Tuesday, August 9, 2011

ARTI SAHABAT DALAM PROSES EMBRIOGENESIS


Dalam setiap proses yang terjadi di tubuh manusia selalu mengandung pengajaran yang bermanfaat. Kajian ini adalah tentang imbas emrionik pada proses pembentukan embrio (embriogenesis).
Sel adalah topik yang paling saya sukai...
Betapa sel merupakan materi kecil yang tak dapat dilihat secara langsung, namun kehidupan makhluk yang besar, sesungguhnya berpusat di dalam sel.
Bagaikan sebuah kota kecil yang sangat sibuk, kegiatan di dalam sebuah sel tidak pernah berhenti, karena berhenti berarti... mati.
Potensi yang dimiliki oleh sebuah sel sangatlah besar.
1. Sel mampu untuk membelah diri secara mandiri, berjuta-juta kali. Kemampuan memperbanyak diri dengan cepat sampai jumlah yang tidak terbatas ini adalah keunggulam sel yang disebut dengan Totipotensi sel.
2. Sel mampu berubah bentuk sesuai dengan letak dan posisinya.
3. sel dapat mengambil keputusan untuk bertahan atau sirna dari muka bumi.

Sejak awal pembentukan embrio, sel sudah menunjukkan potensi yang sangat luar biasa. Perhatikanlah video dibawah ini.



Alkisah awal mula pembentukan makhluk hidup, bermula dari dua buah sel yang memiliki setengah perangkat kromosom (haploid), yaitu sel telur dan sperma. Keduanya melebur menjadi sebuah sel hingga punya perangkat kromosom yang lengkap (diploid) disebut zigot. Selanjutnya sel induk ini membelah jutaan kali, melalui tahap-tahap berikut: zigot --> morula --> blastula --> gastrula--> sampai terbentuk organ yang lengkap dan dilahirkan menjadi individu yang mandiri. Pada fase gastrula terbentuk 3 lapisan embrional yang disebut lapisan ektoderm, messoderm dan endoderm.
Setiap sel pada awal kehidupan akan menjalani takdir sesuai dengan letak dan kedudukannya. Walaupun semua sel berasal dan satu sel yang sama, namun kedudukan sel pada fase gastrula akan sangat menentukan, akan menjadi apa mereka nantinya.

Setiap lapisan memiliki takdir yang berbeda. Sel yang berada di lapisan ektoderm akan berkembang menjadi jaringan yang menyusun kulit, rambut yang menyelimuti seluruh tubuh, dan menjadi alat indra seperti: mata, telinga,hidung, mulut dan lidah. Lapisan messoderm akan berkembang menjadi jaringan saraf,tulang dan otot. Sedangkan lapisan Endoderm akan berkembang menjadi alat-alat viceral seperti: alat pernafasan, alat pencernaan, alat ekskresi, dan alat perkembangbiakan.

Dalam proses pembentukan organ sel-sel akan mengalami proses spesialisasi dan deferensiasi, yaitu proses perubahan bentuk dan struktur hingga menjadi berbagai macam organ yang memiliki sifat dan fungsi khusus. Sel-sel yang semula sama bentuk dan fungsinya akan berkembang menjadi sel yang berbeda bentuk dan fungsinya.
sel yang letaknya paling luar akan menjadi pipih berlapis-lapis dilengkapi dengan sel-sel saraf peraba karena ia menjalani takdirnya sebagai pelindung jaringan yang ada di bawahnya yaitu kulit. Diantara sel-sel yang berada pada lapisan luarpun terdapat titik-titik tertentu yang akan berkembang dengan bentuk dan sifat yang berbeda menjadi mata, telinga, hidung, mulut dan sebagainya.

Mungkin hanya satu titik sel saja yang harus menjalani takdir menjadi organ tertentu, namun takdir bagi satu sel akan mempengaruhi sel-sel yang ada disekelilingnya. Artinya proses pembentukan organ merupakan hasil kerjasama sel-sel yang letaknya berdekatan untuk membentuk satu kesatuan kuat yang disebut jaringan. Proses ini sering dikenal dengan istilah Imbas embrionik.

Pengajaran yang diberikan oleh proses embriogenesis adalah: bahwa kita harus berhati-hati dalam memilih tempat/lingkungan kita tumbuh dan berkembang. Jika kita berada pada lingkungan yang buruk, bergaul dengan orang-orang yang kurang berbudi maka kita pasti akan terkena imbasnya, dengan mudah kita akan menjadi orang yang kurang berbudi juga. Namun jika kita bergaul dengan lingkungan yang baik, orang-orang yang berbudi pekerti tinggi dan cerdas maka kitapun akan malu jika tidak seperti mereka. Maka pilihlah lingkungan yang baik, karena kita punya kemampuan berikhtiar, tidak seperti sel yang hanya menjalani takdirNya tanpa mampu berbuat apa-apa.

Persahabatan yang indah biasa akan terbentuk diantara orang-orang yang memiliki pemikiran seiring-sejalan. Sahabat yang baik akan menjadi teman berbagi di kala suka, penghibur dikala duka, mendorong kebaikan dan mencegah kita dari perilaku yang salah.

Ada tiga bentuk jalinan persahabatan yang dapat diibaratkan seperti :
1. air dan sirup, adalah ibarat persahabatan yang tidak seimbang. Jika air dicampur dengan sirup maka akan hilanglah sifat asli air yang bening dan tidak berasa. Ini adalah bentuk persahabatan dimana salah satu sangat dominan dan pihak lain sangat lemah sehingga kehilangan jati dirinya. Hubungan persahabatan semacam ini dapat bersifat positif jika pihak yang dominan adalah orang yang berbudi luhur dan dapat dijadikan panutan, maka si lemah akan menjadi lebih terarah hidupnya. Namun jika yang bersifat lebih dominan adalah seseorang yang berperingai buruk maka ini akan sangat merugikan bagi pihak yang lemah, maka sebaiknya si lemah segera mengambil sikap menjauh dan mencari teman yang lebih baik.
2. susu dan air jeruk. Susu akan menggumpal jika dicampur dengan air jeruk. Air jeruk yang bersifat asam merusak protein susu, sehingga terjadi penggumpalan. Hindarilah berteman/bersahabat dengan orang yang hanya akan mendatangkan kerusakan dan keburukan, segera ambil sikap untuk menjauh dan pilihlah teman yang baik.
3. kopi dan susu. ini adalah bentuk persahabatan yang kita rindukan. Ibarat kopi susu yang enak, rasa susu dan kopi bercampur saling mewarnai. Susu putih atau kopi hitam memiliki rasa yang berbeda, namun jika keduanya bercampur rasanya menjadi semakin lezat untuk dinikmati. Ini adalah persahabatan indah yang terbentuk diantara orang-orang yang berhati baik dan tulus, tidak ingin mengambil manfaat satu sama lain namun saling mewarnai. Persahabatan dalam kebaikan. Saling nasehat-menasehati di dalam kebaikan dan saling mencegah perbuatan munkar. Persahabatan semacam ini tidak akan terputus, karena Allah akan mengumpulkan mereka kembali di Rumah Abadi yaitu surga.
Maka berhati-hatilah dalam memilih teman bergaul, karena hal itu akan sangat menentukan, hidup dan kehidupan kalian....
Semoga persahabatan kita adalah persahabatan kopi dan susu. Amin...

No comments:

Post a Comment