DISEMINASI WEBBLOG MGMP BIOLOGI KOTA SEMARANG TERINTEGRASI P4TK IPA BANDUNG DAN PELATIHAN APLIKASI ONLINE PLIKERS DAN CLASSDOJO.

Sebagai tindak lanjut pelatihan bimbingan teknik  pembelajaran online yang diselenggarakan oleh P4TK IPA  Bandung, MGMP biologi kota Semarang mengadakan Diseminasi hasil pelatihan pada tanggal 12  Oktober 2018.   Kegiatan diselenggarakan di Laboratorium Komputer 2, SMA Negeri 2 Semarang mulai pukul 13.00 selesai pada pukul 16.30 WIB.
                Pada kegiatan ini selain dilakukan sosialisasi WEBBLOG MGMP biologi yang terintegrasi dengan P4TK IPA Bandung,  juga pelatihan pemanfaatan aplikasi online Plikers dan Classdojo untuk membantu proses pembelajaran yang dilakukan guru di dalam kelas.
Tujuan Kegiatan:
1.       Meningkatkan  minat guru untuk menulis dan mempublikasikan hasil karya melalui WEBBLOG  P4TK IPA Bandung.
2.       Mensosialisasikan WEBBLOG P4TK IPA  pada guru sebagai sarana untuk memperluas wawasan dan mengetahui sejauh mana kegiatan penelitian tindakan yang telah dilaksanakan oleh  guru-guru di seluruh Indonesia.
3.       Melatih guru untuk memanfaatkan plikers dan classdojo  dalam pembelajaran dikelas.
Hasil Kegiatan :
                Bapak Ibu guru anggota MGMP dapat mengirimkan hasil karya inovatif  kepada admin blog melalui email : mc.ansori@gmail.com , rmasrikhah@gmail.com , andriw.empede@gmail.com.   Hasil karya bapak ibu guru akan dimuat pada blog mgmp biologi kota semarang yang telah ada dengan alamat : http://gmpbio.blogspot.com/  dan  blog yang terintegrasi dengan P4TK IPA bandung dengan alamat : http://mgmp.p4tkipa.net/.  
                Hasil karya dan laporan kegiatan MGMP Biologi Kota yang dipublikasikan melalui WEBBLOG yang terintegrasi dengan P4TK IPA Bandung memudahkan lembaga yang merupakan tangan panjang dari pemerintah ini memantau kemajuan dan kebutuhan guru-guru yang tergabung dalam MGMP kota Semarang.  Dengan adanya WEBBLOG komunitas MGMP Biologi seluruh Indonesia, pemerintah dapat memetakan apakah program-progam yang telah dicanangkan dapat diserap dan dilaksanakan sampai ditingkat paling bawah.   Untuk selanjutnya dapat digunakan untuk menyusun perencanaan tindak lanjut.
Pelatihan/bimbingan Teknis Aplikasi Plikers
Plikers adalah aplikasi yang disediakan google  dengan alamat : https://www.plickers.com ,  aplikasi ini bertujuan  mempermudah guru dalam melakukan evaluasi belajar dengan soal bentuk multiple choise dan benar salah dengan cara yang lebih menyenangkan, tanpa harus menyediakan computer untuk setiap siswa.
Dengan aplikasi ini hasil evaluasi akan langsung diketahui sekaligus dianalisis.  Kegiatan pretes dan postes dapat dilakukan dengan cepat, kesimpulan untuk menentukan materi yang masih belum dikuasai oleh siswa pun akan segera diketahui.
Berikut ini adalah step by stepnya,
1.       Pertama-tama sarana yang diperlukan guru adalah: computer, HP android dan kartu plikers.
2.       Bukalah situs Plikers pada: https://www.plickers.com dengan menggunakan computer.
3.       Selanjutnya adalah mendaftar sebagai anggota baru dengan klik tombol Sign Up untuk yang belum memliki akun dan  Sign In untuk yang sudah punya akun.
4.       Setelah selesai mendaftar akan ada surel  yang dikirim ke alamat email sebagai  konfirmasi.
5.       Tahap selanjutnya adalah  membuat kelas, dengan klik ikon add class.  Berilah  nama klas pada Enter Class name,  kemudian klik create class.  Selanjutnya add student.
6.       Nama siswa dapat diketik satu per satu atau copy paste dari daftar nama yang sudah kita miliki
7.       Selanjutnya adalah menyiapkan butir  soal dengan klik  New set, tombol yang terletak pada bagian kiri atas. Selanjutnya akan tampil
8.       Silahkan ketik soal dan pilihan jawaban.  Klik Jawaban yang menjadi kunci  tampilan akan berubah warna. Jika ingin  menyisipkan gambar tinggal klik ikon     pilih gambar dan klik open.  Berikut adalah tampilan contoh soal yang telah dibuat.   Untuk melanjutkan ke soal berikutnya  klik tanda +  pada kotak kiri atas.
             
9.       Jika soal sudah siap, kita harus menyiapkan kartu plikers yang dapat diunduh di https://help.plickers.com/hc/en-us/articles/360008948034-Get-Plickers-Cards
10.   Gambar pada kartu plikers berupa  kotak yang memiliki 4 sisi.  Pada tiap sisi ada huruf pilihan A, B, C, dan D.  Pada bagian pojok terdapat nomor kartu yang sekaligus nomor absen siswa.  Unduh Kartu dan  cetak pada kertas,  kemudian diberi penguat dengan menempelkannya pada kertas tebal.  Jika ingin melaminating usahakan untuk memilih laminating dengan plastik yang doff/ bukan glossy karena akan sulit untuk discan.
11.   Bagian terakhir siapkan HP android buka play store, cari aplikasi plikers, unduh dan instol.   Integrasikan HP dengan computer.  Cobalah untuk menjawab soal dan menscan jawaban menggunakan kartu plikers…  asyiik kan…. Anak-anak pasti menyukainya…
12.   Selamat mencoba.

Pelatihan/bimbingan Teknis Aplikasi Classdojo
Classdojo adalah aplikasi yang bertujuan untuk membentuk karakter positif siswa melalui pembiasaan yang terkontrol oleh guru, disamping itu classdojo juga menghubungkan guru,  siswa dan orang tua untuk bersama membangun komunikasi demi kemajuan pembelajaran siswa di kelas.  Melaksanakan penilaian autentik yang berkelanjutan menjadi pekerjaan yang ringan dan menyenangkan bagi guru. 
Berbagai fasilitas yang disediakan oleh aplikasi classdojo adalah  catatan kehadiran.  Tanda hijau untuk yang hadir, merah untuk yang tidak hadir. Kuni untuk yang dating terlambat dan separuh hijau separuh kuning  untuk yang hadir ditenga pembelajaran dengan ijin khusus.  Adapula sarana untuk membentuk kelompok kerja,  mengacak nama untuk menjawab pertanyaan, alunan music mengiring pembelajaran,  pencatat tingkat  kebisingan yang dilakukan siswa dan lain-lain.
Untuk memulai menggunakan classdojo kita harus mendaftar dulu, dengan  klik sign up.  Isilah data dengan lengkap, daftarkan pula sekolah anda jika anda adalah guru pertama di sekolah yang menggunakan classdojo.
Buat klas dengan mengklik new class, kemudian masukkan nama siswa.  Anda dapat melakukan copy paste dari file daftar nama yang anda miliki,  pilih import dari word atau exel.  Jika sudah akan muncul.
Selanjutnya lakukan edit karakter.  Untuk mengedit karakter lakukan klik whole class,  akan muncul kotak pilihan karakter yang dapat dirubah baik karakter yang akan dinilai maupun skore yang diberikan.  Anda juga dapat menambah jenis karakter baru jika yang disediakan dirasa belum cukup.
Untuk membuat kelas baru lebih mudah kita jika mengakses menggunakan computer, namu untuk mengoperasikan kita akan lebih mudah jika menggunakan HP.  Caranya sangat mudah tinggal  masuk ke play store, cari classdojo, unduh, dan instol… selesai… aplikasi siap digunakan…
Dokumen kegiatan






Comments

Popular posts from this blog

SOAL LCC

PERAMBATAN IMPULSE SARAF

BAB: 1 SEL UNIT TERKECIL KEHIDUPAN