Thursday, April 7, 2011

"You are the winner"

"You are the winner"...Anda lah pemenangnya.
Ini adalah rahasia dibalik proses fertilisasi. pertemuaan antara sebuah sperma dan sebuah ovum ditempat yang sangat rahasia, gelap, hangat namun nyaman. Pertemuan yang hanya Tuhan yang menjadi saksinya.
Saat sebuah ovum meloncat dari rumah tempat ia dibesarkan (ovarium), saat itulah dimulai serangkaian kejadian yang sangat penuh rahasia. Akankah ia bertemu dengan pujaan hatinya (sperma), ataukah akan hancur menjadi debu tanpa berarti apa-apa buat dunia (menstruasi).

Sementara di luar sana... menunggu puluhan juta sperma, berbondong-bondong ingin mendekati ovum. Bukanlah hal yang mudah untuk dapat mencapai ovum dan membuahinya, karena penghalang alamiah siap merintangi dan menghabisi mereka dalam perjalanan menuju ovum. Derajat keasaman cairan vagina yang sangat rendah akan membunuh lebih dari separuh dari jumlah keseluruhan sperma.
Diantara sperma banyak juga yang bergerak tanpa orientasi... berputar-putar dan masuk pada area yang salah... mana mungkin dapat bertemu dengan ovum?
Sperma yang cerdas tidak akan memilih tempat yang salah, sperma yang kuat dan tahan terhadap semua hambatan, sperma yang fokus pada tujuan akan tetap pada cita-cita awalnya.... yaitu menemui....ovum....

Dari sekian juta sperma yang ada mungkin hanya berkisar beberapa ribu sperma saja yang punya kualitas unggul... seperti yang didambahkan oleh ovum. Namun yang berhak untuk menikahinya hanyalah the best of the best.
Persaingan belum dimulai. Pertemuan di gang sempit (tuba falopii) itu sangat dirindukan oleh semua sperma peserta. Hanya satu Sperma yang paling kuat, tangguh, berani, dan terpilihlah yang akan berhasil.

Inilah proses kejadian selanjutnya... saat mencapai titik akhir... ketika sperma sudah sampai pada ovum, kekasihnya.... sperma masih harus berjuang keras untuk dapat masuk menembus kulit telur yang tebal... dengan berbagai macam cara, berputar dengan gerakan mengebor, mengerahkan seluruh tenaganya sampai dapat menembus kulit ovum yang tebal.

Apa yang terjadi selanjutnya???
ovum tidak segera menerimanya... sperma harus melindungi dulu wilayahnya... dia harus memberi pagar disekeliling ovum, untuk mencegah sperma lain memasuki wilayah kekuasaannya. Sperma harus mengeluarkan ajian (zat kimia berupa enzim hialoronidase), yang harus dia sebarkan diseluruh permukaan ovum. Ajian ini akan menghalangi sperma lain yang menjadi saingannya terpental dan gagal total. Dan Kemenanganpun di rayakan....

Sperma harus menunggu....
ovum mempersiapkan diri, melakukan pembelahan meiosis yang kedua, sebelum bertemu dengan kekasihnya... sang juara....
Saat pertemuan tiba, tak ada kecongkakan sedikitpun pada diri sperma atas kemenangannya... dia tanggalkan semua jubah kemewahan, dan hanya inti selnya saja yang melebur dengan inti ovum... semua atributnya dia tinggalkan di luar....ekor, kepala...dan semua senjatanya....

Penyatuan terjadi dengan cepat, hikmad dan mengikuti fitrahNya.... penyatuan diikuti pembelahan berkali-kali... dari satu menjadi dua, menjadi empat, delapan, enambelas..tiga puluh dua... sampai tidak terhitung...

berkembanglah zigot mejadi morula...blastula..gastrula... sampai membentuk 3 lapisan embrional...lapisan luar (ektoderm) akan berkembang menajdi kulit dan alat indra,... lapisan tengah (messoderm) menjadi otot, kulit dan saraf... lapisan dalam (endoderm) menjadi organ/alat-alat viceral.

Jadilah janin dengan tubuh yang lengkap... lahir ke dunia, mengemban tugas sebagai Khalifatullah... pemimpin di bumi Allah... pemimpin atas alam yang didiaminya (hewan dan tumbuhan) pemimpin atas manusia dan pemimpin bagi dirinya sendiri.

Kita semua dilahirkan sebagai pemenang... sebagai pemimpin.. maka

JADILAH ORANG YANG YAHAANUU,

YAHAANUU berarti berlagak; sok; belagu. Dalam arti positif: tampil untuk menjadi sosok yang berbeda dengan penuh kepercayaan diri.

Dengan YAHAANU orang berusaha membentuk karakternya sendiri mejadi sosok yang berbeda, optimis dan pede. Seorang Sukarno tidak akan menjadi manusia monumental bila tidak yahanu yang dengan kepedeannya berbicara dengan lantang dan mengagumkan di hadapan para pemimpin dunia, dengan yahanu Pak SBY menjadi pemimpin yang disegani kawan maupun lawan politiknya, dengan yahanu Bang Haji R. Oma Irama menjadi raja dangdut, dengan yahanu pula menjadikan AA Gym, Da’i kondang dari tanah Sunda ini meroket dengan Manajemen Qolbunya, dan banyak lagi contoh orang-orang yang sukses karena yahanunya.

YAHAANUU akan semakin dasyat jika kita melibatkan ALLAH di dalamnya...kekuatan do’a akan menembus wilayah langit, mewarnai lingkunan untuk mendukung kita, dan membuka kesempatan dan keberuntungan untuk meraih SUKSES.

Tanamkan rasa percaya diri

dan bertindaklah seolah-olah anda punya rasa percaya diri

sampai benar-benar punya” (Barbara Krouse)

23 comments:

  1. pertamax... hehehe ^_^
    iya kita harus percaya diri, bekerja keras, tidak putus asa, dan harus di ikuti ibadah dan berdoa agar mendapatkan hasil dan nikmat yang memuaskan dari Allah
    nasehat dan ilmunya membantu bu... ^_^

    maaf bu... jika ada kesalahan komen... mohon di benarkan jika salah ya bu... hehehe...
    terimakasih... ^_^


    Tetap sehat... Tetap semangat... agar kita bisa komenan lagi poko e maknyus...

    Zulfa Masian Ahmad XI-IA-6 30

    ReplyDelete
  2. Makasih zulfa tolong di share di fb ya....

    ReplyDelete
  3. Jadilah 'YAHANU'???
    Aih, keren tuh istilahnya... :)
    Salam kenal Mb Andri, senang bisa mampir di blog keren ini..

    ReplyDelete
  4. betul betul betul

    jadi org hrus percaya diri,krn jika punya percaya diri semua pasti akan dapat dilakukan..

    semangat yahanu...

    hahahaha

    Satrio Wahyu XI-IA 6/ 27

    ReplyDelete
  5. Assalammualaikum bu,
    Betul.betul.betul
    Kita harus jadi orang yang percaya diri bukan (PD : pekok dewe )
    Hehehhe.....
    Dan harus optimis jika ingin mendapatkan sesuatu yang maksimal jangan berhenti di tengah jalan.
    Kalau menurut Pak Hasan(guru agama)kalau amal jangan setengah-setengah,jadi amalnya tidak bermanfaat.
    Jangan mudah putus asa,kalau mudah putus asa,mati o wae
    Soalnya percuma hidup kalau mudah menyerah dan putus asa
    Hehehhehh
    Walaikumsalam wr.wb

    SYLVIA RAHMA INDRASWARI - XI IPA 1 -29

    ReplyDelete
  6. ya, benar bu. jadilah org yang yahanu ! mari kita bentuk karakter dan kepribadian kita masing-masing dengan baik.
    kita sebagai manusia yang memiliki tugas sebagai khalifah di bumi ini. setidaknya memimpin diri sendiri ke jalan yang benar. meningkatkan kualitas diri dengan belajar, berusaha dan berdoa. maka niscahya allah akan menunjukan jalan kebahagiaan :)
    belajar untuk tidak mudah putus asa, tidak mudah mengeluh, percaya diri :)
    dab bersyukurlah maka semua akan terasa indah :)

    ReplyDelete
  7. ya, benar bu. jadilah org yang yahanu ! mari kita bentuk karakter dan kepribadian kita masing-masing dengan baik.
    kita sebagai manusia yang memiliki tugas sebagai khalifah di bumi ini. setidaknya memimpin diri sendiri ke jalan yang benar. meningkatkan kualitas diri dengan belajar, berusaha dan berdoa. maka niscahya allah akan menunjukan jalan kebahagiaan :)
    belajar untuk tidak mudah putus asa, tidak mudah mengeluh, percaya diri :)
    dan bersyukurlah maka semua akan terasa indah :)

    ghaida nisa / xi.ipa.1 / 13

    ReplyDelete
  8. Risnitama Septiarani XI IPA.6(26)

    Assalamu'alaikum Bu Andri ...
    Saya setuju. kita memang seharusnya jadi orang yang percya diri (PD). karena dengan percaya diri kita mampu menjadi diri kita sendiri. kalau kita percaya diri tentunya kita akan selalu nyaman ketika melakukan apa-apa..

    ReplyDelete
  9. yeahh , sayaa sangat setuju. Hidup itu perlu peraya diri .Harus memiliki prinsip untuk mencari tujuan hidup .Tidak plinpan dan teguh menjalani hidup . dengan kepercayaan diri dapat terlihat bagaimana karakteristik kita sebenarnya . Dan kepercayaan diri dapat membuat kita lebih nyaman dan dapat bergaul dengan siapa saja . Hal ini adalah salah satu faktor untuk mencapai keberhasialan :)

    XI IA 3 / 04
    ADJENG ANGELA KARTIKARINI

    ReplyDelete
  10. kita harus wajib percaya dan harus percaya kita dilahirkan didunia ini agar percaya diri,harus bersemangat dan bisa menerapkan diri dimana kita berpijak.dan kita harus tau serta dapat menerapkan diri siapa yang kita ajak bicara dan tidak lupa untuk berdoa kepada sang pencipta agar kita dapat hidup sejahtera dan aman.Baik di dunia maupun di akhirat nanti. Kita harus percaya diri tidak perlu takut akan bayangan yang ada di sekitar kita.Dengan semua itu kita akan sukses kelak dikemudian hari.Seandainya kita sukses janganlah kita takabur,bila kita takabur akan menghancurkan semua cita cita serta perbuatan yang baik yang pernah kita raih sebelumnya.Kita sebagai seorang pelajar paling tidak harus mempunyai 3 budaya malu , yaitu : kita sebagai seorang pelajar harus lebih tertib dari orang yang bukan terpelajar. Kita sebagai seorang pelajar harus lebih menguasai akan ilmu pengetahuan daripada orang yang bukan pelajar.Kita sebagai seorang pelajar dikelas XI harus lebih menguasai dan lebih pintar daripada kelas dibawah kita.Semua itu kita lakukan demi kesuksesan dan kepercayaan diri kita.


    Nurmadea Sandra F/XI IPA 1/22

    ReplyDelete
  11. Nurul Ristiana-ipa6_22April 11, 2011 at 12:11 AM

    tapi sampai sekarang saya belum merasa jadi THE WINNER YANG SEJATI ATAU SEUTUHNYA Bu.
    lalu bagaimana cara mendapatkannya?

    ReplyDelete
  12. aha , hmm iya bu saya sangat setuju
    hidup itu harus percaya diri , karena jika kita tidak percaya diri kita akan selalu merasa minder.
    tetapi terkadang saya juga merasa kurang percaya diri bu , bagaimana ya bu solusinya supaya saya percaya diri ?

    NADYA OLIVIA W/ XI IPA6/19

    ReplyDelete
  13. Amazing,
    Sangat menajubkan artikel ini,-
    Bisa kita ambil kesimpulan bahwasannya kita harus jadi orang yang Percaya diri jang mudah terpengaruh oleh orang lain!

    IRSYAD SAFRUDIN? XI IPA 6/ 15

    ReplyDelete
  14. sangat-sangat mengharukan.. batapa sulitnya perjuangan 1 sperma untuk menghasilkan sesosok manusia didunia ini..yang diharapkan ketika lahir nanti bisa menjadi sesosok manusia yang dapat dijadikan pemimpin dunia, menjadi insan yang baik, dll.
    .tetapi, untuk mencapai itu semua juga ckup susah.. apalagi untuk menjadi orang yang percaya diri... menurut saya itu cukup susah..
    .entahlah bagaimana caranya agar bisa menjadi seseorang yang percaya diridan penuh antusias???? how???

    ReplyDelete
  15. Saya setuju
    Kita harus percaya diri supaya kita merasa berbeda dengan orang lain dan tidak menggantungkan nasib kepada orang lain. Dan juga jangan terpengaruh kepada hal-hal yang tidak bermanfaat bagi diri kita.

    Naufal Haidar A.
    XI IPA 3 / 23

    ReplyDelete
  16. saya berterima kasih atas masukan dari bu.Andri
    saya sangat setuju dengan apa yang telah dijelaskan oleh ibu
    Rasa percaya diri memang harus ditanamkan dalam setiap pribadi masing-masing.
    YAHAANUU yang berarti berlagak; sok; belagu memang condong ke arah negatif, tetapi bila kita berlagak seolah - olah bisa mengerjakan soal yang sulit, maka kita akan benar-benar bisa mengerjakan soal tersebut.
    dan bila sikap tersebut dibiasakan dalam kehidupan sehari - hari maka akan menambah rasa percaya diri kita.

    RIZKY NANDA / XI-IA 3 / 28

    ReplyDelete
  17. SAYA SANGAT SETUJU BU ! !
    rasa percaya diri memang harus ditanamkan pada masing - masing individu.
    karena percaya diri diperlukan untuk menghindari rasa canggung dan demam panggung
    misal kita ada penilaian dalam kelas dan maju satu-satu, bila kita tidak mempunyai rasa percaya diri yang tinggi maka kita tidak akan sukses dalam penilaian tersebut
    terima kasih atas masukan dari ibu

    Nuryanita Putri / XI-IA 5 / 20

    ReplyDelete
  18. Ismi Nurul Insani/XI IPA 5/13April 12, 2011 at 5:52 AM

    Assalamu'alaikum,bu.
    Saya sangat setuju dengan istilah "YAHAANU"nya bu Andri yang sejujurnya baru pertama kali saya dengar....he3x
    Kita pada dasarnya memang sejak lahir sudah diciptakan berbeda oleh ALLah SWT,baik secara lahiriah maupun batiniah.Maka dari itu tugas kita selanjutnya adalah mempertahankan perbedaan tersebut terutama dalam hal karakter,jangan hanya menjadi orang yang bisanya mengimitasi orang laen tanpa mampu mengembangkan bakat dan kreatifitas yang telah kita punya.
    Kemudian jika kita telah mampu menjadi sosok yg "BEDA BANGET",kita juga perlu menumbuhkan rasa percaya diri yang berguna agar kita dapat tampil di depan khalayak dan mempersembahkan semua yang terbaik dari diri kita agar orang lain juga dapat mengetahui dan menghargai diri kita,jangan hanya memendam bakat kita.Bagaimana orang laen bisa tahu kl kita sebenarnya hebat?
    wassalamu'alaikum,bu.

    ReplyDelete
  19. saya setuju dengan apa yang Bu Andri katakan YAHAANUU berarti berlagak; sok; belagu. Dalam arti positif: tampil untuk menjadi sosok yang berbeda dengan penuh kepercayaan diri. Itu perlu ditanamkan di sekarang ini ,karena agar siswa mampu optimis dalam mengerjakan soal soal .jadi tidak tergantung pada orang laen

    ReplyDelete
  20. Ardhan Ibadi XI ipa 5/6

    Wah,, kelihatannya enak jadi orang yang YAHAANUU. hihi... Tapi bisa nggak ya Bu? InsyaAllah saya bisa Bu. Do'a in ya Bu. Soalnya saya pingin jadi orang yang baik Bu.

    ReplyDelete
  21. Wow, proses fertilisasi yang sungguh luar biasa, Subhanallaah, itulah salah satu kebesaran yang dimiliki Allah SWT, dan tidak akan ada makhluk yang dapat menandingi-Nya, hmmm, . , . ( Allah memang Hebat ya ?. . . .), maka dari itu, kita harus slalu mengingat siapa yang menciptakan kita ke alam semesta ini ! Oke ?, lalu bagaimana cara kita mengingat-Nya ya ? kalau menurut saya sih kita harus menjalankan semua kewajiban kita contohnya shalat yang rajin alias Shalat Lima Waktu (Isya’ShubuhLuhurAsharMaghrib), kemudian mematuhi perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-larangan-Nya, juga apa yang telah diberikan Allah kepada kita, semua harus kita syukuri, karena Allah menyukai orang2 yang bersyukur, Hhheheehe (Maaf Bu Andri, kalo Saya sok ulama bgt) Hhhhehehehe, :-)
    Next, membahas “Kepercayaan diri”, menurut buku yang pernah saya baca “Kepercayaan Diri akan mempengaruhi kesuksesan seseorang”, maka dari itu, Kunci Kesuksesan ada di dalam diri kita masing-masing, tergantung bagaimana cara kita mengapresiasikan Kepercayaan Diri tersebut. Makasih Bu Andri,udah memberi kita tambah ilmu pengetahuan, :-)

    ReplyDelete
  22. @Nurul Ristiana: YAHAANU... kenapa tidak... mula-mula memang seperti pura-pura jika ada tugas yang rasanya berat... kita yakin saja... kerjakan... jika tidak bisa tanya... jika salah..minta petunjuk dan perbaiki lagi... siap menerima komplain.... siap memperbaiki diri... jika kita terus bersikap seperti itu, kualitas diri kita akan meningkat, dan akan meningkatkan percaya diri kita, jika ini dilihat dan dinilai orang lain maka akan mendatangkan kepercayaan orang pada kita... yang berarti kita dianggap mampu, kepercayaan diri perlu dibangun terus menerus.. dan kalian semua sedang berproses... jadi jangan takut...tak ada yang tak mungkin di dunia ini. Man jadda wa jada... siapa yang bersungguh-sungguh pasti sukses...

    ReplyDelete
  23. Iya bu , ini sangat memotivasi kita semua khususnya para kalangan remaja . Karena pada kalangan remaja ini masih sangat membutuhkan proses dalam pengembangan diri artinya para kalangan remaja nantinya akan mempunyai karakteristik yang sangat berbeda beda sesuai prosesnya apabila baik, maka nantinya akan mempunyai karakteristik yang baek dan sebaliknya.
    maka dari itu para remaja harus percaya diri dalam membentuk jati dirinya.

    ARIF FAISHAL
    XI IPA 6/ 06

    ReplyDelete