SOAL UJI COBA KOMPETENSI GURU (SMA 5, Rabu, 18 sept 2012)
TKG-SMA
BIOLOGI
PUSAT
PENILAIAN PENDIDIKAN- KEMENDIKBUD
SOAL
UJI COBA KOMPETENSI GURU (SMA 5, Rabu, 18 sept 2012)
1. Pasangan yang benar
antara jaringan tumbuhan dan fungsinya adalah
a.
Jaringan dasar yang terdapat pada hampir semua bagian
(organ) tumbuhan dapat menyimpan cadangan makanan
b.
Jaringan meristem yang sel-selnya selalu membelah dan membentuk
jaringan baru
c.
Jaringan penyokong atau penguat pada organ tumbuhan muda
d.
Jaringan penyokong yang dapat menyimpan udara karena ada ruang antar
sel yang besar
e.
Pembuluh kayu yang berfungsi untuk menyalurkan air dan unsur hara
dari tanah ke daun.
2.
Karakteristik penting yang membedakan Archaeobactaria
dengan Eubacteria adalah
a.
Peptidoglikan pada dinding sel
b.
Lemak dalam membran plasma
c.
Membran plasma
d.
Bentuk dan struktur RNA
e.
Morfologi dan habitat
3.
Dalam ekosistem sawah ditemukan kandungan pestisida yang sangat
tinggi di dalam tanah. Pestisida akan mematikan predator sehingga hama
berkembang biak tanpa kendali. Langkah yang tepat untuk mencegah pencemaran tanah,
adalah sebagai berikut kecuali:
a.
Tidak membuang sisa pestisida di sembarang temapat dan tidak membuang
di sawah
b. Menggunakan
pestisida dengan dosis yang sesuai sehingga tidak membunuh predator berlebih
c.
Membunuh hama dengan tehnik mekanik misalnya ditangkap
d. Mencuci peralatan bekas menyemprot disungai dekat sawah
e.
Tidak menggunakan pestisida dalam memberantas hama melainkan mengggunakan
predator
4. Mana
dari pernyataan berikut yang paling tepat untuk menggambarkan pembelahan ganda
pada angiospermae
a.
Dua butir polen jatuh pada satu stigma jadi dua sel dibuahi
b. Dua
sel sperma yang dihasilkan satu butir pollen membuahi dua sel telur yang
terpisah menghasilkan dua biji
c.
Satu sel sperma dan satu butir telur untuk membentuk
zigot. Sedangkan sel sperma kedua dari
butir polen yang sama bergabung dalam kantung embrio dan menghasilkan nukleus
endosperm triploid.
d. Satu
sel sperma dari satu butir polen membuahi satu sel telur membentuk zigot yang
haploid. Sedangkan sel sperma kedua dari
butir polen yang sama bergabung dengan satu nukleus dalam kantung embrio
menghasilkan nukleus diploid
e.
Dua sel sperma dari satu butir polen membuahi sel telur yang sama,
agar pembuahan tidak mungkin terjadi.
5.
Pada persilangan bunga Linaria Maraccona merah dengan
putih tenyata hasil keturunannya adalah berwarna ungu. Hal ini tidak biasa, kemudian hasil F1
perbandingan Fenotip ungu : merah : putih adalah 9 : 3 : 4 Hal ini merupakan
penyimpangan semu dari hukum Mendel.
Hal apakah yang menyebabkan F1 berwarna ungu bukan merah…
a.
Warna ungu ditentukan oleh sifat dominan dari merah
dan resesif dari putih.
b. Ada
kemungkinan ungu muncul karena adanya dua
gen dominan muncul bersamaan.
c.
Putih merupakan factor yang resesif.
d. Persilangan tersebut
merupakan persilangan dihibrid antara sifat dominan dan resesif.
e.
Warna ungu muncul karena perubahan susunan gen pada
saat persilangan.
6.
Seorang ilmuan memiiliki keinginan untuk meneliti tentang kecepatan
biji kedelai (Soja Max) dipengaruhi oleh suhu. Dia merumuskan masalah
penelitiannya sebagai berikut. “Bagaimana
kecepatan pertumbuhan biji kedelai jika suhu lingkugannya berbeda? “ Untukmelanjutkan rumusan masalah, dia akan
menentukan variable-variabel penelitian. Manakah pasangan yang tepat antara
variable manipulasi dan variable respon?
a.
Suhu-jumlah biji yang tumbuh
b. Intensitas
cahaya-jumlah bii yang tumbuh
c.
Jumlah biji-suhu ruangan
d. Jenis kedelai-media
tanam
e.
Suhu-jumlah bijji yang ditanam
7.
Hubungan yang benar antara jenis makanan hasil
konverensi dari mikroorganisme melakukannya yaitu…
|
Jenis makanan
|
Mikoorgamanisme yang melakukan
|
a.
|
Yoghurt
|
Lactobacillus
lactis
|
b.
|
Tauco
|
Aspergillus
soyae
|
c.
|
Brem bali
|
Saccaromyces
cereviceae
|
d.
|
Mentega
|
Streptococcus
termophylus
|
e.
|
Nata de coco
|
Acetobater xylinum
|
8.
Berdasarkan ciri yang tampak jamur di
bawah ini dikelompokkan dalam
|
a.
Zygomycota
b.
Ascomycota
c.
Basidiomycota
d.
Deuteromycota
e.
Mikoriza
9. perhatikan di bawah gambar ini
Fase reproduksi generatif pada hewan coelenterata dilakukan oleh
struktur nomor.....
a.
(1)
b.
(2)
c.
(3)
d.
(4)
e.
(5)
10. Manakah pernyataan berikut
ini yang paling benar mengenai alat-alat gerak pada hewan
vertebrata dan intervetebrata ?
a.
Ular
bergerak dengan tulang rusuk dan kalajengking bergerak dengan kaki yang
berjumlah lima pasang.
b.
Lumba-lumba
bergerak dengan sirip dada dan sirip ekor, sedangkan labah-labah bergerak
dengan kaki yang berjumlah empat pasang.
c.
Anjing laut
bergerak dengan dua pasang kaki yang berselaput, sedangkan cacing tanah
bergerak dengan permukaan kulit tubuh nya.
d.
Katak
bergerak dengan sepasang kaki belakang yang cukup panjang daripada kaki depan
sedangkan ubur2 bergerak dengan tentakel nya.
e.
Ikan
bergerak dengan sirip yang berjumlah empat buah, sedangkan burung bergerak
dengan sepasang sayap atau kaki nya.
11. berdasarkan ciri-ciri hewan
tingkat keanekaragamnya adalah pada tingkat
hewan 1
|
rambut, tulang belakang, cakar
|
hewan 2
|
bulu, tulang belakang,
cakar
|
hewan 3
|
rambut, tulang
belakang, tanpa cakar
|
hewan 4
|
bulu, tulang belakang,
tanpa cakar
|
a. gen
b. Spesies
c. Populasi
d. komunitas
e. ekosistem
12. Pestisida dikembangkan sejak tahun 1940, efektifitas pestisida dalam membasmi penyakit tanaman mengejutkan
masyarakat pada waktu itu. di sisi lain pestisida menimbulkan persistensi pada
lingkungan pada periode tertentu. terjadi kematian burung yang bersentuhan
langsung dengan pestisida. fakta itu
berkaitan dengan fakta ekologi, pembesaran trofik (throph magnification) yang
artinya...
a. degenerasi rantai makanan
b. akumulasi residu pada hewan besar karena
mereka mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang lebih banyak
c. peningkatan bertahap
konsentrasi residu pada setiap taraf trofik dalam rantai makanan
d. resistensi yang tinggi pada hewan taraf
trofik yang rendah terhadap toksisitas pestisida berhubungan dengan hewan yang
menduduki taraf trofik di atasnya
e. peningkatan resistensi makhluk hidup terhadap
residu beracun sejalan dengan waktu
13. komponen biotik yang ada pada bioma tundra
adalah...
a. lumut, lumut kerak, pinus, serigala, tikus,
dan beberpa jenis serangga
b. lumut,......, beruang, tupai, landak dan rusa
c. lumut, lumut kerak, burung hantu
salju, serigala, tikus dan beberapa serangga
d. ......kera, rusa dan gajah
e. kaktus, kadal, ... tikus, rusa
14. evolusi dari suatu
spesies nenek moyang menjadi bermaca--macam species yang menempati palung yang
berbeda dikenal sebagai...
a. adaptasi mutasi
b. evolusi konvergen
c. makromutasi
d. artrogenesis
e. suksesi.
15. Pada siklus nitrogen
bakteri nitrifikasi mengubah...
a. senyawa amonium
menjadi nitrit dan nitrat
b. nitrogen atmosfer menjadi senyawa amonium
c. nitrogen atmosfer menjadi nitrat
d. nitrat menjadi nitrogen atmosfer
e. nitrat menjadi senyawa amonium
16. sekelompok
siswa diminta mengamati warna air sungai yang mengalir di belakang sekolahnya
selama tiga hari berturut-turut pada waktu tertentu. ternyata warna air selalu
berubah-ubah. yaitu hitam kelam di pagi hari, kehijauan di siang hari, dan
berwarna kemerahan di sore hari. dari
data tersebut jelas terjadi polusi yang sangat hebat di sungai tersebut,
padahal polusi berdampak besar terhadap ekosistem air. dalam hal ini langkah
yang paling tepat untuk mengurangi tingkat polusi terhadap ekosistem air
adalah...
a. mengembangkan organisme yang tahan terhadap
tingkat polusi tinggi dengan mengubah genetiknya.
b. mengembangkan bahan kimia yang dapat
menghancurkan polutan
c. membuat instalasi pengolahan
limbah (PAL) untuk menghilangkan zat pencemar
d. menanam tanaman air yang dapat meningkatkan
suplay oksigen di dalam air
e. mengurangi jumlah hewan air untuk mengurai
kadar CO2 dalam air
17. salah satu polutan udara yang dapat
mengakibatkan penurunan IQ, hambatan pertumbuhan dan gangguan pendengaran pada anak-anak
adalah..
a. karbonmonoksida
b. debu silika
c. nitrogen oksida
d. sulfur oksida
e. timah hitam
18. Pada sel otot dan beberapa tipe sel lainnya
ditemukan banyak mitokondria yang menunjukan
bahwa sel otot.....
a.
Menggunakan
banyak ADP
b.
Kekurangan
Enzim
c.
Menggunakan
banyak ATP
d.
Kelebihan
Enzim
e.
Menggunakan
asam laktat
19. Komponen kimia penyusun
membran sel terdiri atas.....
a. protein dan
lemak
b. protein dan karbohidrat
c. karbohidrat dan lemak
d. protein, karbohidrat, dan lemak
e. protein, lemak Na+ dan K+
20. Manakah di bawah ini yang
menunjukkan sifat membran plasma ......
a. sebagian membran plasma bersifat
permeabel, sedangkan yang lain nya bersifat semi
permeabel.
b. melalui membran plasma semua material
yang dipakai dalam metabolisme masuk ke
dalam sel, sedangkan CO2 dan limbah
metabolisme lain dikeluarkan dari sel.
c. tidak semua
material yang dipakai metabolisme dapat melewati membran plasma
demikian juga dengan limbah metabolisme.
d. hanya mikromolekul yang dapat melewati
membran plasma
|
21. Gambar berikut ini
menunjukkan proses transportasi zat berupa.....
a. transpor aktif
b. pinositosis
c. transpor pasif
d. ektositosis
e. pagositosis
22.
27. pasangan yang benar antara
gambar jaringan hewan mamalia dengan fungsi nya adalah.....
a.
proteksi dan
isolasi hilangnya panas berlebihan
b.
kontraksi
periodik
c.
melapisi
dan melindungi permukaan tubuh
d.
melakukan
aksi reaksi terhadap rangsang
e.
menghasilkan enzim
28. Anemia yang diakibatkan oleh
rusaknya gen pembentuk hemogoblin yang
bersifat
Menurun disebut......
a.
Sickel
Cell Anemia
b.
Leukopeni
c.
Leukemia
d.
Anemia penisiosa
e.
Thalasemia
29. Estrogen mempengaruhi siklus menstruasi
dengan mengikat reseptor α dan β dari endometrium
sel Rahim. Banyak wanita berat badannya bertambah setelah jumlah
esterogennya menurun paska menopause. seekor tikus yang ovariumnyanya dibuang biasanya berat badannya
bertambah, namun
jika tikus itu disuntik estrogen, berat badan nya tidak bertambah, dari Hasil penelitian diketahui bahwa jika
tikus yang ovariumnya dibuang, disuntik dengan zat Yang dapat mengaktifkan reseptor α,
berat badan nya tidak bertambah, tetapi jika tikus itu
Disuntik dengan zat yang dapat mengaktifkan
reseptor β berat badannya bertambah, Berdasarkan hasil
penelitian ini bahwa estrogen menghambat dengan cara......
a.
Menonaktifkan
reseptor α
b.
Menghambat
sekresi estrogen
c.
Mengaktifkan
reseptor β
d.
Mengaktifkan
reseptor α
e.
Menonaktifkan
reseptor β
30. Seorang anak lelaki memahat
inisial pada sebatang pohon kira-kira 120 cm dari
permukaan tanah. Setelah 12 tahun
dia menemukan bahwa ini namanya masih tetap pada
ketinggian yang sama padahal pohon
ini sudah berubah, hal ini menunjukkan bahwa......
a.
Jaringan
meristem pohon itu rusak dan oleh sebab itu menghambat pertumbuhan secara
vertikal.
b.
Sekali sel
terbentuk maka mereka tidak dapat berubah.
c.
Jika perlu
jaringan dewasa dapat berkembang dalam organ baru
d.
Pertumbuhan
jaringan vertikal ditemukan pada ujung akar
dan ujung batang
e.
Tidak
terjadi pertumbuhan pada jaringan yang sudah tua
31. Perhatikan tabel berikut
CO2 + RUBP à PGA
Reaksi tersebut merupakan salah satu
dalam siklus Calvin yaitu......
a.
Fiksasi
b.
Dehidrogenisasi
c.
Fosforilasi
d.
Karbohidrasi
e.
Denitrogenisasi
32. maaf gag bisa dibaca
33. ini juga sama, gag
bisa dibaca
34. perhatikan peristiwa mutasi
kromosom berikut
A A
B C
C B
D D
Macam mutasi tersebut adalah.......
a.
Translokasi
b.
Duplikasi
c.
Inversi
d.
Delesi
e.
Katenasi
35. di suatu kota terjadi wabah
penyakit aneh yang disebabkan sejenis bakteri, dari hasil
Penelitian ditemukan antibiotik untuk
menyembuhkan penyakit adalah penisilin, sehingga
Wabah penyakit tersebut dapat
ditanggulangi, namun setelah sekian lama ternyata dosis
Penisilin yang diberikan kepada pasien
harus ditingkatkan terus agar pasien bisa sembuh,
Mengapa efektivitas penisilin berubah ?
a.
Manusia
mengembangkan antibodi yang membuat penisilin menjadi tidak efektif
b.
Terjadi
seleksi alam yang membuat manusia resisten terhadap pengaruh penisilin
c.
Penggunaan
terus menerus antibiotik meningkatkan resistensi manusia terhadap bakteri
d.
Antibiotik
menyebabkan mutasi bakteri menjadi bentuk baru
e.
Beberapa
bakteri memiliki resistensi terhadap antibiotik
36. haemoglobin pada
berbagai species memiliki urutan asam amino pada rantai beta polipeptida yang
berbeda. Pada tabel dibawah ini
menunjukkan perbedaan rantai beta tersebut. Perbedaan jumlah asam amino pada
manusia dengan masing-masing species antara 8 sampai 127. Manakah dari tabel di
bawah ini yang menunjukkan hubungan evolusioner antara organisme.
|
Perbedaan asam amino
|
||||
Anjing
|
Cacing tanah
|
Katak
|
Ikan
|
Kera
|
|
A
|
8
|
67
|
15
|
127
|
125
|
B
|
115
|
127
|
127
|
8
|
67
|
C
|
125
|
67
|
15
|
8
|
127
|
D
|
127
|
67
|
15
|
125
|
8
|
E
|
125
|
67
|
15
|
8
|
127
|
37. perhatikan skema rekayasa genetika berikut,
tehnik yang diterapkan untuk memperoleh domba unggul melalui proses X adalah...
a. a. Kloning gen unggul pada transplantasi gen
b. b. Fusi
ovum pada transplantasi gen
c. c. Kloning inti sel unggul pada transplantasi inti
d. d. Menyambung
kromosom melalui teknologi plasmid
e. e. Kloning inti sel ovum pada sel unggul melalui elektroforesis
38. Berikut
ini adalah beberapa hal yang berkaitan dengan vitamin D
1.) Fungsi membentuk
struktur tulang dan gigi yang kuat
2.) Sumber vitamin D
adalah matahari
3.) Vitamin yang larut
dalam lemak
4.) Membantu
penyerapan dan metabolisme kalium (yang
benar kalsium)
Pernyataan manakah yang benar
a. 1,2 dan 3
b. 1, dan 3
c. 2, dan 4
d. 1,3 dan 4
e. 1 dan 4
39. otot polos
berkembang dari lapisan germinal,.
a. endoderm
b. mesoderm
c. epiderm
d. ectoderm
e. entoderm
40. untuk menyaikan
konsep “factor factor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman, seorang guru merancang eksperimen pengaruh
intensitas cahaya terhadap laju pertumbuhan kacang merah. Variable-variabel
yang sesuai untuk merancang tersebut adalah,..
|
Variabel
|
||
Manipulasi
|
Kontrol
|
Respon
|
|
a.
|
Intensitas
cahaya
|
Waktu
|
Laju
pertumbuhan
|
b.
|
Waktu
|
Itensitas
cahaya
|
Laju
pertumbuhan
|
c.
|
Intensitas
cahaya
|
Laju
pertumbuhan
|
Waktu
|
d.
|
Laju
pertumbuhan
|
Waktu
|
Intensitas
cahaya
|
e.
|
Laju
pertumbuhan
|
Intensitas
cahaya
|
Waktu
|
41. Kasus kumbang tomcat
merupakan contoh kesalahan mengelola lingkungan. Penyebab meledaknya populasi
kumbang tomcat diwilayah pemukiman penduduk adalah…
a. Perubahan
iklim
b. Habitat
kumbang tomcat terganggu
c. hilangnya predator kumbang tomcat
d. Hilangnya
makanan kumbang tomcat
e. Dampak
insektisida
Tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar
berikut digunakan untuk soal no 42 dan 43
Tujuan
Pembelajaran : Siswa mampu menunjukan
keanekaragaman sel hewan dan sel
tumbuhan
Kompetensi
dasar : Mendeskripsikan keragaman pada system
organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme.
|
42. Pengalaman belajar yang
sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut adalah…
a.
Diskusi kelompok untuk keanekaragaman
sel hewan dan sel tumbuhan
b.
Mengamati beberapa sel tumbuhan dan sel hewan menggunakan model tiga
dimensi
c.
Mengamati beberapa sel tumbuhan dan sel hewan dengan
menggunakan preparasi hewan
d. Praktikum
membuat sayatan organ tumbuhan dan hewan untuk melihat selnya
e.
Praktikum untuk mengamati sel jamur dan sel ragi
43. Indikator
soal yang sesuai dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran di sk adalah
a.
Menjelaskan
perbedaan sel tumbuhan dan sel
hewan
b.
menyebutkan dua jenis sel tumbuhan dan dua jenis sel
hewan
c.
Mendeskripsikan keanekaragaman sel
hewan dan sel tumbuhan
d.
menunjukan dua jenis sel tumbuhan dan dua jenis sel
hewan
e.
membedakan keanekaragaman sel hewan dan sel tumbuhan
44. Kompetensi dasar: ‘Menjelaskan keterkaitan
antara kegiatan manusia dengan masalah perusakan/pencemaran lingkungan. Seorang
guru melakukan pembelajaran dengan langkah-langkah sebagai berikut: pertama,
dia menunjukan bebeerapa kasus kerusakan lingkungan, kemudian siswa diminta
merumuskan satu permasalahan lingkungan perkelompok. Kedua, setiap kelompok
siswa diminta membuat daftar data yang diperlukan untuk memecahkan masalah yang
dirumuskan kelompoknnya. Ketiga, setiap kelompok siswa diminta mencari data sesuai
daftar data yang mereka buat, bisa dengan cara melakukan eksperimen, bertanya
kepada narasumbe, atau mencari data dari bukusumber dan internet; keempat
[setelah data yang diperlukan terkumpul masing masing kelompok menganalisis
data tersebut dan merumuskan penjelasan terkait dengan masalah yang telah
dirumuskan, membuat laporan secara tertulis dan mempresentasikan hasil kerja
kelompok dalam diskusi kelas, diakhir kegiatan pembelajaran, setiap kelompok
dibawah bimbingan guru menganalisis langkah-langkah yang telah dilakukan
untukmemecahkan permasalahan yang telah dirumuskan apakah langkah-langkah
tersebut sudah tersebut sudah tepat atau masih ada kekurangan
Model pembelajaran
yang dilakukan guru tersebut merupakan satu model pembelajaran yang sesuai untuk
mata pelajaran Biologi, model tersebut adalah model pembelajaran,..
a. Berbasis masalah
b. Inkuiri
c. Discovery
learning
d. SPS (Sistem Teknology
Security)
e. Koperatif
45. Standar kompetensi menjelaskan
keterkaitan antara struktur, fungsi, SK proses serta kelainan/ penyakit yang dapat
terjadi pada system SK manusia dan hewan (misalnya ikan dan serangga). Tujuan
pembelajaran SK dapat dibuat adalah siswa dapat
a. Menghubungkan
struktur organ dan fungsinya
b. Menjelaskan cara-cara
terjadinya system ekskresi pada manusia
c. menjelaskan komponen
kimiawi system ekskresi dan fungsinya
d. menjelaskan proses
pembentukan urine
48. Untuk pembelajaran
konsep “Mendeskripsikan keragaman pada system organisasi kehidupan mulai dari
tingkat sel sampai organism”. Kegiatan pembelajaran yang dapat
mengaktualisasikan potensi dan kreativitas peserta didik adalah…
a. melakukan
praktikum tentang system kehidupan
b. bermain peran
c. Penugasan telah literature
d. mengerjakan proyek
e. Melakukan observasi
49. Ibnu nadia sedang mendemontrasikan tentang
cara menggunakan respirometer SK dan mengamati laju respirasi hewan percobaan.
Ia mengajukan pertanyaan yang berbunyi.” Apa yang kalian amati dari proses
respirasi hewan ini”? tanpa menunggu jawaban siswa, ia melanjutkan dengan
memberikan informasi lain. Berdasarkan kasus diatas,
apakah factor yang tidak diperhatikan oleh Ibnu nadia saat mengajukan
pertanyaan
a. Waktu
tunggu
b. Jenis Pertanyaan
c. Intonasi suara
d. Cara mengajukan pertanyaan
e. Kesiapan siswa
50. Seorang guru
membelajarkan kompetensi dasar “mendeskripsikan struktur jaringan tumbuhan dikotil dan mengaitkannya dengan
fungsinya “ Tentukan klasifikasi
tumbuhan X berdasarkan hasil identifikasi berikut ini”. Dalam kasus ini guru
tersebut menyalahi prinsip evaluasi yaitu…
a. Objektivitas
b. Reliabilitas
c. Validitas
d. Homoginitas
e. Normalitas
51-54??????? Gag bisa dibaca
55.
pak fajar ingin melakukan penelitian tindakan kelas mengenai masalah yang
didapatnya
sehari-hari dengan harapan meningkatkan
kualitas pembelajaran pada suatu pelajaran yang
diasuh nya. Jika permasalahan pak fajar
adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam suatu
kompetensi dasar tersebut, permasalahan
penelitian yang dirumuskan pak fajar yang paling
tepat adalah.......
a.
Apakah penggunaan pendekatan proses dapat mempengaruhi hal belajar
siswa ?
b. Adakah
korelasi antara penggunaan pendekatan proses dapat meningkatkan hasil belajar
siswa ?
c.
Apakah penggunan pendekatan proses dapat meningkatkan
hasil belajar siswa ?
d. Bagaimana
penggunaan pendekatan proses untuk meningkatkan hasil belajar siswa ?
e.
Apakah ada hubungan antara penggunaan pendekatan proses dengan hasil
belajar siswa ?
Comments
Post a Comment