Saturday, December 4, 2010

SOAL LCC

SOAL LCC PROPINSI
BABAK PENYISIHAN

MAPEL: BIOLOGI

I.1. SOAL WAJIB
SOAL WAJIB REGU 1
1. Jika diketahui konsentasi cairan pada sel eritrosit(sel darah merah) berkisar 2%. Membran sel erithrosit bersifat permeabel terhadap molekul air dan molekul urea, tetapi impermeable terhadap molekul sukrosa. Proses osmosis yang mengakibatkan mengkerutnya sel erithrosit akan terjadi jika sel erithrosit berada dalam cairan yang mana (pilihlah) sukrosa berkonsentrasi tinggi atau urea berkonsentrasi tinggi.

Jawaban: Sukrosa berkonsentrasi tinggi

SOAL WAJIB REGU 2
1. Jika konsentrasi di dalam sel tanaman Aloe discolor berkisar 0,8 M, untuk mendemonstrasikan proses plasmolisis hendaknya kita merendam sel dalam larutan yang berkonsentrasi…..

Jawaban: Lebih tinggi dari 0,8M

SOAL WAJIB REGU 3
1. Jika sepotong umbi kentang dimasukkan kedalam larutan yang konsentrasinya dua kali lebih besar dari pada konsentrasi cairan sel kentang, maka potongan umbi kentang akan…

Jawaban: Mengkerut

SOAL WAJIB REGU 4
1. Proses ini dilakukan oleh organisme bersel satu, proses memasukkan partikel padat ke dalam sel dengan cara membungkus dengan pseudopodia (kaki semu) dan mengemasnya di dalam vakuola untuk selanjutnya dicerna di dalam sel. proses ini disebut….

Jawaban: Fagositosis

SOAL WAJIB REGU 5
1. Seekor serangga pemakan cairan tanaman suka hinggap pada batang tanaman dan menghisap cairan manis hasil proses fotosintesis. Untuk mendapatkan cairan manis yang diinginkannya, serangga tersebut harus menancapkan mulut penghisapnya mencapai jaringan….

jawaban: Floem

SOAL WAJIB REGU 6
1. Seorang siswa taman kanak-kanak sedang mengamati sebuah akuarium yang banyak mengandung tanaman air. Siswa TK ini terheran-heran ketika melihat pada daun tanaman muncul gelembung-gelembung udara yang naik ke atas dan menghilang. Kemudian dia bertanya kepada kakaknya yang duduk di bangku SMA. Sang kakak seharusnya menjelaskan bahwa gelembung itu adalah…

Jawaban: Oksigen hasil proses fotosintesis.

SOAL WAJIB REGU 7
1. Saat daun terluka, tumbuhan akan segera memproduksi zat …. untuk menggugurkan daun itu.

Jawaban: Asam absisat

SOAL WAJIB REGU 8
1. Jika kita minum cairan dalam jumlah besar, maka ginjal akan segera bekerja mengeluarkan kelebihan air dalam bentuk air seni. Mekanisme ini dilakukan tubuh untuk mengendalikan dan mempertahankan kondisi internal agar tetap konstan, disebut….

Jawaban: Homeostasis

SOAL WAJIB REGU 9
1. Seseorang menderita batu empedu, dan terpaksa harus menjalani operasi pengangkatan kantung empedu, dokter menyarankan pasien agar tidak mengkonsumsi lemak. Sebab cairan empedu berfungsi untuk…

Jawaban: Mengemulsi lemak/membantu proses pencernaan lemak.

SOAL WAJIB REGU 10
1. Bagian dari alat pernafasan berupa kantung-kantung udara tipis, yang luas permukaanya 10 x lipat dibandingkan dengan permukaan kulit kita, dan banyak mengandung pembuluh darah kapiler adalah……..

Jawaban: Alveolus

SOAL WAJIB REGU 11
1. Vitamin B1 penting ada dalam asupan makanan kita setiap hari, tetapi kita tidak perlu mengkonsumsi vitamin A setiap hari, karena vitamin A bersifat….

Jawaban: Larut dalam lemak (sehingga dapat disimpan dalam tubuh)

SOAL WAJIB REGU 12
1. Jika kita mengkonsumsi kue dan coklat, maka kadar gula dalam darah kita akan segera meningkat, peningkatan gula darah akan memicu produksi hormon…. oleh pancreas.
Jawaban: Insulin

SOAL WAJIB REGU 13
1. Hormon yang tidak dapat dibentuk jika asupan makanan kita kekurangan zat iodium, diproduksi oleh kelenjar….

Jawaban: Tiroid

SOAL WAJIB REGU 14
1. Seorang ahli fisiologi gerak di sebuah pusat kebugaran, melakukan penelitian untuk mengetahui bagian-bagian otot atlit yang melakukan fungsi secara anaerob. Indikator yang dapat digunakan untuk mengukur kegiatan di atas adalah adanya timbunan zat …. pada otot.
Jawaban: asam laktat

SOAL WAJIB REGU 15
1. Mitokondria berfungsi memproduksi energy dengan cara mengoksidasi glukosa menjadi energy berupa ATP. Setiap satu molekul Glukosa akan dihasilkan… molekul ATP

Jawaban : 38 ATP (pada hati, ginjal, jantung dan sel tumbuhan, /36 ATP (pada sel Otot rangka dan otak) jawab: 38 atau 36 ATP

SOAL WAJIB REGU 16
1. Suatu komunitas terdiri dari populasi rumput teki dan populasi rumput gajah. Rumput teki menghasilkan zat yang bersifat toksik dan menghalangi tumbuhnya rumput gajah. Interaksi antara rumput teki dan rumput gajah disebut...

Jawaban: Alelopati

SOAL WAJIB REGU 17
1. Bentuk interaksi berikut ini manakah yang merupakan simbiosis mutualisma, (pilihlah: kerbau dengan burung jalak, jamur dengan lumut(Lichenes), bunga dengan kupu-kupu)

Jawaban: Jamur-lumut (Lichenes)

SOAL WAJIB REGU 18
1. Jika sel-sel pada jaringan usus belalang sembah memiliki 24 buah kromosom, maka setiap sel sperma yang diproduksi oleh organ reproduksi belalang sembah, mengandung….buah kromosom.

Jawaban: 12 buah kromosom





SOAL WAJIB CADANGAN
1. Tumbuhan paku adalah tumbuhan yang mengalami siklus metagenesis/pergiliran keturunan, dimana fase sporofit dan fase gametofit terjadi secara bergantian. Tumbuhan paku dewasa berada dalam fase…………
Jawaban: Fase sporofit
2. Pemanfaatan mikroorgnisme untuk mengolah polutan beracun menjadi bahan yang tidak beracun agar tidak mencemari lingkungan disebut…
Jawaban: Bioremediasi
3. Sel leukosit yang bertanggung jawab membentuk antibodi jika ada kuman yang masuk adalah…
Jawaban: sel Limfosit

SOAL LEMPARAN
SOAL LEMPARAN REGU 1
1. Cyanobateria dikenal juga dengan nama ganggang biru, dasar pengklasifikasian ganggang biru ke dalam divisi Monera, karena ganggang biru masih bersifat…….
Jawaban: Prokariotik/ tidak punya selaput inti sel.

SOAL LEMPARAN REGU 2
1. Pasangan Suami- Istri yang bergolongan darah A dan AB tidak mungkin memiliki keturunan yang bergolongan darah….
Jawaban : golongan darah O

SOAL LEMPARAN REGU 3
1. Bahan makanan yang kita konsumsi mengandung protein, lemak dan karbohidrat. Diantara zat makanan diatas yang tidak dicerna di dalam lambung adalah….
Jawaban: Karbohidrat.

SOAL LEMPARAN REGU 4
1. Sepotong RNA duta memiliki 150 buah nukleotida, pada proses translasi akan dihasilkan rantai polipeptida /protein dengan asam amino berjumlah…..
Jawaban: (150 : 3)-1 = 49 buah

SOAL LEMPARAN REGU 5
1. Jika diketahui DNA double helix pada kelinci memiliki komposisi 60% basa nitrogen adalah Adenin dan Timin, maka berapa prosen kandungan basa Sitosinnya?

Jawaban: (100% - 60 %) : 2 = 20%

SOAL LEMPARAN REGU 6
1. Bekicot adalah jenis moluska yang dimanfaatkan sebagai bahan makanan karena berprotein tinggi dan berkhasiat obat. Bekicot termasuk dalam klas gastropoda karena memiliki alat gerak berupa…
Jawaban : perut/ otot perut yang kuat digunakan sebagai alat gerak(kaki)

SOAL LEMPARAN REGU 7
1. Individu yang bergenotif AABbCcDd akan menghasilkan gamet berjumlah
Jawaban: 8 buah

SOAL LEMPARAN REGU 8
1. pada suatu ekosistem terjadi rantai makanan sbb: padi-belalang-burung pipit- burung elang. Penangkapan burung pipit oleh manusia untuk dijual dipasar, mengakibatkan menurunnya populasi….
Jawaban: burung elang.

SOAL LEMPARAN REGU 9
1. Hormon yang mempengaruhi proses penebalan dinding endometrium, untuk mempersiapkan penempelan janin pada dinding rahim adalah….
Jawaban: Esterogen dan progesterone

SOAL LEMPARAN REGU 10
1. proses oksidasi glukosa menjadi ATP melalui 4 tahapan, yaitu: glikolisis, dekarboksilasi oksidatif, siklus krebs dan transfer electron. Tahap glikolisis berlangsung dimana?....
Jawaban: Sitoplasma

SOAL LEMPARAN REGU 11
1. kelenjar besar yang berfungsi ganda, sebagai kelenjar endokrin sekaligus kelenjar eksokrin adalah….
jawaban: kelenjar pancreas

SOAL LEMPARAN REGU 12
1. test cross adalah sebuah test yang digunakan untuk mengidentifikasi genotif individu merupakan homozygote atau heterozygote. Test cross dilakukan dengan cara menyilangkan individu yang akan diidentifikasi dengan individu bergenotif…..
jawaban: homozygote resesif

SOAL LEMPARAN REGU 13
1. jaringan pada tanaman yang memiliki ciri-ciri: sel-selnya berbentuk kotak, tersusun rapat, tidak berklorofil dan terletak pada bagian permukaan tubuh tumbuhan adalah jaringan….
Jawaban jaringan epidermis

SOAL LEMPARAN REGU 14
1. Garis pertumbuhan melingkar pada batang tanaman yang menunjukkan perbedaan kecepatan pertumbuhan pada musim kemarau dan penghujan dalam satu tahun disebut: …
jawaban: Lingkaran tahu

SOAL LEMPARAN REGU 15
1. kecepatan reaksi kimia yang dikatalisis oleh enzim akan terganggu oleh adanya zat kimia yang strukturnya mirip dengan substrat. zat kimia penggangu ini disebut…

jawaban: inhibitor kompetitif

SOAL LEMPARAN REGU 16
1. Kerang hijau tumbuh subur di muara Sungai Ciliwung, Jakarta. Kita tidak dianjurkan mengkonsumsi kerang hijau karena tumpukan polutan pada tubuh kerang membahayakan kesehatan tubuh kita. Penumpukan zat kimia berbahaya pada konsumen tingkat tertinggi pada suatu rantai makanan disebut:………
jawaban: Bioaccumulation/bioakumulasi
biomagnification/ biomagnifikasi

SOAL LEMPARAN REGU 17
1. kelenjar endokrin memproduksi hormon tertentu dan beredar di seluruh tubuh melalui pembuluh darah menuju sel-sel target. Hormon tidak pernah keliru mengenali sel-sel target, karena sel target memiliki reseptor khusus yang terletak pada….
Jawaban : membran sel.

SOAL LEMPARAN REGU 18
1. Axon adalah tonjolan badan sel saraf, yang panjang berfungsi mengirimkan impuls saraf. Axon diselubungi oleh myelin, diantara axon yang terselubungi terdapat celah yang tidak terselubung. Celah axon yang tidak terselubungi oleh myelin disebut….
Jawaban; Nodus ranvier / node of ranvier

SOAL LEMPARAN CADANGAN
1. Hubungan antar tulang-tulang tengkorak sangat kaku dan tidak dapat digerakkan. hubungan antar tulang tengkorak disebut….
Jawaban : Sinarthrosis.

2. Jika tekanan darah seseorang 80-120 mmHg. Maka tekanan sistolnya sebesar…
Jawaban : 120 mmHg

SOAL REBUTAN
1. Kelompok tumbuhan yang terdiri dari: jeruk bali, jeruk keprok, jeruk nipis, merupakan keanekaranganman pada tingkat…
jawaban: jenis/spesies
2. Diantara komponen-komponen darah yang bertugas untuk mengangkut hormon dan sari-sari makanan dan mendistribusikannya ke seluruh sel dan jaringan tubuh adalah….
jawaban: plasma darah.
3. Diketahui konsentrasi kalsium di dalam sel mencapai 3%, sedangkan konsentrasi kalsium diluar sel 1%, sedangkan sel sangat membutuhkan kalsium untuk bergerak, maka sel dapat menyerap kalsium dari luar sel dengan cara….
jawaban: Transpor aktif
4. Perkecambahan biji akan terhambat jika terkena cahaya, karena terjadi inaktifasi pada hormon ….
Jawaban: auksin.
5. Tehnik memanipulasi sel mikroorganisme untuk memproduksi hormon tertentu (mis: insulin), dengan cara menempelkan gen insulin manusia ke dalam plasmid bakteri E. coli, disebut tehnik…..
jawaban: Cloning gen
6. Sel memiliki kemampuan yang besar untuk memperbaiki diri, membelah menjadi banyak dan berdeferensiasi membentuk berbagai macam jaringan, membentuk organ menjadi organism. Kemampuan sel yang banyak dimanipulasi dengan tehnik kultur jaringan ini disebut…..
jawaban: Totipotensi sel

SOAL CADANGAN:
1. Dalam klasifikasi, jeruk bali (Citrus maxima), jeruk nipis (Citrus aurantifolia) dan jeruk keprok (Citrus nobilis), termasuk dalam satu kelompok yaitu pada tingkat…
Jawaban: Genus
2. Tumbuhan lumut mengalami siklus metagenesis, dimana fase sporofit dan fase gametofit terjadi secara bergiliran. Tumbuhan lumut dewasa berada pada fase….
Jawaban: gametofit.
3. aktivitas sel memasukkan materi padat dengan cara menjulurkan pseudopodia dan membungkusnya dalam kantung vakuola disebut…
Jawaban: Fagositisis
4. hormon yang terdeteksi saat seseorang melakukan tes kehamilan adalah….

jawaban : HCGH (Human Corionic Gonadotropic Hormon)

5. Enzim yang mengkatalisasi proses pembekuan darah, dan tidak dapat dibentuk dalam tubuh penderita haemofilia adalah……..
jawaban: trombokinase/tromboplastin.

No comments:

Post a Comment