EDUCATIONS SUSTAINABLE DEVELOPMENT (ESD)

DISAMPAIKAN OLEH Prof.Dr. Sri Mulyani, E.S, M.Si dalam In House Training di SMA 11 Semarang tgl: 30 Mei 2011

EDUCATIONS SUSTAINABLE DEVELOPMENT (ESD)
adalah
Pendidikan yang mempunyai wawasan dan konsep yang lebih luas daripada sekedar pendidikan tentang lingkungan atau Hubungan sebab dan akibat, dan cara pengatasannya.
EDS adalah Pendidikan untuk mendukung pengembangan berkelanjutan. Pendidikan yang memberi kesadaran dan kemampuan kepada semua orang (utamanya generasi mendatang) untuk berkontribusi lebih baik bagi pengembangan berkelanjutan pada masa sekarang dan yang akan datang.
Fungsi EDS
1. Melalui ESD terbangun kapasitas komunitas/bangsa yang mampu membangun, mengembangkan dan mengimplementasikan rencana kegiatan yang mengarah kepada sustainable development, yaitu kegiatan yang mendukung pertumbuhan ekonomi secara berkelanjutan, berbasis keadilan sosial dengan mempertimbangkan keseimbangan beberapa eco-system, antara lain:
- Pengembangan kualitas SDM dan teknologi ramah lingkungan,
- Pemeliharaan lingkungan dan diversitas
- Keselarasan dan kelestarian budaya
- Keseimbangan produksi dan konsumsi, dll.
2. Melalui ESD mendidik manusia sadar tentang individual responsibility yang harus dikontribusikan, menghormati hak-hak orang lain, alam dan diversitas, dan dapat menentukan pilihan/keputusan yang bertanggung-jawab, serta mampu mengartikulasikan semua itu dalam tindakan nyata  Think globally, but act locally
3. Melalui ESD, kita secara bersama mempunyai komitmen untuk berkontribusi dalam mewujudkan kehidupan yang lebih baik, dunia yang lebih aman-nyaman bagi kita semua, baik sekarang maupun dimasa mendatang bagi anak cucu kita  Ini merupakan sebuah pemahaman tentang kompleksitas dan diversitas secara komprehensif; serta pemahaman tentang bagaimana cara mengubah segala perkembangan / pengembangan kearah sustainibilitas, dan dilaksanakan melalui perencanaan dan pelaksanaan yang bijaksana, serta disosialisasikan secara efektif dan meluas.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membangun EDS
1. Mengandung 3 pilar:
*Ekonomi
*Ekologi/lingkungan
*Sosial
2. Tujuannya bukanlah mengajarkan pengembangan berkesinambungan, melainkan menyiapkan generasi mendatang untuk berkontribusi lebih baik bagi terlaksananya pembangunan secara berkelanjutan
3. Tujuannya bukanlah untuk mengganti semua pendidikan yang ada, melainkan meningkatkan mutu program dan metoda pembelajaran, sehingga mencapai tujuan no.2
4. Semua konsep, teori, pengetahuan, dll. harus dapat diajarkan kepada anak-anak/siswa pada semua tingkat, meskipun dalam bentuk-bentuk yang telah disesuaikan.
Untuk itu sebagai guru kita dituntut untuk ikut mengembangkan pola pengajaran EDS yang tertuang dalam RPP. untuk mempelajari lebih lanjut silahkan download file: EDS dan RPP EDS

Popular posts from this blog

SOAL LCC

PERAMBATAN IMPULSE SARAF

Berapa Produksi ATP Dalam Setiap 1 Molekul Glukosa?