Tuesday, May 6, 2014

ETIKA BIOLOGI


KLONING MANUSIA

Kloning  berarti membuat beberapa salinan tepat dari gen, sel atau organisme. Kloning telah kita kenal sejak beberapa waktu yang lalu.  Kembar identik adalah hasil  klon dari sebuah zygot.  Ketika satu bakteri membelah secara asexsual  di dalam petridish,  sebuah koloni sel akan terbentuk dan setiap sel  adalah klon dari sel yang asli. Melalui bioteknologi kini bakteri dapat memproduksi salinan gen manusia.   
Sekarang  manusia telah berhasil memproduksi mamalia dengan cara kloning,  suatu saat nanti manusia akan mampu memproduksi manusia dengan tehnik kloning.  Tidak diperlukan proses fertilisasi antara sel gamet dan sperma untuk memproduksi seorang bayi.  Hanya dibutuhkan inti sebuah sel dewasa  diletakkan dalam sel telur yang telah dibuang intinya.  Sel telur akan segera  berkembang menjadi embrio  setalah diletakkan dalam rahim seorang ibu pengganti.   Setelah lahir bayi akan benar-benar identik dengan orang tuanya, hanya lebih muda umurnya.
Proses kloning yang dilakukan pada sebagian besar mamalia dan manusia tidak dapat berhasil dengan sempurna.  Saat ini  teknologi cloning lebih banyak diarahkan pada penyembuhan luka bakar atau untuk pasangan yang menginginkan keturunan bebas dari penyakit  yang  diturunkan  (genetic deasese).  Diterjemahkan  dari :  Mader, Human Biology, Eight Edition, Mc Graw Hill, 2004.  Hal 12.

DISKUSI
Jika nanti para ahli biologi berhasil memproduksi  manusia yang cerdas  atau atlit yang sangat berbakat, atau hal lain yang unik,  melalui cloning.   Apakah  penerapan teknologi cloning untuk memproduksi manusia dapat diterima?
Putuskan pendapatmu!
  1. Saat  ini penelitian tentang cloning di Amerika sudah dilarang.  Haruskah hal ini dilakukan?  Mengapa  ya dan mengapa tidak?.
  2. Dalam kondisi yang bagaimana penelitian tentang cloning dapat diterima? Jelaskan
  3. Apakah cloning dapat digunakan untuk meningkatkan produksi bibit pertanian ?  mengapa ya dan mengapa tidak?
Masalah cloning berkaitan dengan masalah etika (bioetika).  Untuk dapat memahami permasalah secara lebih mendalam, sangat penting bagi anda untuk mengetahui pendapat dari sisi pro dan kontra. Setelah memahami pendapat dari sisi pro dan kontra  putuskan pendapat anda.                   
(sumber  :www.mhhe.com/maderhuman8). 

No comments:

Post a Comment