PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF INOVATIF DAN MENYENANGKAN


Sebuah model pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan dilaksanakan di kelas X-5 dan X-9. Penerapan model pembelajaran mandiri dengan kooperatif jigsaw, plus tutor sebaya, diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar serta kemandirian belajar siswa.
Pokok bahasan yang dipilih adalah Protista.
Terdiri dari beberapa sub pokok bahasan:

1. ciri-ciri umum protista dan pengklsifikasian protista,
2. protista mirip hewan,
3. protista mirip tumbuhan
4. protista mirip jamur, dan
5. peranan protista dalam kehidupan.
  • Pembelajaran dimulai dengan membentuk kelompok inti yang terdiri dari 5 orang. Guru membantu memimpin pembagian tugas dalam kelompok dengan berhitung 1 sampai 5.
  • Langkah selanjutnya setiap anggota yang bernomor satu berkumpul, nomor dua, tiga dan seterusnya. Kelompok yang baru ini disebut kelompok ahli.
  • kelompok ahli nomor 1 akan mendapat tugas menyusun bahan presentasi sub pokok bahasan 1, nomor 2 sub pokok bahasan 2 dan seterusnya.
  • Setiap orang harus menyusun bahan presentasinya dalam bentuk presentasi power point (jika memiliki laptop), atau power point bisa disusun dirumah dan dibuat print outnya, alternatif lain membuat presentasi dalam bentuk flip cart dalam buku gambar, ditulis tangan dan digambar tangan.
  • Dalam diskusi kelompok ahli diharapkan setiap anggota kelompok menyusun rencana tampilan yang menarik, anggota kelompok ahli dapat bekerjasama mengumpulkan dan menyusun bahan presentasi.
  • Pertemuan selanjutnya siswa kembali dalam kelompok inti. setiap anggota kelompok inti telah siap dengan bahan presentasinya. Secara bergantian anggota kelompok inti yang ahli di mulai dari nomor 1 menjelaskan hasil belajarnya pada anggota kelompok yang lain.
  • guru mengatur giliran presentasi, setiap sub pokok bahasan mendapat alokasi waktu selama 10 menit paparan, 5 menit tanya jawab dan 5 menit kuis.
  • Pada akhir presentasi, presenter memberikan kuis dan bagi anggota yang dapat menjawab akan mendapat price berupa permen.
  • pertanyaan kuis dibuat dan dinilai langsung oleh anggota kelompok inti yang ahli pada sub pokok bahasan masing-masing.
  • pada akhir presentasi siswa anggota kelompok inti, menyampaikan kesan dan pesan ttg penampilan anggota kelompok inti ahli (meliputi: penampilan, gaya bahasa, kejelasan dan penguasaan konsep) secara tertulis.
  • Guru memandu mengendalikan kegiatan dan mengkonfirmasi konsep-konsep yang perlu penjelasan.

Comments

Popular posts from this blog

PERAMBATAN IMPULSE SARAF

Berapa Produksi ATP Dalam Setiap 1 Molekul Glukosa?

SOAL LCC