Saturday, September 10, 2011

PRAKTIKUM FOTOSINTESIS DENGAN GAYA BARU


Saat ini mungkin materi pelajaran biologi siswa kelas 12 jurusan IPA sampai pada Bab Fotosintesis... dan biasanya metode praktikum tidak akan ditinggalkan oleh guru. Terutama model praktikum Ingenhouse yang bertujuan membuktikan bahwa fotosintesis menghasilkan Oksigen. Kegagalan praktikum Ingenhouse sering terjadi saat akan membuktikan bahwa gas yang terbentuk memang benar-benar Oksigen. Tidak trampilnya siswa mengakibatkan bara api pada lidi tidak dapat menyala. Bagaimana mengatasinya?? yuk ikuti model baru yang lebih mudah dan ditanggung tidak akan gagal.
Peralatan standar yang biasa kita butuhkan untuk praktikum Ingenhouse tidak kita butuhkan lagi. Jika biasanya kita harus menyiapkan toples besar, corong kaca, tabung reaksi dan ember besar, sekarang tidak perlu lagi.
cukup ikuti prosedur di bawah ini.
1. siapkan tanaman air:Hidrilla atau Elodea (bisa dibeli di tempat penjualan ikan), kantung plastik bening, karet gelang dan tentu saja air.
2. Masukkan Hidrilla dan air ke dalam kantung plastik lalu ikat ujungnya dengan karet gelang. Usahakan jangan ada gelembung udara.
3. Biarkan di bawah sinar matahari beberapa saat. Amatilah.... akan terbentuk gelembung udara di dalam plastik. Untuk membuktikan bahwa gelembung udara adalah oksigen tusuk kantung plastik pada bagian gelembung udara menggunakan obat nyamuk bakar yang menyala. Bara api pada obat nyamuk akan menyala... selesai...

Modifikasi varibel eksperimen jenis/warna cahaya juga dapat dengan mudah dilakukan. Jika kita ingin mengetahui pengaruh warna cahaya terhadap kecepatan fotosintesis, cukup siapkan kantung plastik kresek aneka warna (hitam, merah, kuning, hijau, biru, ungu). Bungkuslah kantung berisi tanaman air dengan plastik warna, lalu letakkan dibawah sinar matahari. Bandingkan jumlah gas/ besarnya gelembung udara yang terbentuk pada warna yang berbeda. Cahaya warna apakah yang paling efektif membantu proses fotosintesis?...

Sedangkan untuk modifikasi variabel suhu juga mudah... masukkan saja kantung plastik berisi tanaman air ke dalam wadah berisi es batu... ukur suhunya dan pertahankan agar tetap konstan.
untuk suhu yang lebih tinggi jangan ditambah air panas atau direbus lo.... tanaman akan mati. Tetapi tambahkan soda kue kedalam media airnya. Reaksi soda kue dan air bersifat eksoterm dan membuat suhu air lebih tinggi dari suhu kamar, penguraian soda kue juga menghasilkan CO2 yang diperlukan dalam proses fotosintesis.
amatilah ... dan bandingkan...
Selamat Mencoba... SEMOGA BERMANFAAT

No comments:

Post a Comment