyDelete
  86. menrut saya pendidikan seks itu perlu dikalangan remaja.alangkah lebih baiknya diajarkan lebih dini lagi atau sebelum remaja.karena anak yang beranjak remaja ingin mencari tahu dan ingin mencoba-coba.
    jika tidak ada yang mengarahkan ,anak itu tidak tahu dampak nya setelah melakukan hubungan seks itu.
    karena anak remaja cenderung menuruti hawa nafsu nya ketimbang memikirkan dampak kedepannya.
    saya rasa pelajaran tentang seks tersebut diajar kan oleh guru biologi dan guru bk.karena guru tersebut bisa menjadi penengah dan bisa membrikan dampak pada anak remaja, agar anak remaja berfikir 2 kali melakukan hal tersebut

    Alvin Alfiyan XI ipa 5 /03

    ReplyDelete
  87. Menurut saya media yang paling tepat untuk menyampaikann adalah orang tua. Karna orang tua bisa memberikann sexs education sejak dini. Agar mereka dapat membedakan mana yg menurut mereka bernilai negatif atau posotif. Karna sekarang banyak info teman teman di sekolah yang bernilai negatif dan memberikan dampak yang buruk bagi psikologi anak tersebut. Jadi sejak usia dini mereka di berikan tameng untuk menghadapi modernisasi dunia luar.

    NUR FRIDA ARIANI / XI.IPA.5 / 19

    ReplyDelete
  88. Naufal Andityanaka G XI IA 5/16

    Menurut saya , tidak pelu jika di usia remaja terutama waktu SMA diajarkan masalah seks . Karena saya yakin , di usia remaja , kita telah mengetahui apa itu seks . Sebaiknya hanyalah diberikan pengertian secara positif di bidang ilmu pengetahuan mereka . Karena jika siswa di berikan pengertian yang terlalu mendalam , maka para siswa hanyalah menjadi penasaran dan ingin melakukan hal yang tidak di inginkan .

    Melalui orang tualah yang sangat cocok untuk mengilhami masalah ini . Karena orang tua adalh motivator anak .

    Media yang tepat hanyalah siswa di berikan pengertian tentang apa itu seks .

    ReplyDelete
  89. ARUM S. / XI-IPA.6 / 08

    Menurut saya, walaupun kita telah menginjak jenjang pendidikan SMA, yang terkadang siswa SMA sudah dianggap dewasa dan mereka dipandang mampu memilah mana hal yang menjadi kewajiban dan mana hal yang terlarang.

    Namun pada fase pertumbuhan menuju dewasa ini, sesungguhnya siswa SMA membutuhkan banyak sekali bekal, salah satunya adalah bekal pendidikan seks. Masih banyak siswa SMA yang malu menanyakan tentang hal yang terkait oleh perilaku seks. Sebagian dari mereka lebih memilih bungkam seribu bahasa tinimbang menceritakan perilaku seks yang mereka alami tanpa tahu dampak atau akibat dari perilaku mereka. Jadi, menurut saya 'sexs education' bagi siswa SMA sangatlah dibutuhkan. Mengingat tinggi nya angka kasus MBA (Married by Accident) di kalangan pelajar SMA. Dan menurut saya orang yn paling tepat menyampaikan pendidikan seks ini adalah Guru-guru di sekolah. Tanpa harus memanggil seorang psikolog. Guru-guru pun sebenarnya mampu untuk memberikan sex education ini kepada siswa. Khususnya bagi guru yang mengampu pelajaran Biologi. Namun tidak menutup kemungkinan guru BK serta guru Agama dapat terlibat dalam menyampaikan tentang pendidikan seks ini. Dan tidak dilupakan peran orangtua juga sangat dibutuhkan untuk mendukung hal ini. Model bimbingan seperti seminar sexs education ataupun ngobrol bareng tentang seks remaja menurut saya dapat memikat minat para siswa. Karena kegiatan seperti itu menambah wawasan seputar seks dan memaparkan dampak yg d timbulkan nya, serta dalam seminar dan ngobrol bareng tsb memberi ruang bagi mereka yang ingin gamblang dan transparan dalam masalah sexs ini. :)

    ReplyDelete
  90. ...tentu saja masihhh..

    ..karena disaat-saat remaja seperti kita ini..keinginan kita untuk melakukan seks sangatlah tinggi apalagi mereka yang memiliki nafsu yang besar..

    ..siapa saja bisa memberikan kita nasehat tentang masalah ini..yang terutama adalah orang tua..karena orang tua adalah orang yang sering kita temui di dunia ini..

    ..kalau model untuk pemberitahuan lebih baik dengan kata-kata yang halus dan mudah dimengerti oleh anak remaja agar tidak salah mengartikan..

    FRANSISKA NITA / XI IPA 3 / 18

    ReplyDelete
  91. Sangat perlu karena SMA merupakan usia yang labil dan sangat mudah mendapatkan rasa penasaran yang sangat tinggi. Semua orang wajib dan berhak memberikan pendidikan tentang sex. Tetapi itu saja tidak cukup. Agamalah tang dapat membentengi diri kita masing - masing agar kita tidak terjerumus ke dalam hal tersebut.

    Riestyana Lakshyta Dewi P. / XI IPA 3 / 26

    ReplyDelete
  92. sangat perlu bu... agar remaja SMA menjadi tau lebih dalam tentang seks yang sehat dan benar...
    menurut saya yang perlu menyampaikan pendidikan seks adalah orang tua dan guru...
    modelnya dengan memberi nasehat" dan masukan" tentang pendidikan seks serta akibat" dari seks yang di salah gunakan...
    dan tidak lupa memberikan pendidikan" agama dan moral...
    maaf bu... jika ada kesalahan komen... mohon di benarkan jika salah ya bu... hehehe...
    terimakasih... ^_^


    Tetap sehat... Tetap semangat... agar kita bisa komenan lagi poko e maknyus...

    Zulfa Masian Ahmad XI-IA-6 30

    ReplyDelete
  93. ferronica/XI.IA.3/16April 8, 2011 at 6:17 AM

    Menurut saya diusia berapapun kita masih harus mendapatkan bimbingan tentang sex, apalagi di era globalisasi saat ini yang teknologinya berkembang sangat pesat. Sex dapat diakses melalui berbagai media yang ada. Dan apabila kita tidak mendapat bimbingan yang tepat dari orang terdekat kita maka resiko yang dialami sangatlah besar.

    Bimbingan sex yang tepat adalah dari orangtua dan guru di sekolah kita, karena merekalah yang mendampingi kita lingkungan eksternal maupun internal.

    Dan hal yang paling tepat kita lakukan adalah membentengi diri dari paergaulan bebas dengan lebih mendekatkan diri pada agama yang kita anut.

    Model bimbingan yang perlu saya dapatkan adalah pendampingan saat adanya film-film dewasa yang diputar di media apapun. Hal itu merupakan suatu pengetahuaan tentang yang mana perlu dipelajari dan dihindari.

    ReplyDelete
  94. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  95. TENTUNYA sangatlah di perlukan pendidikan tentang SEX dan penyuluhan dengan narasumber pakar SEX dan korban SEX.

    orang yang paling tepat adalah ORANG TUA KITA sendiri karena orang tua adalah orang yang telah membesarkan kita hingga mengenal tentang SEX.

    lalu model bimbingan yang baik adalah dengan cara pengawasan yang sangat ketat yang di berikan orang tua kepada anaknya , karena dengan begitulah anak tidak akan melawan karena orang tua adalah SEGALANYA . andaikan itu yang memberi guru pasti adaah murid yang sangat bandel melnggarnya. namun kalo orang tua pasti anak tidak berani melanggar perkataan orang tua karena kita lahir di dunia berkat orang tua jadi jangan pernah membantah nasihat dan perkataan dari orang tua kita.

    XI-IPA 6 / 14

    ReplyDelete
  96. saya rasa tetap perlu . karna dengan mendapat bimbingan lebih dalam kita dapat lebih mengetahui dan mendalami baik buruknya seperti apaa . sehingga kita tidak melakukan hal hal bodoh yang akhirnya hanya akan menjerumuskan kita dalam penyesalan . saya pikir bimbingan ini dapat dilakukan oleh siapa saja yang berkompeten . baik itu itu guru , orang tua maupun pihak lainnya yang mendalami hal ini . metode yang digunakan dapat berupa menghadirkan nara sumber yang pernah terjerumus dalam pergaulan seks bebas . sehingga kita dapat belajar dari pengalaman dia . cecilia devina anggraini XI IPA-3 /10

    ReplyDelete
  97. Ria Ekanindya W
    XI. IA. 5 - 24


    Pendapat saya, siswi SMA masih sangat memerlukan pendidikan mengenai seks. Siswi SMA masih perlu tahu mengenai pembelajaran, dampak dan resiko dari seks. Pendidikan seks tersebut bisa menambah wawasan siswi SMA mengenai adanya seks.
    Mengenai hal itu, orang yang paling tepat untuk menyampaikan pelajaran tersebut adalah guru. Karena guru lebih mengetahui anak didiknya, guru lebih memahami dan mengerti apa yang dibutuhkan oleh anak didiknya dan pembelajaranpun bisa berjalan dengan santai
    Model bimbingan yang paling tepat adalah outdoor (luar ruangan) sebab dengan model tersebut siswa lebih mudah dalam mengingat materi yang disampaikan dan model pembelajaran bisa lebih sersan (serius tapi santai) jadi siswa dapat lebih enjoy.

    ReplyDelete
  98. mm menurut saya, siswa SMA masih sangat memerlukan pendidikan tentang seks , karena diusia masa SMA ini rasa keingin tahuannya sangat besar , dan itu perlu dampingan , yang paling tepat untuk menyampaikan hal tersebut adalah orangtua dan guru, karena mereka adalah sumber terpercaya bagi kita.

    NADYA OLIVIA W XI IPA6/19

    ReplyDelete
  99. menurut saya pendidikan seks sangat dibutuhkan untuk para remaja yang masih labil, sebab remaja zaman sekarang banyak yang melakukan seks bebas.
    pendidikan seks dapat dilakukan oleh guru, orang tua atau psikologis sebab makin banyak seseorang mendapatkan pendidikan seks semakain tau bahwa seks bebas itu mempunyai dampak negative yang sangat buruk.
    jika guru dapat melakukan pendidikan seks bebas melalui interaksi oleh murid waktu proses belajar mengajar, orang tau dapat dilakukan dirumah dan psikologis dapat memberikan seminar bagi remaja tentang bahaya seks bebas.
    pendidikan seks bebas sangat diperlukan oleh para remaja untuk mengurangi pergaulan bebas antar remaja.
    terimakasih :)

    FABRIARNI IRMADELA / 13 / XI-IPA 3

    ReplyDelete