Monday, June 20, 2011

Pilih IPA.... IPS... atau... Bahasa...

Alhamdullilah satu tahun sudah blog ini hadir bersama siswa-siswi yang setia, mengikutinya. Saya ucapkan selamat atas prestasi kalian karena dapat menyelesaikan/menuntaskan semua KD hingga dapat naik kelas ke jenjang berikutnya. Buat anak-anakku yang saat ini telah lulus dan meninggalkan bangku SMA saya ucapkan selamat semoga segera menyusun langkah untuk dapat melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi yang dicita-citakan.
Untuk semua Siswa kelas XI, selamat kalian juga harus mempersiapkan diri menhadapi ujian nasional.
Sedangkan bagi semua siswa kelas X, selamat kalian telah naik kelas XI yang berarti kalian bukan lagi siswa paling kecil karena kalian akan segera punya adik kelas. Bersyukurlah kalian yang dapat masuk dan melanjutkan ke jurusan sesuai dengan yang kalian inginkan, dan janganlah kecewa bagi yang terpaksa masuk ke jurusan yang berbeda dengan yang diharapkan.
Secara umum memang hampir semua siswa ingin masuk ke jurusan IPA. Namun bukan berarti jurusan lain IPS dan Bahasa tidak diingini. Beberapa siswa yang punya kemampuan akademis tinggi dan memenuhi syarat untuk masuk jurusan IPA justru memilih jurusan IPS dan Bahasa.
Sistem pendidikan saat ini tidak lagi mengkotak-kotak jurusan yang diambil semasa SMA dengan jurusan di perguruan tinggi. Semua orang berhak masuk jurusan apa saja di Perguruan tinggi asal lolos seleksi.
Dengan menguasai bahasa kalian akan menguasai semua cabang ilmu pengetahuan karena bahasa adalah alatnya.
Jurusan IPS bukan jurusan pelarian karena tidak dapat masuk jurusan IPA. Negara kita membutuhkan pemikir yang mampu mengentaskan Indonesia dari kemiskinan, maka jadilah kalian ekonom, negarawan, praktisi hukum, dll yang berbudi luhur.
Jangan pernah kecewa, kesuksesan tidak berarti harus menjadi dokter, insinyur, atau ilmuawan. Kesuksesan adalah milik semua orang yang berkemauan keras, berusaha dan bekerja keras, serta berdoa keras.....

SELAMAT BELAJAR SAYANG...........

No comments:

Post a Comment