Tuesday, August 3, 2010

Pembelajaran di balik SEL

Sel: merupakan unit/kesatuan terkecil penyusun tubuh organisme. Mengapa sel? bukankah ada yang lebih kecil dari pada sel? didalam sel ada organel-organel sel. Mengapa bukan organel sel yang merupakan unit/ kesatuan terkecil penyusun tubuh organisme.

Pernahkan anda bayangkan kesibukan di dalam sel, setiap detik, setiap saat. Semua organel sel bekerja keras siang malam tiada henti, untuk memenuhi semua kebutuhan sel, bahkan kebutuhan jaringan, organ, sistem organ, dan organisme. Setiap saat organel-organel sel bekerja untuk memenuhi kebutuhan itu. membran sel mengatur semua zat yang keluar masuk sel, protoplasma menjadi mediator semua reaksi kimia dalam sel, serta bergerak mempertahankan tekanan osmotik sel. Inti sel mengontrol proses sintesa protein, Ribosom mensintesa protein, mitokondria menyiapkan energi untuk semua aktifitas sel. Sedangkan RE, Vakuola, badan golgi dan lisosom menyempurnakan struktur protein yang diproduksi ribosom hingga siap digunakan.

Setiap organel di dalam sel memiliki peran penting yang harus dijalankan sebaik-baiknya. Apabila salah satu tidak berfungsi maka berhentilah semua proses dan sel akan mati. Kematian sel akan segera diikuti oleh kematian jaringan-organ-sistem organ dan organisme....

Sel ibarat rumah-rumah kita.. Didalamnya ada Ayah, ibu, anak-anak, pembantu.
setiap orang yang ada dirumah adalah penting. Cobalah anda bayangkan apa akibatnya jika ayah, ibu tidak melakukan fungsinya dengan benar?. anak-anak menjadi tidak terurus, rumah berantakan karena pembantu tidak mau melakukan tugasnya. Apa jadinya jika pembantu mogok bekerja?. Rumah akan berantakan, ayah dan ibu tidak dapat bekerja dengan tenang, karena anak-anak tidak ada yang menjaga.
Dan bayangkan bagaimana sedihnya orang tua kalian jika anak-anak manis yang mereka cintai tidak melakukan tugasnya dengan baik. Anaknya tidak mau belajar, sering membolos dan melakukan hal-hal yang mengecewakan orang tua. Ayah-Ibu sedih.. tidak semangat bekerja dan rumah menjadi tidak tentram...

Sebagai anggota keluarga kalian harus berusaha melakukan tugas yang sebaik-baiknya. Belajar, membantu orang tua dan menghormati ayah dan ibu. Hargailah pembantu yang ada di rumah, karena beliaupun merupakan komponen penting dalam rumah tangga. Ringankan tugasnya karena siapapun yang meringankan tugas orang lain akan diberi kemudahan dimanapun oleh ALLAH.

Dari rumah tangga yang bahagia, akan terciptalah lingkungan tentram, karena dengan ketentraman kita bisa berkarya membangun negeri tercinta. Salam sayang dari MAMA.

2 comments:

  1. bagus banget bu !!!!
    sama kayak yang di ajarin ke XI ia 1 bu...
    faboulus...
    asa aisa s. XI IA 1

    ReplyDelete
  2. Arif faishal XI IA 6August 13, 2010 at 2:25 AM

    dngan artikel pembelajaran di balik sel ini ,,
    ..saya akan lebih tahu banyak tentang apa itu sel??,,
    terima kasih bu..

    ReplyDelete