Tuesday, April 5, 2011

MADESU (Zona Diskusi)

Bukan Rahasia lagi jika kita jujur, maka setiap tahun ada saja murid yang terpaksa keluar dari sekolah karena telah hamil. seorang siswi yang diketahui hamil akan segera dikeluarkan dari sekolah, yang berarti rusaklah masa depannya. Berhenti sudah langkahnya untuk mencapai cita-citanya.

Beberapa siswi yang dikeluarkan hamil memiliki masa depan yang suram. Hidup sengsara sebagai buruh cuci, dan ditinggalkan oleh suaminya karena masalah ekonomi. Pernikahan yang terlalu dini ternyata hanya bertahan beberapa tahun saja. setelah itu kehidupan suram terpaksa harus mereka jalani, seumur hidup mereka.

Sulitnya ekonomi terkadang membuat seseorang berbuat nekat. Untuk mempertahankan hidup siswi yang terjebak dalam perkawinan dini bahkan menceburkan diri ke dunia hitam, Nauzubillahi minzalik.

Tidak dapat disalahkan jika anda berpacaran, karena masa SMA adalah masa yang indah. Ibarat bunga, anda mekar dan menyebarkan harum ke segala penjuru. Namun jangan sampai tercium bau harum itu hanya sebentar dan berubah menjadi bau busuk yang menjijikkan semua orang.

Cinta adalah anugerah Tuhan. Jatuh cinta di masa SMA sangatlah indah, jika anda mencintai, maka wajib menjaga, bukan melukai. Pernikahan adalah mahligai indah dan suci maka pertahankan kesucian anda sampai saat yang indah itu tiba.

Ingat!! Hymen adalah "seal" / segel
fungsinya secara spesifik tidak diketahui, selain harus dipertahankan hingga saat indah itu tiba. untuk para siswa, Ingat: "D0n't accept if the seal is broken", tetapi kalian pun wajib menjaga kesucian, karena Tuhan menciptakan manusia berpasangan, orang baik akan mendapatkan pasangan yang baik dan orang yang jahat akan mendapatkan pasangan yang jahat. Maka selalu berbuat baiklah dan tunggulah hadiah Tuhan untuk anda.

Bagaimana cara mempertahankan hubungan indah di masa SMA, Agar tidak mempengaruhi prestasi belajar?... yang punya pengalaman ayo di share.... yang belum... ceritakan impian anda....

79 comments:

  1. menurut saya,bisa saja kita pacaran untuk saling memotivasi..memang pada masa SMA adalah masa yang paling indah apalagi dengang menjalin hubungan cinta..mulai ada ketertarikan cowo dengan cewe dan sebaliknya..kita harus malu kalau pacar kita punya nilai yang lebih bagus,dan kita akhirnya terpancing untuk tambah belajar utnuk mengejar nilai kita tersebut.pacaran bukan untuk peermainan saja..apalagi cowo pacaran biasanya untuk kesenangan hawa nafsu semata.kita sebagai cewe harus terus bisa menjaga kesucian dan kehormatan kita..yang namanya cinta itu ya harus menjaga,melindungi,tulus,penuh kasih sayang,dan selalu mensuport kegitan positiv yang pasanganya lakukan..juga tidak boleh over protektive..:)

    ReplyDelete
  2. iya bu, Caranya yaitu menggunakan pacaran yang sehat, sperti: Tidak bercium ciuman, karena ciuman adalah pintu menuju hubungan sex.

    (Ardhi Firmansah/XiIA3/6)

    ReplyDelete
  3. zahra janef mengatakan...
    menurut saya,bisa saja kita pacaran untuk saling memotivasi..memang pada masa SMA adalah masa yang paling indah apalagi dengang menjalin hubungan cinta..mulai ada ketertarikan cowo dengan cewe dan sebaliknya..kita harus malu kalau pacar kita punya nilai yang lebih bagus,dan kita akhirnya terpancing untuk tambah belajar utnuk mengejar nilai kita tersebut.pacaran bukan untuk peermainan saja..apalagi cowo pacaran biasanya untuk kesenangan hawa nafsu semata.kita sebagai cewe harus terus bisa menjaga kesucian dan kehormatan kita..yang namanya cinta itu ya harus menjaga,melindungi,tulus,penuh kasih sayang,dan selalu mensuport kegitan positiv yang pasanganya lakukan..juga tidak boleh over protektive..:)

    ZAHRA JANEF H/ XI.IA.5/ 28

    ReplyDelete
  4. Laras Rusti Damayanti
    XI IA 5/ 14

    Pacaran yang baik terutama pada saat masa-masa SMA adalah pacaran yang saling memberi motivasi satu sama lain terutama dalam hal belajar. Kalau bisa cari pacar yang pintar jadi bisa belajar bersama. Saling mengerti adalah kunci utama dalam mempertahankan hubungan dengan pacar.

    ReplyDelete
  5. Hihihi.... gag berciuman???...bener nih...????

    ReplyDelete
  6. Sorry... ya Ardhi.. maksud bu Andri... bagaimana caranya menahan agar gag berciuman...????

    ReplyDelete
  7. Menurut saya untuk mempertahankan hubungan yang indah tanpa mempengaruhi prestasi yaitu tiap pasangan harus saling mengerti posisi mereka sebagai siswa..jadi hindari pertengkaran supaya nilai tidak drop..
    lebih baik lagi cari pasangan/pacar yang pintar jadi bisa belajar bersama walau kemungkinan itu kecil...

    GITA N.S/XI IPA 5/11

    ReplyDelete
  8. PRADIPTA ARI /XI IA 5/21April 5, 2011 at 7:11 AM

    Berpacaran yang baik seharusnya tidak pada wktu sekolah.dan untuk mempertahankan keindahan saat berpacaran yaitu harus yang seiman,jangan seperti saya,karena itu membuat sedih pasangan dikemudian hari.dan harus kuat dalam iman.
    pasangan harus saling mengerti keadaan dan harus selalu mendukung dalam belajar,seperti saya ini,dalam menghadapi mid,saat itu pasangan saya mendukung untuk belajar,akhirnya nilai mid fisika mendapat nilai sempurna begitu juga pasangan saya saat itu.


    PRADIPTA ARI WIBOWO/XI IA 5/21

    ReplyDelete
  9. TAUFIK SETYAWAN /26 /XI IA 5April 5, 2011 at 7:17 AM

    Berpacaran yang baik tanpa mengurangi keindahan dimasa sma yaitu dengan saling pengertian posisi mereka sebagai seorang pelajar, jika pasangan dapat saling melengkapi dalam hal pelajaran pasti itu lebih asyik.

    ReplyDelete
  10. PRADIPTA ARI /XI IA 5/21April 5, 2011 at 7:20 AM

    Dalam berpacaran,saya tidak menginginkan sesuatu dari pasangan saya..
    bagi saya berpacaran itu untuk motivasi semangat belajar saya.
    untuk sekarang saya hanya berteman dengan pasangan saya yang dulu.
    saya sangat sayang dengan pasangan saya yang dulu

    ReplyDelete
  11. Menurut saya, apabila nanti ak mendapatkan cinta di SMA ,
    aku akan menikmatinya dengan senang hati, menikmati bukan berarti menikmati hawa nafsu yang ada di dunia ini, namun menikmati rasa indah mencintai dan menyayangi satu sama lain baik dengan pacar maupun dengan teman.Hal ini juga harus didasari iman yang kuat agar kita berjalan di jalan yang benar.
    itulah yang akan membawa kita ke masa depan yang cerah,sukses,dan cita-cita kita akan tercapai.

    doakan saya agar mendapat pacar yang baik ya buu.heheheh :D

    ARIF FAISHAL / XI IPA 6 / 06

    ReplyDelete
  12. => Masa-masa SMA adalah masa paling indah , jadi kita harus memanfaatkanya dengan sebaik mungkin. Tumbuhnya benih-benih cinta pada masa SMA ,mengharuskan kita untuk lebih termotivasi dalam artian berpacaran kearah yang sehat. Dengan pacaran yang sehat insyaallah kita akan senantiasa menjadi seorang siswa yang selalu ceria, semangat belajar, dan jauh dari dosa tentunnya...Heheheh
    *SAY NO TO FREE SEX*

    M. Andhika. S/ XI-IA5 /15

    ReplyDelete
  13. Supaya hubungan di masa sma tetap indah kita harus dapat membedakan mana perbuatan yang baik dan mana yang buruk,.
    misalnya dalam hal berpacaran,kita sebagai anak SMA yang mempunyai gejolak cinta yg sangat membara kita haru pintar" dalam mengendalikannya.
    intinya kita harus saling menjaga kehormatan kita dan kehormatan pasangan kita, dalam artian kita tidak menodai cinta kita dengan hawa nafsuu yang akan membuat masa depan kita suram#

    IRSYAD SAFRUDIN/XI IPA 6/15

    ReplyDelete
  14. @arif: Ibu Percaya kok kamu anak baik... pasti dapat pasangan yang baik pula...

    ReplyDelete
  15. @Pradipta Ari Wibowo: Ya... pacaran dengan yang beda agama sih.. gpp. Menikah dengan yang beda agama harus lebih dipikirkan lagi. Ibarat jika ingin melakukan perjalanan bersama hendaknya berangkat pada titik yang sama. kalau berangkat tidak dari tempat yang sama, jangan-jangan malah gag ketemu di jalan... ya gag???

    ReplyDelete
  16. @Gita: betul jangan bertengkar dengan cowok biar gag drop semangatnya... Nah, biar gag bertengkar gag usah pacaran.. kalo cuma berteman pasti gag ada pertengkaran...

    ReplyDelete
  17. memang banyak orang mengatakan kalau masa masa SMA itu masa yg paling indah dan biasanya juga diimbangi dengan ketertarikan kepada lawan jenis setelah itu pasti mereka akan menjalin sebuah hubungan cinta, dan biasanya dari hubungan tersebut ada sebuah hawa nafsu yg menginginkan mereka untuk berbuat hal negatif
    maka dari itu, kita pribadi harus mempunyai iman yg kuat agar tidak terjerumus ke dalam hal negatif tersebut
    pacaran sih boleh tapi asalkan membawa dampak yg positif dan bisa memotivasi kita untuk lebih semangat belajar, apabila saat itu kita masih ada masalah dengan pasangan kita harus menyelesaikan dengan kepala dingin dan tidak merugikan salah satu pihak

    BRILLIAN NISA
    XI IPA 5 / 09

    ReplyDelete
  18. pacaran masa-masa sma itu memang indah , tp alngkah baiknya kita berpacaran sehat agar tidak merusak diri sendiri dan untuk mempertahankan nilai seharusnya saling mendukung , agar nilai-nilai tidak anjlok dan bisa membuktikan kepada semuanya.


    nilam.dwi.k / xi ipa 5 / 17

    ReplyDelete
  19. cara mempertahankan hubungan indah di masa SMA adalah dengan menjaga hubungan dengan hal yang positif, tidak melakukan hal-hal yang negatif. Berpacaran pada masa SMA boleh-boleh saja asalkan dapat saling menjaga kehormatan dan martabat masing-masing pasangan serta dapat memberi motivasi kepada kita untuk lebih semangat belajar.

    Ersita Damayanti/XI.IA.6/13

    ReplyDelete
  20. cara menjaga hubungan indah berpacaran dalam masa SMA dengan cara melakukan hal-hal positif seperti saling membantu dalam belajar, saling memberikan motivasi untuk berprestasi, dan saling membekali diri dengan iman.

    Lalu bagaimana cara ibu andri menyikapi dan mengatasi jika ada saja siswi yang hamil setiap tahunnya ? sepertinya hal tersebut sudah rutin dan tidak menakutkan lagi untuk para siswi?

    NURUL RISTIANA
    XI IPA 6 / 22

    ReplyDelete
  21. Nita Pramana Sari / XI IA 5 / 18April 6, 2011 at 1:21 AM

    Menurut saya SMA adalah masa-masa yang penuh warna. Bagi saya pacaran adalah suatu motivasi belajar, namun untuk saat ini saya belum diperbolehkan berpacaran. Jadi, saya hanya harus menuruti larang ortu saya itu, meskipun terkadang hati saya sedih. Segala peraturan dan perbedaan yang ada, membuat saya jauh dari orang yang saya sukai.

    ReplyDelete
  22. PRADIPTA ARI WIBOWO / XI IA 5 /21April 6, 2011 at 1:26 AM

    Iya bu,..
    maaf bu menyanggah sedikit,katanya bu andri kan berpacaran dengan yang beda agama gpp.,
    tapi itu bukan berdasar dari cinta sejati,itu masih rasa suka,kalo saya dengan pasangan saya yang dulu itu ingin saling setia sampai ke jenjang nikah pada saatnya.
    sampai sekarang saya masih ttep setia dengan dia walau hubungan sekarang hanya pertemanan
    jika saya teruskan hubungan itu akan membuat salah satu terluka karena perbedaan tersebut

    ReplyDelete
  23. Astried Nadia Mayasari
    XI IPA 1 /06

    Menurut saya, hamil sebelum menikah memang kebanyakan membuat masa depan menjadi suram, karena kita belum mendapat cita-cita yang kita raih, malah menghancurkannya sebelum masa itu datang, selain itu berpacaran pada masa SMA bisa dilakukian secara positif dan tidak menyimpang, dan seimbang, apalagi kalau bisa untuk digunakan sebagai motivasi menambah semangat belajar, sehingga bukan malah memperburuk nilai,malah bisa mendapatkan nilai yang maksimal karena adanya motivasi tadi,  

    ReplyDelete
  24. masa-masa sma sangatlah indaah , bahkan kata orang yang sudah alumni berkata ''masa sma yang tidak bisa terlupakan dan banyak kenangan yang tak terlupakan" menurut saya memang benaar
    sayaa mengalaminya sendiri disaat saya masih SMA ini sayaa bisa menemukan teman-teman yang baik dan banyak masa-masa indah bersama teman-teman

    cara saya mempertahankan hubungan indah di masa sma agar tidak mempengaruhi prestasi belajar adalah kita saling mensport satu sama lain baik ke temen-temen atau lawan jenis (pacar).
    lebih banyak melakukan kegiatan aktivitas mengenai tugas-tugas sekolah dengan cara mengerjakan bersama teman-teman atau istilah belajar kelompok .

    dan kita harus bisa menilai tempat yang mana pantas di tempati atau tidak jika tempat tersebut tidak pantas kita tempati sebagai siswa pelajar SMA makaa iman kita harus kuaat dengan menjahui nyaa
    agaar kita tidak salah tempat pergaulan .

    ARDIRA ESTI K / XI IPA 5 / 07

    ReplyDelete
  25. kalau menurut saya kalo mau menjaga kesucian diri sih gamapang. kita sebagai wanita harus tahu diri dengan kondisi sekitar kita. kita juga tidak boleh memakai pakaian yang "mengundang mata". seperti layaknya remaja putri jaman sekarang yang "kejar-kejaran" sama tren mode fashion yang up to date. saya kira fashion yang diikuti remaja jaman sekarang yang kurang pantas untuk di terapkan di Indonesia. serta kalau perlu semua wanita semestinya memakai jilbab untuk tidak mengundang kaum "Adam" yang selalu mencari sesuatu yang indah.

    kalu soal pacaran. pacaran di indonesia adalah hal yang waja walaupun sebenarnya pacaran adalah gerbang menuju maksiat (itu kata Al - Qur'an) namun selama kita pandai memilih pasangan yang dapat menjagai diri, pandai, santun itu sah-sah saja. namun karena sekarang ini lagi musimnya cari pasangan yang tajir, ganteng, GAHOOL maka banya remaja putri yang hanya cari luarnya tapi gak cari dalemnya. tipe cowok sepertii itu yang kadang membuat para gadis mau merelakan segala-galanya untuk cinta butanya.

    maka carilah pasangan yang baik hati, sholeh/sholehah, cerdas, pintar, berwawasan, tidak merokok, rajin menabung dan apa adanya. dijamin selama berpacaran kita dapat manfaat dan dapat bertukar pikiran. :DD

    ASA AISA SABILA / XI IPA 1/ 05

    ReplyDelete
  26. menurut saya mempertahankan hubungan indah di masa SMA agar tidak mempengaruhi prestasi belajar adalah dengan cara saling mengerti satu sama lain, bahwa posisi mereka adalah sebagai pelajar yang mempunyai kewajiban untuk belajar. belajar lebih penting dari pacar. sebagai pasangan yang baik, seharusnya saling mengingatkan satu sama lain untuk tidak melupakan belajar sebagai kewajiban utama kita. pacaran di masa SMA kita jadikan sebagai sampingan saja, dan utamakan BELAJAR.

    ReplyDelete
  27. komentar diatas atas nama HEMAS ARINDA WAHYUNINGRUM XI IPA 5/12

    ReplyDelete
  28. Masa SMA adalah masa yang paling indah menurut saya, cara mempertahankan hubungan yang baik agar tidak mempengaruhi prestasi belajar adalah .
    Dengan berpacaran yang sehat, tidak melanggar norma-norma yang ada, saling mengerti dan memberi pengertian pada pacar bahwa belajar adalah yang utama untuk meraih masa depan yang sukses. Selain itu kita harus menempatkan pacar sebagai motivasi dalam belajar bukan hanya untuk kesenagan sesaat dan menjadikan dosa .
    Tapi tidak dipungkiri, kadang pacar justru membuat kita jengkel atau sebel karena ego masing2. Kita seharusnya bisa menjadikan pacar malah sebagai saingan dalam belajar agar kita saling termotivasi.

    Yunik Meigati T (XI IA 5/27)

    ReplyDelete
  29. Menurut saya, cara mempertahankan hubungan indah di masa SMA adalah dengan cara berpacaran sewajarnya saja . Tidak terlalu berlebihan, agar tidak mengganggu belajar kita. Kita harus menjadikan pacar sebagai suatu hal yang positif, misalnya teman belajar, cerita, atau untuk memotivasi belajar kita . Tidak selamanya pacar membawa pengaruh buruk, justru malah menjadi semangat untuk meraih prestasi. Saling mendukung dengan pacar dapat membuat kita saling mengerti belajar adalah hal yang paling penting. Kita juga harus berpacaran dengan jalan yang wajar, tidak melanggar aturan yang ada, misalnya aturan agama.

    Arief Wicaksono XI IA 5(08)

    ReplyDelete
  30. Dyna Fajar Octaviani (XI.IPA.1/11)April 6, 2011 at 5:29 AM

    kalo aku sih ya bu ya , jujur masih belum bisa dapet pacar sesuai hati nuraniku.
    tapi aku udah banyak diberi bekal banyak dari keluarga dan temen2ku, aku punya kakak dia udah pacaran selama 7 tahun waktu kelas 2 di SMA sampe sekarang mereka masih pacaran, aduh asyik banget liatnya. jurusan kuliahnya aja juga kebetulan bisa bareng, sampe sidang di perkuliahannya aja mereka juga bisa jadi partner. kalo sibuk gitu mesti maennya ke rumah, kalo aku punya PR sulit aja, aku minta ajarin ke pacarnya kakakku. untung pinter ples baikan juga orangnya. sekarang mereka udah mau diwisuda, bulan april ini diwisudanya. pacarnya kakakku tapi uda dari 28maret kemaren puji Tuhan udah dapet kerjaan di BRI sekarang disekolahin dulu 1 tahun di jakarta. tinggal nunggu deh :)
    jadi pacar yang baik tu pacar yang bisa memotivasi pasangannya, baik, setia, akrab dengan keluarganya dan keluarga pasangannya,
    kalo belum pacar, mendingan nunggu dan berusaha untuk mendapatkan pacar, jangan kesusu, sabar aja nantinya Tuhan akan mendengarkan doa kita.
    gitu aja ya bu , makasih

    ReplyDelete
  31. ismi Nurul insaniApril 6, 2011 at 6:21 AM

    menurut saya agar masa2 SMA tetap indah dalam berpacarn,yaitu dengan berpacarn dengan sewajarnya dan tidak melampaui aturan2 baik aturan agama maupun aturan lain yang berlaku di masyarakatyang ada serta mengisi pacarn dengan hal2 yang positif seperti belajar bersama,saling bertukar pikiran,menyelesaikan masalah bersama,dan saling memotivasi demi masa depan,dll.
    kita juga harus ingat untuk tidak melakukan hal2 yang belum saatnya kita lakukan.

    ReplyDelete
  32. menurut saya , masa2 di SMA akan tetap indah walau tanpa pacaran . sebab , selain pacaran masa2 SMA dapat di isi dengan bersenang2 dengan sahabat yang kita temukan dan segala kegiatan positif yang ada .

    arinda nurul/XI IPA 1/04

    ReplyDelete
  33. menurut saya kalo pacaran di SMA dan prestasi tetap terjaga tidak masalah, artinya selalu saling memberi motivasi pada pasangannya masing-masing. Dengan cara ini prestasi akan selalu terjaga dan hubungan di masa SMA juga akan menjadi indah.

    Satrio Wahyu XI-IA 6/27

    ReplyDelete
  34. memang benar kalo masa-masa SMA itu masa terindah apalagi jika mempunyai tambatan hati..hehe
    tidak munafik sebagai anak muda muda masa sekarang, sebagian besar sudah pernah ciuman dengan pasangannya meskipun 1x. bahkan ada yang sampai melakukan hubungan seksual hingga hamil. tetapi jua tidak dapat dipungkiri kalo pacaran tidak ada ciuman itu rasanya sprti sayur tnpa garam, bahkan mereka beranggapan hubungan mereka bsa langgeng/bertahan lama karena salah satunya mendapatkan ciuman (itu kata teman-teman saya..hehe).tetapi menurut saya, ada cara lain untuk bisa mempertahankan hubungan tanpa mengganggu prestasi belajar dan tanpa sex.. kita harus saling prcya, saling mendukung memotifasi untuk belajar,saling mengingatkan satu sama lain.. menurut pribadi saya, jika pasangan yang meminta hal hal semacam itu brrti tidak sepenuhnya sayang. karena jika pasangan kita bner-bner sayang dengan kita maka dia akan menjaga kita, tidak mlah merusak kita seperti itu dan merusak masa depan kita.. tetapi jika dia memaksa putuskan saja,,hehe krna itu hanya nafsu ! berpacaranlah dengan sehat ! KEEP VIRGINITY

    ReplyDelete
  35. menurut saya cara mempertahankan hubungan yang indah saat SMA adalah dengan berpacaran yang sehat, pacaran bukanlah tempat untuk melampiaskan hawa nafsu ,seharusnya pacaran digunakan untuk mengerti satu sama lain,saling menyemangati, saling menghargai,dan saling membantu dalam hal belajar. Jadikanlah pacar seperti sahabat maka tidak akan ada penyimpangan. Walau sebenarnya, tanpa pacaran masa-masa SMA akan tetap indah karena adanya sahabat, kalaupun sahabat tidak seperti yang saya harapkan tetapi saya lebih memilih mempunyai sahabat dari pada mempunyai pacar (untuk saat ini) karena saya pikir bahwa pacaran itu sangat menggangu belajar saya dan waktu saya serta tidak mungkin org yang saya cintai akan mencintai saya.
    ~sekian~

    ReplyDelete
  36. high school is a wonderful moment,
    (=
    Dimana kita menemukan banyak hal yang terasa lengkap sebagai remaja,
    berteman,berpacaran,dan bersosialisasi secara lebih dewasa. Jatuh Cinta saat senior high school memang sangat indah.Namun pernah juga cinta itu terasa sakit.Yang membuat hati cenat-cenut(hehehe).
    Lagipula banyak orang mengakui,termasuk saya bahwa pacaran lebih banyak dampak negative nya.Ada yang bilang untuk mensupport atau apalah itu,tetapi kenyataanya kita pasti hanya berkonsentrasi lebih banyak pada salah satunya saja..yaitu "pacar".Mungkin bagi orang yang bisa menyeimbangkannya mereka menolak argumen tersebut,tapi saya jujur tidak bisa berkonsentrasi sepenuhnya kepelajaran saat mempunyai pacar.
    Untuk saat ini,biarkan cinta menghiasi hati kita saja,karena tuntutan akan meraih masa depan yang cemerlang lebih penting.Berikan rasa sayang dan cinta ini kepada keluarga,teman,dan orang orang yang menyayangi kita.
    Lagipula saya akan selalu ingat kata-kata bu andri,"orang baik pasti akan mendapatkan yang baik pula." meskipun saatnya kapan kita tidak tahu. =)
    thx

    Puspa Merah.R/XI IPA 5/ 22

    ReplyDelete
  37. cinta itu memang anugrah yang paling indah dari Tuhan, cinta tidak mengenal usia, gender, kaya miskin, atau yang lainnya. Pasti semua sudah pernah merasakannya, terutama saat remaja. Cinta itu bisa membuat orang jadi senang, sedih, marah ( karena cemburu, hehhe, dan rasanya Nano-nano dehhh, Tai kucing aja bisa jadi rasa coklat. hhehe.
    Menjalin hubungan ( bagi yang sudah punya pacar)ketika SMA agar tidak mempengaruhi prestasi yang benar menurut saya, dengan cara saling mengerti dan dan saling memberi semangat atau motivasi, karena semangat atau motivasi yang diberikan oleh orang yang kita sayangi dapat memacu semangat yang lebih baek.Walaupun kadang ketika ada masalah, hali ini akan mengganggu kita.Ini semua tergantung bagaimana kita dapat mengatasinya, karena kalau seseorang sudh berani pacaran khususnya ktika masih pelajar dia harus tau konsekuensinya.
    Bagi yang belum punya pacar, mungkin itu lebih baek. Karena fokus kita pada pelajaran tidak terpecah-pecah.

    Anindya kurnia puteri XI.IA.05 / 05

    ReplyDelete
  38. Inas Nadia H/XI IPA 1/14

    menurut saya, berhubungan baik dgn banyak org itu perlu, kita dapat saling berbagi dlm segala hal, tanpa harus mengikatkn hubungan tsb dlm hubungan yg special atau pacaran. namun jika kita berniat untuk pacaran kita harus mampu menjaga diri, mampu mengontrol emosi yg kadang tidak terkontrol karna perasaan cinta yg menggebu2. oleh sebab itu, kita harus utamakan logika daripada emosi atau perasaan semata.

    ReplyDelete
  39. caranya dengan mengatakan TIDAK kepada pacar kita
    bila ia meminta cium dengan tegas katakan tidak ! !
    karena ciuman adalah awal dari hubungan sex
    untuk menjaga hubungan kita saat SMA maka kita harus mrnghindari berduaan di tempat sepi, agar terhindar dari hal-hal negatif
    untuk lebih gampangnya , jangan anggap pacar kita itu sebagai suami/istri . . anggap pacar kita sebagai teman yang selalu memberi dukungan untuk belajar, bila nilai kita jelek maka akan merasa malu dengan pacar
    sehingga secara otomatis , kita akan lebih giat belajar

    NURYANITA PITRI / XI-IPA 5 / 20

    ReplyDelete
  40. Saya selalu menganggap pacar saya sebagai penyemangat dalam belajar
    meski tujuan utama saya adalah belajar, tetapi dengan mempunyai pacar maka akan membuat kita merasa semangat untuk sekolah, karena ingin bertemu pacar kita
    dan pada saat kita punya problem tentang pelajaran maka kita dapat bertukar informasi dengan pacar
    pokoknya hubungannya jangan terlalu serius, anggap saja sebagai sahabat yang selalu ada dlm masalah apapun
    agar terhindar dari perbuatan negatif, maka kita harus menghindari berduaan di tempat sepi
    jangan mencoba hal-hal seperti ciuman/lainnya, karena itulah jalan awal menuju sex
    kuatkan iman kita dengan cara selau mengingat ALLAH SWT
    dan hindari melihat bacaan/film yang berbau porno

    RIZKY NANDA / XI-IA 3 / 28

    ReplyDelete
  41. Cinta itu buta, yaa inilah ungkapan yang sering orang katakan ketika ia sedang kasmaran. Apalagi bagi anak SMA yang di usia inilah mereka mulai mengenal apa itu cinta. Menurut saya dalam menjaga hubungan harus mengedepankan logika. Peran orangtua juga sangat diperlukan agar tidak terjadi hal hal yg tidak diinginkan.

    AFRIZAL MAULANA ERZAD. XI.IPA.1/2.

    ReplyDelete
  42. adi darmawan S/XI IA 5 / 01

    Masa depan kita itu hanya kita yang bisa menentukkan sendiri.Orang tua itu hanya bisa mengarahkan kita kejalan yang baik.Apalagi seperti anak anak SMA jaman sekarang,usia usia anak SMA adalah usia produktiv dan mudah sekali untuk terpengaruh hal hal yg tidak seharusnya dilakukan oleh anak SMA.Jika kita melakukan h al negativ sedikitpun,itu akan mempengaruhi masa depan kita dan kita juga terancam mengalami MADESU (Masa Depan Suram).Hal hal yg bisa membuat masa depan anak terancam itu bnyak.Sebagai contoh Merokok terlalu dini,Minum minuman keras,yang paling prah adalah sex bebas.Mengapa demikian?,karena sex bebas itu fatal sekali akibatnya,jika terjadi kehamilan pada pasangan kita,kita juga akan menganggung aib dan mungkin tidak akan bisa menempuh pendidikan lagi.
    Maka jikaa kita tidak ingin mempunyai masa depan yang suram,kita harus bisa jaga sikap kita dan perilaku yang positive positive saja.

    ReplyDelete
  43. Menurut saya pacaran d masa masa Sma kadang membawa k hal hal yg Positif. Tinggal bagaimana kita menyikapi dan menjalani masing masing individu tersebut.
    Pacaraan yang sehat pun kadang bayak memberikan motivasi kepada mereka yang menjalininya. Seperti mengingatkan belajar,sholat dan lainyaa.

    NUR FRIDA ARIANI / XI.IPA.5 / 19

    ReplyDelete
  44. menurut saya wacana tsb sama dengan pribahasa cinta itu buta haha. pacar itu bisa dianggap sebagai teman, sahabat, kelompok diskusi, bahkan musuh jika terjadi perbedaan pendapat. anggaplah pacar itu sbg seseorang sebagai penyemangat belajar. karena pacar bisa mengingatkan kita apabila kita lupa membuat tugas, atau lupa belajar.
    Dan untuk itu pula kita harus menjaga sesuatu yg berharga yaitu keperawanan. seorang lelaki yg baik pasti tidak akan merusak perempuan yg dicintainya. dia pasti akan menjaga perempuannya seperti dia mencintai ibunya. jika kita mendapat pacar yg sebaliknya, maka kita harus bersikap tegas bahwa dia bukanlah yg terbaik untuk kita :') jangan hancurkan masa depan kita dengan sesuatu yg hanya memberikan kenikmatan sesaat

    Nabila Rizka H. (XI IPA 1-19)

    ReplyDelete
  45. Putra Yuli Ariadi/XI IA 6 / 23

    Menurut saya pacaran di masa SMA sangatlah indah dan nyaman apabila pacaran tersebut dilakukan dengan hal hal yang positif, contohya apabila kita dalam kesusahan dalam mengerjakan tugas kita bisa bertanya dengan pacar. dan apabila kita merusak hubungan pacaran dengan melakukan hubungan sex itu lah hal yang sangat buruk dalam berpacaran.
    maka dari itu kita harus bisa jaga sikap dalam berpacaran supaya pacaran di masa SMA masa-masa yang terindah dan tidak bisa dilupakan.
    ^_^

    ReplyDelete
  46. Menurut saya, cara mempertahankan hubungan indah di masa SMA adalah dengan cara berpacaran sewajarnya saja tidak terlalu berlebihan , selalu memberikan motivasi dlm hal apapun, melakukan hal yg positif seperti dlm hal belajar, dari situ kita bisa termotivasi dg pacar untuk meraih prestasi lebih drnya. Dan salah satu hal yg penting adalah saling pengertian antar satu dg yg lain, itu jg yg dpt menjadikan pacaran itu indah dan tak lupa tidak mementingkan hawa nafsu didlm menjalin hub. pacaran.

    Sany Husnainy XI IA 5/25

    ReplyDelete
  47. Ardhan Ibadi/XI-IA5/6

    menurut saya cara mempertahankan hubungan di masa SMA yaitu dengan melakukan Hal-Hal yang baik. seperti saling membantu satu sama lain. Untuk masalah Cinta atau pacaran saya belum mengerti apa-apa bu, saya belum pernah pacaran, memang sih saya punya cinta untuk seseorang tapi,, biarlah Tuhan yang mengatur semua. Untuk itu lebih baik kita berikan Cinta kita yang utama adalah Tuhan, karena Tuhan yang menciptakan kita, Tuhan Yang mengasihi kita, dan yang kedua adalah orang tua dan keluarga karena mereka membuat kita bisa berdiri sampai saat ini, mereka memberikan arti yang begitu dalam kepada kita. hihihi...
    n_n

    ReplyDelete
  48. Naufal Andityanaka G XI IA 5/16

    Menurud saya , pacaran itu boleh saja asal jangan di lebih-lebihkan . Pacaran dalam umur yang belum sewajarnya hanya untuk memberikan motivasi bagi para pasangannya . Memberi motivasi agar saling positif . Pacaran juga tidak untuk mengumbar nafsu . Karena kebanyakan orang berpacaran hanyalah sebatas nafsu belaka . Banyak juga kasus hamil di luar nikah , hal tersebut hanyalah kesenangan semata yang hanya memikirkan nafsu . Mereka tidak memikirkan masa depan tetapi hanyalah memikirkan kesenangan mereka .

    ReplyDelete
  49. >_< blum pernah pacaran hehehe...
    mau sekolah yang bener dulu... hehehe ^_^
    mungkin kalo pacaran yg sehat aja agar tidak mempengaruhi belajar...
    kalo pacaran jangan lupa untuk selalu jaga pikiran, perilaku dan jiwa jangan sampai terjerumus ajakan setan... dan kalo pacaran ajak orang lain buat nemenin saat pacaran... haha
    mungkin gitu ya bu hehehe...

    Tetap sehat... Tetap semangat... agar kita bisa komenan lagi poko e maknyus...

    Zulfa Masian Ahmad XI-IA-6 30

    ReplyDelete
  50. ARUM S. ☺
    XI-IPA.6 / 08

    SMA adalah masa-masa indah dimana kita mulai bersosialisasi dengan banyak orang, kita mulai mengenal hal baru di masa ini. Salah satu nya adalah "pacaran". Pacaran menurut saya boleh2 aja selama pacaran tersebut sehat dan sepengetahuan orangtua. Jujur saja saya berpacaran dari SMP, namun saya tidak pernah 'backstreet' dari orangtua saya. Saya selalu sharing kpd ibu dan selalu terbuka. Ibu saya pun tidak melarang berpacaran asalkan tau norma dan etika dan yang paling penting prestasi tetap unggul.

    Mempertahankan hubungan indah di masa SMA sangat mudah, asalkan kita masih mempunyai iman dan taqwa. Dan selalu terbuka kepada orangtua khususnya Ibu. Karena beliau lebih berpengelaman, sehingga dapat mengarahkan kita ke hal yn indah. Selalu menjaga komunikasi yg baik dg pacar kita, saling support dan menjaga. Dan tak kalah penting nya pacaran itu harus SETIA dan SABAR .

    Masa depan harus mulai terkonsep sejak sekarang, jangan terus-terusan terlena nikmatnya duniawi. Kita harus mulai menata masa depan. Dengan otak yn sehat, hati yn suci, pikiran yn jernih serta semangat dari orang-orang tersayang akan mampu mewujudkan mimpi-mimpi indah kita. cayooo ☺

    ReplyDelete
  51. Ardian Andy
    XI-IPA-3/7

    Itu semua tegantung pada diri kita bagaimana menyikapinya. karena hal itu juga tergantung pada kepribadian diri masing2. Namun, apakah kepribadian itu muncul dengan sendirinya?...tentu saja tidak, karena membangun sebuah kepribadian memerlukan suatu proses yang rumit, tidak bisa dikatakan instan. entah itu dipengaruhi oleh keluarga, masyarakat sekitar atau lingkungan sekitar. maka dari itu, marilah kita pupuk diri kita dengan hal yang positif. sehingga kelak kita dapat tumbuh menjadi pribadi yang baik pula.

    ReplyDelete
  52. Masa SMA adalah masa yang paling indah, masa itu semakin lebih indah lagi apabila kita diberi kekasih yang melengkapi hari – hari kita. Namun keberadaan kekasih pada saat ini bukan hanya untuk melengkapi hidup kita, tetapi juga sebagai pendorong / motivator pada diri kita dalam hal apapun yang benar. Tidak seharusnya seumuran kita sudah merasakan hal dimana kita belum siap / belum matang untuk menghadapi apa yang namanya berkeluarga. Maka apabila kita sudah mempunyai kekasih, hendaknya kita menjaga hubungan itu sebaik – baiknya. Berpacaran boleh saja, akan tetapi harus mempunyai batasan – batasan tersendiri, seperti halnya berpacaran sesuai dengan keadaan dan waktunya, tidak melakukan hal – hal yang tidak sewajarnya, seperti “berciuman, bahakan sampai melakukan hub. Seksual”, dapat membagi waktu dimana kita harus belajar dan berpacaran agar tingkat prestasi kita tidak turun, saling memberi pengertian satu sama lain.
    Jadi dalam suatu hubungan ( berpacaran ) hendaknya kita jangan mengikuti hawa nafsu saja, tetapi kita juga harus berfikir apa resikonya agar kita tidak menjadi suram dikelak nantinya. Karena prestasi adalah kunci untuk mendapatkan suatu kesuksesan dikelak nantinya.

    NIKO FITRIANTO / XI-IPA-1 / 20

    ReplyDelete
  53. Dengan cara pacaran yang sehat, misal pacaran itu dijadikan sebagai spirit belajar atau menjadi semangat belajar agar memiliki pacuan untuk belajar, jd jg bukan untuk seneng seneng bu, nanti nek pacaran trus sekolahe keter, hehehe.....

    Bayu Chandra Gumilang/9/XI IA 3

    ReplyDelete
  54. cinta itu buta,buta itu cakil,cakil itu.....hahaha

    pacaran di masa SMA sih tidak apa2 tetapi kita harus mengontrol diri lah jangan sampai kelewatan,caranya rajinlah beribadah,berdoa dan selalu meminta ampunan kepada Allah Swt ,pacaran juga bisa menambah motivasi kita dalam belajar misal kita berpacaran dengan teman satu kelas ,kita bisa lomba mendapatkan nilai paling baik...

    Satria jabbaruddin/XI IA 1/24

    ReplyDelete
  55. F.A .Mahendrayana/IX.IA-3April 8, 2011 at 5:42 AM

    cinta itu indah apa lagi di masa SMA ini
    ,tpi lbih indah lagi kalau kita berpacaran yg sehat...
    ,dengan cara pacaran yang sehat pacaran yg dapat memotifasi kita menjadi lbih baik dan slalu berpikiran positif ...
    ,

    ReplyDelete
  56. Stephanus Pradipta A.W XI IPA-1/27April 8, 2011 at 5:55 AM

    "PACARAN" itu sudah sejak lama menjadi hal yang biasa terutama dikalangan SMA,dan terkadang diusia belasan seperti kita ada beberapa orang yang mempunyai pemikiran, Hidup itu gag indah jika tidak mempunyai seorang pacar (tetapi semua itu tergantung dengan pribadi kita masing-masing). menurut saya pacaran yang sehat, jika pacaran itu dalam restu orang tua, dan pacaran dilakukan masih dalam batas,pacaran itu sah-sah saja asal tidak mengganggu konsentrasi belajar namun memberi semangat .
    Masa pacaran yaitu proses kita mulai belajar untuk menerima kekurangan atau kelebihan seseorang, belajar untuk bersabar, setia, saling memahami, memberi semangat terutama dalam belajar , memang terasa berbeda ketika semangat dalam belajar, yang diberikan oleh pacar.
    Dengan pacar pula kita tidak hanya bisa share tentang masalah atau kejadian yang kita alami namun dalam mata pelajaran yang kurang kita pahami kita dapat share dengan pacar.
    Dan yang akan selalu kita ingat, masa depan kita masih panjang untuk menggapai impian kita, janganlah terbuai karna cinta, yakinlah jika seorang yang anda cintai memang mencintai anda dengan setulus hati, pasti tidak akan berbuat yang aneh-aneh diluar batas-batas pacaran, karena pacar yang mencintai kita dengan setulus hati tidak akan membuat masa depan menjadi hancur karena pacaran tidak sehat.

    ReplyDelete
  57. ferronica/XI.IA.3/16April 8, 2011 at 6:03 AM

    Menurut saya cinta itu adalah suatu anugerah yang indah, patut dipertahankan, dan terasa manis saat dikenang. Namun saat cinta itu telah dikotori dengan hawa nafsu yang merenggut kesucian seorang gadis belia dan menanamkan sebuah benih dalam rahimnya itu bukan lagi dinamakan cinta, melainkan obsesi atau rasa ingin tau tentang suatu hubungan persetubuhan. Hal itu bagi saya sangat diharamkan, apalagi diusia dini, lebih baik kita mengetahui tentang sex lebih dini dari orang tua atau guru sekolah, daripada kita mencari tau dari orang yang salah atau rasa penasaran yang mengakibatkan suatu penyesalan. Tapi tak ada salahnya bila kita berpacaran yang sehat, sekedar untuk menambah pergaulan, dan saling bertukar pandangan atau ilmu.

    ReplyDelete
  58. Sebenarnya cara berpacaran itu tergantung dari masing-masing pasangan itu sendiri. Bagaimana kita bisa mengatur antara berpacaran dengan aktivitas belajar. Karena sebenarnya pacaran itu untuk saling mengetahui satu sama lain. Jadi berpacaranlah dalam kategori-kategori yang masih dalam kata wajar.

    Ayu Fitriyanti /XI IPA 3/ 08

    ReplyDelete
  59. Pacaran di sekolah? Kenapa tidak! Masa SMA, adalah masa yang indah! Di masa remaja kita kenal yang namanya persahabatan dan cinta. Anak-anak remaja jaman sekarang, kebanyakan menghabiskan waktu di sekolah daripada di rumah. Pacaran memang hal-hal yang lazim di sekolah. Tapi banyaknya beban sekolah, pacaran dijadikan pelampiasan dan bikin pacaran jadi tidak sehat atau melenceng. Sekolah sering digunakan sebagai tempat pacaran, karena waktu yang pelajar habiskan lebih banyak disana.
    Cara mempertahankan hubungan agar tetap indah di masa SMA adalah pertama dengan pendekatan diri kepada Tuhan YME artinya kita harus mengerti norma – norma yang diajarkan oleh agama kita masing – masing. Kedua sebagai penyemangat atau memotivasi diri, artinya dalam berpacaran sambil belajar juga akan lebih semangat lagi. Ketiga memperkenalkan pacar kepada orang tua, artinya bukan dengan cara kita memperkenalkan pacar kepada orang tua berarti akan menikahi pacar, tetapi dengan memperkenalkan kepada orang tua maka kita akan berfikir perasaan mereka kalau kita macam-macam dalam pacaran

    Arifna Dwi P/XI IPA 6/7

    ReplyDelete
  60. Maria Tri Candra .S /22/XI IPA 3April 9, 2011 at 9:46 AM

    SMA itu masa terindah dimana banyak hal yang sungguh mengesankan terjadi di masa ini. Lagunya aja ada "Kisah kasih di sekolah, yang paling indah. tiada masa paling indah selain kisah kasih di sekolah". Hhe,
    Di saat itu juga kita mengenal sedikit lebih dalam dengan yang namanya pacaran. Pacaran sebenarnya tidak bermasalah atau fine-fine aja jika diantara mereka yang berpacaran saling mensuport satu sama lain, memberi dukungan dan memberi semangat dlm belajar.Inilah pacaran yang sehat, namun pacaran akan bermasalah jika di antara mereka dalam berpacaran melakukan "hal-hal" yang seharusnya belum boleh mereka lakukan karena memang belum waktunya.Agar masa-masa indah di sekolah yang sungguh indah tidak menghancurkan diri kita, maka kita butuh pengendalian diri untuk bisa membedakan mana yang boleh dilakukan dan tidak. Pacaran boleh namun jika saling menyakiti, lebih baik tunda dulu waktunya untuk berpacaran, fokus belajar setelah sukses baru merajut benih-benih cinta kembali yang jelas latih pengendaliaan dirimu dan gunakan saat memang diperlukan agar tidak terjadi penyesalan yang selalu datang di pengakhiran.

    ReplyDelete
  61. Masa muda adalah masa yang paling menyenangkan dari segala masa dalam kehidupan kita, dimana bisa berbuat apa saja. Bahkan kita bisa bertemu lawan jenis kita yang kita anggap paling terspesial dalam hidup kita. Pada saat SMA ini adalah masa – masa yang paling indah, masa – masa ini semakin lebih indah lagi kita berpacaran yang wajar – wajar saja. Artian pacaran yangwajar adalah harus mengetahui etika – etika dalam berpacaran dan cara berpacaran yang sehat, Berpacaran yang sehat adalah berpacaran yang dilandasi oleh keimanan dan ketakwaan seseorang kepada Allah SWT. Cara berpacaran yang sehat pertama adalah kita jangan terlalu sering bertemu dengan pacara saat pelajaran, kita tidak mau kan hanya memikirkan pacaran saja sedangkan pelajaran kita tertinggal. Kedua jangan melihat film porno, karena bila kita melihat film porno secara tidak langsung kita mengurangi kemampuan otak dalam menyerap dan memahami pelajaran. Ketiga jaga diri dalam pasangan pacar yang baik adalah pacar yang menghormati dan menjaga harga diri pasangan.

    Afifatul Hidayah XI IPA6/2

    ReplyDelete
  62. masa SMA adalah masa-masa yang indah. masa-masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa. masa-masa sma dihiasi dengan jatuh cinta, patah hati, bermain bersama teman-teman dan memiliki seorang kekasih.
    menurut saya cara mempertahankan hubungan yang indah dan tdk menurunkan prestasi belajar dengan cara pacaran sehat.
    pacaran yang sehat dapat dilakukan dengan adanya rasa percaya antara satu dengan yang lainya.
    pacaran tidak harus malam minggu keluar bersama pacar melainkan dapat dialihkan dengan belajar / mengerjakan tugas bersama dengan pacar *pasti tambah semangat deh belajarnya :)
    contohnya saja, apabila pasangan kita mahir dlm suatu pelajaran, dan kita meminta untuk diajari, kita juga dpt bertukar pendapat.
    memotivasi pasangan untuk belajar, mengingatkan tugas" sekolah, mengingatkan untuk beribadah, saling menasehati dan saling mengerti satu sama lain :)
    pendekatan dengan keluarga pasangan juga perlu.
    boleh" saja sesekali pergi ke suatu tewmpat atau bermain. tapi jangan lupa dengan namanya membagi waktu. kita harus tau kapan kita bermain dan kapan kita harus belajar.

    ghaida nisa / xi.ipa.1 / 13

    ReplyDelete
  63. masa sma adalah masanya remaja mencari jati diri.
    ( bukan lapangan sepak bola bu ) di masa ini anak-anak SMA banyak yang berpacaran demi mendapatkan jati drinya namun tidak semua menggunakan masa pacaran dengan positif namun sealiknya. namun ada cara agar kita tidak terjerumus saat berpacaran yaitu dengn berpegangan pada agama dan selalu ingat kepada ALLAH. karena dengan begitu kita tidak akan salah jalur karena agama tidak akan mengajari kita bepacaran dengan berfikiran negatif namun dengan cara berfikir positif. dan tidak akan menjerumuskan ke arah yang salah..JIKA KITA SELALU BERPEDOMAN SEPERTI ITU (MADESU) TIDAK akan MENGHAMPIRI KITA. namun keharmonisanlah yang akan selalu menghampiri kita. maka selalulah berfikiran dan bersikap positif saat berpacaran.

    ^.^ Irawan Wisnu Wardhana /XI_IPA 6/ 14

    ReplyDelete
  64. menurut saya, pacaran yang baik itu adalah pacaran yang bisa saling memotivasi satu sama lain khususnya soal pelajaran.
    mungkin banyak dari remaja sekarang yang pacarannya negativ. tapi itu tergantung dari diri kita sendiri bagaimana membawa hubungan itu agar tidak merugikan satu sama lain .
    kalau salah komentar maav yaa buu Andri .
    hehe...

    ReplyDelete
  65. Masa-masa di SMA memanglah indah kalau kita rasakan. Tetapi haruslah kita menyadari bahwa kisah cinta di SMA tidaklah bersifat lama.
    Untuk mempertahankan kisah cinta yang indah itu kita harus saling memotivasi satu sama lain dan saling menjaga perasaan satu sama lain agar tercipta hubungan yang harmonis.

    Dan menjalani hubungan yang sehat dan tidak melanggar norma-norma agama. Dan jangan sampai mengganggu pelajaran sekolah. Dalam berpacaran kita jangan sampai melakukan perbuatan yang tidak terpuji sebab masa depan kita masih panjang. Jadi jangan sampai pacaran merugikan kita.

    Nindia Noviastuti/xi.ia 6/20

    ReplyDelete
  66. Ria Ekanindya W
    XI. IA. 5 - 24

    Masa yang paling indah di SMA adalah masa-masa tidak bisa dilupakan oleh banyak siswa-siswi SMA. kisah cinta remaja sering dirasakan oleh banyak remaja seumurannya. percintaan, persahabatan dan permusuhan adalah konflik yang paling familiar dalam jenjang SMA. banyak sekali pengalaman dan kehidupan baru dalam menjalani indahnya masa SMA. begitupun dengan cinta. dalam masa SMA, kata pepatah "cinta itu tai kucing rasa coklat". terkadang membuat kita senang, bahagia dan sedih. dalam mempertahankan hubungan kita dengan pasangan adalah hal yang terpenting dalam hubungan cinta. bagaimana cara kita mempertahankan hubungan dengan pasangan kita namun tidak mempengaruhi pendidikan di sekolah ?. cara itu yang paling susah untuk setiap hubungan.
    Cara yang paling tepat adalah dengan kita saling mengerti satu sama lain pasangan kita. dengan belajar kelompok, tukar fikiran bersama dan saling mendukung adalah kunci utama suatu hubungan agar tidak mengganggu pendidikan di sekolah, tidak mempengaruhi nilai dan prestasi belajar di sekolah :)

    ReplyDelete
  67. Pacaran .Awalnya saya tidak terlalu menyukai berpacaran , melihat selalu adanya korban-korban berpacaran seperti patah hati ,dll. Saya selalu memikirkan akan masa depan saya .
    Tetapi suatu hari saya menemukan seorang laki-laki yang menurut saya "biasa saja" pada awal pertama bertemu. Tetapi setelah saya tahu lebih dalam bagaimana karakteristiknya , saya sangat menyukainya . "Biasa saja" inilah yang menjadi kelebihan buat saya. Dia selalu membantu saya dalam hal apapun ,seperti pekerjaan sekolah dan sebagai motivasi saat belajar, bahkan saat keluarga saya kesulitan dia selalu ada buat saya . Memang inilah yang saya cari . Bukan kehidupan yang glamor dan menghambur-hamburkan harta orangtua, menyombongkan diri bukan karna talentanya tetapi karena kehidupan sosialnya .
    Semenjak pacaran saya dan "dia" mempunyai prinsip agar hubungan kita selalu mengarah hal yang ke positif agar langgeng.Karena hal ini sungguh nyaman jika dijalani. Jika ada salah satu yang berbuat salah, satunya membenarkan dan mencari jalan terbaik bersama . Harus saling mengalah , sabar dan setia .

    Yang terutama kita harus bersyukur dan ingat kepada TUHAN , bahwa dia adalah pemberian dari Tuhan jadi jangan pernah menyalah gunakan kesempatan ini justru kita menjaganya jangan sampai terluka .



    ADJENG ANGELA KARTIKA
    XI IA 3/04

    ReplyDelete
  68. banyak yang bilang bahwa masa masa SMA lebih indah.karena segala hal bisa kita temukan.dan masa SMA adalah masa peralihan dari anak anak menjadi remaja.dimasa raja sering kali perasaan menjadi labil.dan akan mengenal yang namanya pacaran.ketertarikan antar jenis yang didasari dengan rasa saling menyukai dan menyayangi.menyayangi bukan harus memiliki semuanya apa yang mereka inginkan dan jangan berdasarkan nafsu.menyayangi yaitu harus menjaga apa yang mereka miliki jangan sampai semuanya rusak karna nafsu.pacaran yang baik dan wajar adalah pacaran yang tidak melibihi batas dan dapat menjaga satu sama lain.

    Nurmadea Sandra F/XI IPA 1/22

    ReplyDelete
  69. Kita boleh saja berpacaran meskipun masih SMA . Tapi kita juga harus bisa jaga diri supaya pacaran kita itu tetap sehat . Arti pacaran menurut saya yaitu saling memotivasi satu sama lain dan tetap berpikir positif dalam menjalankannya .

    Sella Swastika K
    XI IA 6 / 28

    ReplyDelete
  70. Banyak orang yang bilang masa SMA itu memang sangat menyenangkan. namun jangan sampai keindahan itu sampai hilang begitu saja. kita harus tetap menjaganya . seharusnya berpacaran pada saat SMA membuat kita lebih semangat untuk belajar. bukan hanya untuk membuat kita ke dalam hal yang merugikan diri kita .


    ALVIANITA AGISWI / XI IPA 6 / 04

    ReplyDelete
  71. Sebaiknya kita pintar-pintar memilih teman dalam pergaulan . Teman yang baik akan memberikan contoh yang baik dan mengarahkan kita jalan yang benar . Yang terpenting adalah belajar yang tekun dan capailah cita-citamu jangan memikirkan hal-hal yang muluk-muluk sebelum impianmu tercapai .

    nita Annastasia / XI IA6/21

    ReplyDelete
  72. menurut saya masa-masa SMA itu adalah masa-masa yang indah, dan masa SMA ini adalah masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Pacaran itu menurut saya boleh" saja, asalkan kita tau batas-batasnya, dan kita juga harus terbuka kepada kedua orangtua kita, jujur saja saya mulai pacaran sejak kelas 2 SMP, tetapi saya kalau pacaran selalu jujur terhadap orangtua, ibu saya tidak pernah melarang saya untuk pacaran dan ibu saya selalu mengingatkan kepada saya dan pacar saya untuk pacaran sehat, saling mendukung, dan ibu saya juga selalu mengingatkan saya untuk tetap bertaqwa kepada ALLAH supaya selalu dilindungi dari hal-hal yang negatif

    ReplyDelete
  73. Dimasa-masa SMA ini adalah masa-masa yang sangat indah sekali , dan masa-masa SMA ini adalah masa-masa peralihan dari anak-anak menjadi dewasa, menurut saya pacaran itu bolehboleh saja asalkan kita tau batas-batasnya, dan kita harus terbuka kepada kedua orangtua, kita harus mengenalkan pacar kita kepada orangtua kita ,ibu saya tidak pernah melarang saya untuk pacaran asalkan pacar saya dikenalkan kepada ibu saya, dan saya sering sharing kepada ibu saya ketika saya ada masalah dengan pacar saya. Ibu saya juga sering sekali mengingatkan saya dan pacar saya agar tetap pacaran sehat, saling mendukung, dan yg pertama bertaqwa kepada ALLAH agar tetap dilindungi dari hl-hal yang negatif.

    NADYA OLIVIA W/XI IPA 6/19

    ReplyDelete
  74. Sebaiknya kita membatasi diri kita dan harus pintar-pintar mencari teman yang baik bagi kita semua. Jangan lupa berdoa kepada Allah SWT supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan

    Naufal Haidar A.
    XI IPA 3 / 23

    ReplyDelete
  75. masa SMA adalah masa yang paling indah. janganlah kita rusak masa depan kita dengan pacaran yang tidak sehat.
    pacaran dapat mendukung kita belajar, sebab kita dapat mengerjakan tugas bareng, dengan kita punya pacar itu malah menjadi spirit baik untuk kita lebih giat belajar.
    pacaran dapat membuat kita ingin berprestasi dalam pelajaran disekolah karena kita ingin memperlihatkan bagaimana semangatnya kita dalam belajar kepada pacar kita.
    janganlah berfikir pacaran hanya bercium-ciuman saja!
    tapi pacaran juga dapat memberikan dampak positif untuk semangat belajar ..
    belajar lebih penting daripada pacaran !!!!!
    preestasi number one :)
    FABRIARNI IRMADELA / 13 / XI IPA 3

    ReplyDelete
  76. pacaran itu sebenarnya ada nilai positif dan nilai negatifnya ,tergantung kita yang menyikapinya.Tapi Jika kita bisa memanfaatkan masa SMA ini dengan pacaran yang baik-baik dengan tujuan agar memotivasi agar kita bersemangat dalam belajar maka hasilnya akan memuaskan.Tapi dengan catatan pacarannya yang sewajarnya saja ,tidak usah berlebihan misalnya : cium-ciuman dll. Karena itu adalah awal menuju jurang kemaksiatan

    ReplyDelete
  77. pacaran sehat . jadi tidak hanya sayang-sayangan saja, tapi juga jadikan pacaran itu sebagaipemicu kita belajar, misalnya dengan berlomba-lomba dalam mendapatkan nilai tertinggi juga bisa dengan belajar bersamadan saling mendukung . pasti kita akan terpacu dalam belajar. selain itu juga bagaimana pintar-pintarnya kita memilih teman dalam bergaul .

    Ratna Detya P.P - XI IPA 6

    ReplyDelete
  78. . . . Menurut saya berpacaran di masa SMA tidak masalah asal dapat menjaga diri masing-masing dari hal yang tidak diinginkan.Pacaran saat masa sma menurut saya dapat menumbuhkan kepercayaan diri yang tinggi dan dapat memotivasi diri untuk bersaing dalam hal positif ^^ . . .

    Alif Setyo Budi XI-IPA6 /(03)

    ReplyDelete
  79. untuk para komentator di atas itu kalian semua bulshit,omong kosong aja,,
    pada era jaman sekarang ini banyak sekali orang berpacaran pada masa SMA itu hanya dijadikan popularitas semata,yang hanya ingin di akui status hubungan mereka kalo aku sudah punya pacar,,

    tapi ternyata dibalik itu smua,mereka hanya ingin melampiaskan nafsunya saja,
    dan ingin menarik perhatian pasangan kita dengan tujuan tersendiri,,


    saya percaya kalo pacaran dmasa SMA itu emng yang paling indah,tapi itu cman sesaat,
    dan bagi para cewe jgan lah mudah tertarik pada lawan jenis kita dengan hanya dari tampilan luarnya saja ato pun dengan kepintaran nya,,

    ReplyDelete