Thursday, July 14, 2011

Agar Otak kanan dan Kiri Berkembang Seimbang

Siswa-siswi SMA Negeri 11 tercinta, semester ini ibu mencoba cara baru yang ibu harap lebih menyenangkan dan tidak membuat kalian terlalu tertekan.
Siswa jurusan IPA cenderung lebih serius, selalu berpikir praktis dan logis, tetapi kurang mengembangkan aspek yang lain, yaitu bahasa. Bahasa merupakan alat komunikasi dan wahana untuk mempelajari semua cabang ilmu. Siswa jurusan IPA minimal harus menguasai bahasa Inggris, karena buku Literatur ilmu pengetahuan ditulis dalam bahasa Inggris.
Siswa jurusan IPA cenderung mengembangkan Kemampuan matematis dan berpikir logis yaitu bagian otak kanan, sedangkan kemampuan imajinatif dan bahasa, bagian otak kiri kurang dikembangkan. Ibu berharap tugas kali ini dapat merangsang perkembangan otak kiri dan kanan sehingga kedua belahan otak kita dapat berkembang seimbang.
Tugasnya adalah mendeskripsikan konsep sel (untuk kelas XI) dan konsep pertumbuhan dan perkembangan (Untuk Kelas XII), melalui puisi bersyair atau prosa berirama (boleh juga dengan pantun atau cerpen).
Contohnya:
Kalian bisa saja mempersonifikasikan sel, sebagai suatu benda yang sangat sempurna. Dilengkapi dengan organel-organel sel yang masing-masing memiliki fungsi tertentu.
akan lebih bagus lagi jika syair kalian dapat dibaca dengan menggunakan lagu-lagu yang saat ini sedang populer.
mis: baca dengan lagu "Sempurna"

Sel begitu sempurna
di dalamnya juga sangat indah
ribosom, lisosom, nukleus, mitokondria,
oh.. selku engkau begitu sempurna...
dst...


Untuk Tugas ini ibu menjanjikan reward yang menarik, bagi siapa saja yang berhasil menulis puisi yang indah. Puisi terpilih akan ibu upload melalui blog dan dishare melalui facebook. Waktu pengiriman terakhir adalah hari kamis, 21 Juli 2011, pukul: 24.00 WIB.

SELAMAT BEKERJA

2 comments:

  1. kemarin aku minum klorofil,biar bisa kuat dan hijau seperti HULK,
    memang aku jadi merasa kuat dan semangat tapi nggak jadi hijau seperti HULK..haha

    (khasiat zat zat dari tumbuhan memang hebat untuk pertumbuhan dan perkembanganku...)
    "thanks for plants" :)

    by: ZAHRA JANEF HANINDA / XII.IA.5 / 28

    ReplyDelete
  2. Hahaha... ada-ada saja kau... masak kamu mau jadi HULK yang hijau gitu... mana ada cowok mau naksir??

    ReplyDelete